16 Februari 2016

Cara Budidaya Entok Pedaging yang Baik

Cara budidaya entok pedaging - Entok merupakan salah satu jenis itik yang biasa dijadikan sebagai bahan dasar dari berbagai jenis masakan yang menggugah selera. Tak heran jika budidaya entok sangat menjanjikan karena banyaknya permintaan pasar. cara budidaya entok pedaging bisa dilakukan dengan mudah loh. Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas di belakang rumah Anda, maka Anda bisa memelihara dan membudidayakan entok. Nah, kali ini kami akan memberikan Anda beberapa tips seputar cara budidaya entok pedaging yang bisa Anda praktikkan. Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi Anda yang memiliki minat memelihara entok.

cara beternak entok,agromania budidaya entok,budidaya entok petelur,cara budidaya entok pedaging,cara budidaya entok secara intensif,cara budidaya entok yang baik,

Baca juga: Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot

Ada beberapa keuntungan budidaya entok yang bisa Anda dapatkan, antara lain adalah Anda akan memiliki keuntungan dalam hal modal, perawatan yang mudah dan sejumlah keuntungan lainnya. Nah, Anda penasaran bukan dengan cara budidaya entok pedaging ini. 

Berikut Tips Yang Bisa Anda Lakukan

1. Persiapan kandang

Yang pertama sekali Anda lakukan adalah mempersiapkan kandang entok. cara budidaya entok pedaging dengan mempersiapkan kandang tidak memerlukan modal yang cukup banyak. Anda bisa menggunakan bambu untuk kandang entok, dengan tempat makan entok berada di dalam kandang. Atau Anda bisa memadukan antara bambu dengan jaring dalam kandang entok tersebut. Sesuaikan kandang dengan tinggi entok, agar entok tidak terbang keluar kandang.

2. Pakan dan perawatan

cara budidaya entok pedaging berikutnya adalah soal pakan dan perawatan entok. Untuk anak entok yang berada didalam kandang battery Anda bisa menggabungkan induknya selama 1 atau 2 hari. Meri tersebut akan beradaptasi dan mengikuti cara induknya dalam memakan pakan. Pakan untuk entok ini cukup mudah loh, Anda bisa menyiapkan dedak, atau bekatul dan lainnya. Oleh karena itulah kemudahan budidaya entok ini karena entok tidak memilih makanan.

3. Vaksinasi

cara budidaya entok pedaging selanjutnya adalah tahap vaksinasi. Walau entok memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat, tidak ada salahnya untuk memperhatikan kesehatan entok dengan memberikannya vaksinasi agar tercegah dari berbagai jenis penyakit, khususnya adalah penyakit pilek.

cara beternak entok,agromania budidaya entok,budidaya entok petelur,cara budidaya entok pedaging,cara budidaya entok secara intensif,cara budidaya entok yang baik,

4. Cara memberi pakan

Ada beberapa teknik pemberian pakan dalam cara budidaya entok pedaging yaitu: untuk usia 1-2 minggu, pakan yang diberi adalah konsentrat starter, lalu untuk minggu ke 3 campurkan konsentrat starter dengan pakan induk. Ketika induk bertelur pada usia 1 bulan, maka pisahkan dari anaknya. Masa pengeraman untuk induk entok adalah sekitar 35 hari atau sekitar 2 sampai 3 minggu. Agar nafsu makan entok selalu stabil, usahakan untuk tidak mencampur pakan dengan air. 

Demikianlah cara budidaya entok pedaging yang bisa Anda praktikkan sebagai salah satu usaha Anda. Mudah bukan, perawatan dan budidaya entok ini, namun Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan? Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Budidaya Entok Pedaging yang Baik