4 Februari 2018

Bagaimana Syarat Tumbuh Tanaman Durian Agara Berbuah Banyak ?

Bagaimana Syarat Tumbuh Tanaman Durian Agara Berbuah Banyak, Cara Budidaya - Durian ialah raja dari semua buah (King of Fruit). hampir semua orang memahami buah ini dan juga sempat mencicipinya. Pada umumnya orang menyukainya, kendatipun relatif mahal. Harga durian bermutu dapat mendekati Rp. 30. 000, - / kilogram, tapi bila telah memulai makan buah ini susah buat menghentikannya sebelum betul-betul puas.

Durian diketahui juga menjadi buah yang kontroversial. walaupun banyak yang senang, akan tetapi beberapa yang lain mual dan juga pusing dengan aromanya. karna baunya yang keras, beberapa perusahaan sampai-sampai melarang orang membawa durian. semisal di kabin pesawat udara, di alat transportasi umum atau dibawa ke kamar hotel.

Durian adalah tanaman buah berwujud pohon. Tumbuhnya lebih melimpah di daerah-daerah tropis. sebutan durian diduga berawal dari kata Melayu ialah dari kata duri yang dikasih akhiran-an alhasil jadi durian. kata ini terpenting dipergunakan buat mengatakan buah yang kulitnya berduri tajam.

Syarat Tumbuh Tanaman Durian 

Syarat Tumbuh Tanaman Durian

Tanaman durian termasuk famili Bombaceae sebangsa pohon kapuk-kapukan. Yang biasa dikenal durian ialah tumbuhan dari marga (genus) Durio, Nesia, Lahia, Boschia dan juga Coelostegia. terdapat puluhan durian yang diakui keunggulannya dan juga disebarluaskan pada masyarakat buat dibesarkan. jenis itu ialah: durian sukun (Jawa tengah), petruk (Jawa tengah), sitokong (Betawi), simas (bogor), sunan (Jepara), otong (Thailand), kani (Thailand), sidodol (Kalimantan Selatan), sijapang (Betawi) dan juga sihijau (Kalimantan Selatan).
khasiat durian tidak cuma menjadi makanan buah segar, ada manfaat lainnya, ialah:

1) Tanamannya menjadi pencegah erosi di lahan-lahan yang miring.
2) Batangnya buat bahan gedung atau perlengkapan rumah tangga. kayu durian sebanding dengan kayu sengon karna kayunya cenderung lurus.
3) Bijinya yang mempunyai isi pati cukup tinggi, berpotensi  menjadi pengganti pengganti makanan (bisa terbuat bubur yang dicampur daging buahnya).
4) Kulit digunakan menjadi bahan abu gosok yang baik, dengan. cara dijemur hingga kering dan juga dibakar hingga hancur.

Buat bisa tumbuh dengan bagus dan juga membuahkan panen maksimum, durian membutuhkan beberapa syarat tumbuh. Syarat tumbuh Tanaman Durian itu antara lain iklim, media tanam dan juga ketinggian lokasi.

Iklim Untuk Tanaman Durian

1) curah hujan yang cocok buat tanaman durian maksimal adalah 3000-3500  mm / tahun juga minimum 1500-3000 milimeter / tahun. curah hujan terjadi menyeluruh di sepanjang tahun dengan musim kemarau terjadi 1-2 bulan sebelum berbuah lebih bagus dari hujan terus menerus.
2) Intensitas cahaya matahari yang diperlukan durian ialah 60-80 %. selama masih kecil (baru ditanam di ladang), tanaman durian tak kuat terik cahaya matahari di masa kemarau, alhasil bibit mesti dilindungi atau dinaungi.
3) Tanaman durian sesuai tumbuh pada temperatur udara pada umumnya 20-30 0 C, temperatur udara 15 0 C durian bisa tumbuh tapi pertumbuhan tak ideal. bila temperatur udara mendekati 35 0 C daun durian tentu terbakar.

Media Tanam Yang Bagus Untuk Tanaman Durian

1. Tanaman durian menginginkan tanah yang subur (tanah yang banyak materi organik). partikel penyusunan tanah seimbang antara pasir liat dan juga debu sehingga gampang membentuk remah.
2. Tanah yang sesuai buat durian ialah tipe tanah grumosol dan juga andosol. Tanah yang mempunyai ciri-ciri corak hitam keabu-abuan kelam, bentuk tanah lapisan atas berpasir sedangkan, sebaliknya bagian bawah bergumpal dan juga memiliki kemampuan yang tinggi buat mengikat air.
3. Bagian keasaman tanah yang dikehendaki tanaman durian ialah (pH) 5-7, dengan pH optimum 6-6, 5.
4. Tanaman durian termasuk tanaman tahunan dengan perakaran dalam sehingga menginginkan kandungan air tanah dengan kedalam cukup ialah 50-150 centimeter dan juga 150-200 centimeter. bila daya air tanah terlalu dangkal atau terlalu dalaman, rasa buah tak manis ataupun tanaman tentu kekeringan dan juga ataupun akarnya busuk akibat senantiasa tergenang.

Ketinggian Tempat Untuk Tanaman Durian

Ketinggian lokasi buat bertanam durian tak dapat lebih dari 800 meter dpl. tapi terdapat
 tanaman durian yang cocok ditanam di berbagai macam ketinggian tempat. Tanah yang berbukit atau yang memiliki kemiringan kurang dari 15 kurang efisien dari lahan yang datar rata.

Demikian tadi adalah informasi tentang Syarat Tumbuh Tanaman Durian Agara Berbuah Banyak. Tentunya Informasi ini akan sangat berguna bagi anda petani yang akan berusaha membudidayakan Tanaman Durian ataupun para akademisi yang sedang meneliti tantang tanaman durian. Semoga Bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bagaimana Syarat Tumbuh Tanaman Durian Agara Berbuah Banyak ?