19 Maret 2016

Tips dan Trik Cara Membuat Bibit Jamur Tiram Dari Jagung

Cara Membuat Bibit Jamur Tiram Dari Jagung - Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang bisa dan enak untuk dikonsumsi. Bagi Anda yang merupakan vegetarian, jamur tiram merupakan salah satu bahan dasar dari berbagai masakan yang bisa dikreasikan sebagai pengganti daging. Rasanya sendiri hampir menyerupai daging ayam, tak heran jika penggemar jamur tiram semakin menjamur. Bagi Anda yang melihat peluang usaha dari jamur tiram ini bisa mengembang biakkan jamur tiram dengan membudidayakannya. Anda bisa membudidayakannya dengan cara membuat bibit jamur tiram dari jagung. 

cara membuat bibit jamur tiram sendiri,cara membuat bibit jamur tiram f0,cara membuat bibit jamur tiram f1,cara membuat bibit jamur tiram sederhana,cara membuat bibit jamur tiram f2 media jagung,
Baca juga: Cara Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Supaya Cepat Besar dan Sehat
Budidaya jamur tiram merupakan salah satu jenis wirausaha bagi Anda yang ingin memiliki usaha sampingan. Terlebih bagi Anda yang tidak memiliki banyak lahan untuk membudidayakannya, karena perawatan dari jamur tiram sangat mudah namun memiliki keuntungan yang lumayan. Cara membuat bibit jamur tiram dari jagung bisa Anda lakukan dengan beberapa tahapan.

Tahapan Membuat Bibit Jamur Tiram Dari Jagung

1. Mempersiapkan jagung
Untuk cara membuat bibit jamur tiram dari jagung Anda bisa mempersiapkan jagung dengan kualitas yang baik, antaranya adalah jagung haruslah yang bebas dari hama, bebas dari bintik hijau atau hitam, sebaiknya pergunakan jagung tawar bukan jagung jenis manis. Setelah itu, Anda bisa merendam jagung selama lebih kurang 2 jam. Jika ada jagung yang mengapung, sebaiknya Anda buang.
2. Mensterilkan botol
Cara membuat bibit jamur tiram dari jagung selanjutnya adalah dengan mencuci botol dan mensterilkannya. Pertama sekali adalah mencuci botol sampai bersih, kemudian Anda bisa melakukan tindakan sterilisasi dengan cara merebus botol dengan menggunakan air yang mendidih.
3. Memasak jagung
Cara membuat bibit jamur tiram dari jagung selanjutnya adalah dengan merebus jagung. Setelah proses perendaman jagung selesai, maka Anda bisa merebus jagung selama lebih kurang 30 menit. Lalu setelah 30 menit, jagung siap diangkat dan di tiriskan.
4. Pembuatan bibit
cara membuat bibit jamur tiram sendiri,cara membuat bibit jamur tiram f0,cara membuat bibit jamur tiram f1,cara membuat bibit jamur tiram sederhana,cara membuat bibit jamur tiram f2 media jagung,


Cara membuat bibit jamur tiram dari jagung selanjutnya adalah membibitkan jagung dengan mencampurkan jagung dengan kapur mili untuk menjaga tingkat keasaman jagung. Selanjutnya aduk hingga rata, dan masukkan jagung ke dalam botol dengan takaran ¾ tinggi botol. Lalu botol bisa Anda sumpal dengan kapas yang ditutup dengan kertas dan dilapisi dengan alumunium foil.
5. Sterilisasi bibit jagung
Selanjutnya cara membuat bibit jamur tiram dari jagung adalah melakukan sterilisasi bibit jagung yang telah masuk ke dalam botol. Botol yang telah berisi jagung disterilkan dengan autoklaf selama lebih kurang 30 menit. Jika Anda tidak memiliki alatnya, Anda bisa mengukusnya dengan panci presto selama lebih kurang 1-2 jam.
6. Tahap inokulasi
Tahap selanjutnya dalam cara membuat bibit jamur tiram dari jagung adalah tahap inokulasi. Bibit yang telah didinginkan dimasukkan miselium dalam jumlah kecil ke dalam botol. Selanjutnya Anda perhatikan perkembangannya selama 10-20 hari, jika ada bintik hitam berarti bibit jamur terkontaminasi.

Demikianlah cara membuat bibit jamur tiram dari jagung yang bisa Anda praktikkan. Selamat mencoba.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory