27 Maret 2016

Cara Membuat Bibit Jamur Tiram F0 dengan Flat Agar

Cara Membuat Bibit Jamur Tiram F0 dengan Flat Agar - Jamur tiram merupakan bahan makanan yang banyak dicari di kalangan masyarakat. Jamur tiram tersebut dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan, baik untuk lauk maupun untuk kudapan. Dengan banyaknya permintaan jamur tiram di pasaran, maka kini banyak pengusaha yang membudidayakan jamur tiram ini. Dalam proses pembudidayaannya, para pengusaha jamur tiram akan memerlukan bibit. Mereka dapat membuat bibit murni sendiri, atau biasa disebut dengan bibit jamur tiram F0. Cara membuat bibit jamur tiram F0 pun cukup mudah dilakukan.

cara membuat bibit jamur tiram sederhana,cara membuat bibit jamur tiram f1,cara membuat bibit jamur tiram dari jagung,cara membuat biang jamur tiram,cara membuat bibit murni jamur tiram,
Baca juga: Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang dan Merawatnya
Perlu Anda ketahui bahwa bibit jamur tiram F0 ini dapat tumbuh pada media Potatoes Dextrose Agar (PDA). Cara membuat bibit jamur tiram F0 ini dapat Anda lakukan setelah Anda menyiapkan beberapa alat dan bahan yang diperlukan. Alat-alat yang diperlukan untuk membuat benih jamur tiram jenis ini adalah botol pipih, kertas koran, autoclave, kapas, spatula, corong, panci dengan gagang panjang, karet, corong, gelas ukur, kertas saring, kompor gas, pisau, dan timbangan emas.

Selanjutnya, bahan yang akan Anda perlukan dalam cara membuat bibit jamur tiram F0, antara lain: 20 gram agar-agar bubuk, 200 gram kentang, 1000 ml aquades, dan 20 gram dektrona/dextrosa. Setelah menyiapkan alat dan bahan tersebut, Anda dapat mulai menjalankan langkah-langkah untuk membuat bibit jamur tiram F0.
Artikel terkait: cara budidaya jamur kotoran sapi

Langkah Langkah Tersebut Beriku ini

1. Pertama-tama dalam cara membuat bibit jamur tiram F0, Anda harus mencuci tentang hingga bersih. Kentang tidak boleh dikupas kulitnya. Kemudian, iris kentang tersebut dengan menggunakan pisau dengan tipis-tipis.
2. Cara membuat bibit jamur tiram F0 selanjutnya, ambil panci yang memiliki gagang kemudian Anda harus menuangkan aquades yang telah Anda siapkan sebelumnya ke dalam panci tersebut. Nyalakan kompor dan letakkan panci tersebut diatasnya.
3. Tunggu beberapa saat hingga air mendidih. Setelah mendidih masukkan kentang yang telah Anda iris dan aduk dengan spatula.
4. Aduk-aduk terus hingga sari kentangnya keluar. Jika sari kentang telah keluar, air rebusan tersebut akan semakin keruh. Cara membuat bibit jamur tiram F0 ini mungkin akan memerlukan waktu hingga beberapa menit lamanya.

cara membuat bibit jamur tiram sederhana,cara membuat bibit jamur tiram f1,cara membuat bibit jamur tiram dari jagung,cara membuat biang jamur tiram,cara membuat bibit murni jamur tiram,

5. Langkah berikutnya, Anda harus menyaring air rebusan dengan menggunakan corong yang dilapisi kertas saring. Anda harus memastikan bahwa air saringan tersebut volumenya 1000 ml. Jika sudah berkurang, Anda harus menambahnya dengan aquades sampai volumenya 1000 ml.
6. Selanjutnya, masukkan agar-agar dan dextrose yang telah Anda siapkan dan aduk. Setelah itu masukkan ke dalam botol pipih. Jangan lupa untuk menutup lubang botol dengan menggunakan kapas dan tutupi menggunakan kertas dan ikat dengan karet. Maka jadilah agar plat untuk mendukung cara membuat bibit jamur tiram F0.
7. Langkah terakhir, Anda harus menginokulasi pada agar plat tersebut.

Demikianlah cara membuat bibit jamur tiram F0 yang dapat Anda coba praktekkan di rumah Anda. Cara tersebut tidak terlalu rumit tapi memerlukan ketelitian Anda.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory