23 Maret 2016

Cara Budidaya Jamur Merang Media Jerami Yang Mudah

Cara budidaya jamur merang media jerami yang mudah - Jika Anda penggemar olahan jamur mungkin tidak akan asing lagi dengan jamur merang. Jamur merang ini ternyata dapat Anda budidayakan sendiri di rumah dengan menggunakan media jerami. Biasanya jerami digunakan untuk pakan ternak tetapi jika diolah dengan benar tentunya dapat digunakan untuk media tanam jamur merang. 


cara budidaya jamur merang untuk pemula,cara budidaya jamur merang media jerami,bibit jamur merang,cara budidaya jamur merang media kapas,cara budidaya jamur merang dengan media kardus,
Baca juga: Langkah Praktis Cara Budidaya Kelengkeng
Cara budidaya jamur merang media jerami dapat dikatakan cukup sederhana. Poin utama dalam proses budidaya jamur merang menggunakan media jerami adalah menggunakan suhu serta kelembaban yang sesuai untuk pertumbuhan jamur. Dimana suhu ideal yang dapat menumbuhkan jamur merang dengan menggunakan media adalah suhu 280 Celcius. Kelembaban juga disarankan cukup tinggi agar dapat membuat jamur merang tumbuh subur.

Cara budidaya jamur merang media jerami dapat dilakukan dengan cara pemotongan jerami yang akan digunakan. Sebaiknya Anda memilih jerami yang cukup kering dan tidak basah agar mendapatkan jamur merang yang baik. Sebelum digunakan sebaiknya disimpan di dalam ruangan yang aman sehingga dapat mengering dengan proses alami. Tahap selanjutnya adalah memotong jerami pada batas tangkainya saja. Hal ini dikarenakan tangkai jerami dapat menumbuhkan jamur merang dengan baik. 

cara budidaya jamur merang untuk pemula,cara budidaya jamur merang media jerami,bibit jamur merang,cara budidaya jamur merang media kapas,cara budidaya jamur merang dengan media kardus,


Cara budidaya jamur merang media jerami tahap selanjutnya adalah mengikat potongan jerami menjadi satu dengan ketebalan 10 cm. Baru dilakukan perendaman dengan air bersih selama 1 jam. Pastikan jerami terendam sempurna. Baru tiriskan agar jerami tidak terlalu basah. Proses penirisan ini dapat Anda lakukan selama 1 jam dan diusahakan jangan terlalu kering agar tidak menyulitkan jamur merang untuk tumbuh.

Jika Anda sudah meniriskan potongan jerami tersebut, maka Anda dapat memasukkan potongan jerami ke wadah kotak dengan teratur yang memiliki posisi menyilang satu sama lain. Cara budidaya jamur merang media jerami pada tahap ini harus Anda pastikan media tanamnya tidak terlalu basah tetapi agak lembab. Baru dilakukan penanaman bibit jamur merang.

Cara budidaya jamur merang media jerami pada tahap ini sudah dapat dilakukan proses penutupan dengan menggunakan plastik. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kelembaban media tanam. Proses penanaman jamur merang ini biasanya membutuhkan waktu 10 hari hingga panen. Anda dapat menggunakan pupuk agar mendapatkan hasil yang maksimal dan tentunya akan membantu jamur merang dapat tumbuh subur. 

cara budidaya jamur merang untuk pemula,cara budidaya jamur merang media jerami,bibit jamur merang,cara budidaya jamur merang media kapas,cara budidaya jamur merang dengan media kardus,


Cara budidaya jamur merang media jerami tahap akhir adalah proses pemanenan jamur tiram. Proses panen merupakan tahap yang paling dinanti. Dengan semakin banyak media tanam yang Anda gunakan tentunya akan membuat Anda akan memanen dengan semakin banyak pula. Dengan panen melimpah tentunya akan memberikan Anda keuntungan yang cukup besar. Terlebih lagi jika dapat membuat jamur merang tumbuh subur.

Cara budidaya jamur merang media jerami memang dapat dilakukan dengan sederhana dan tentunya tidak memerlukan biaya yang cukup besar dibandingkan dengan menggunakan media tanam yang lainnya. Proses pemanenan juga terbilang cukup cepat apalagi jika menggunakan suhu ruangan yang tepat serta menjaga kelembaban media tanam jerami. Karena jika tidak teliti justru akan membuat jamur menjadi cepat busuk.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory