21 Maret 2016

Tips dan Cara Menanam Biji Alpukat Pada Pot

Tips dan Cara Menanam Biji Alpukat Pada Pot - Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki rasa yang cukup enak, dan kerap dijadikan menjadi berbagai hidangan. Jika Anda adalah orang yang senang dengan alpukat dan memiliki cukup lahan untuk menanam alpukat, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk membudidayakan alpukat. Cara budidaya alpukat bisa dengan menggunakan biji loh. Cara menanam biji alpukat ini sangat mudah, yang penting Anda tahu trik dan caranya agar menanam buah alpukat menjadi berhasil. Kali ini kami akan memberikan Anda trik dan tips seputar cara menanam biji alpukat yang bisa Anda praktikkan sendiri.

cara menanam biji alpukat yang benar,cara menanam alpukat agar cepat berbuah,cara menanam avocado,cara membuat bibit alpukat,cara membuat bibit buah alpukat,
Baca juga: Cara Menanam Buah Naga Merah di Lahan Terbuka
Buah alpukat merupakan salah satu jenis tumbuhan dengan akar tunggang, dimana pohon alpukat akan tumbuh tinggi. Untuk mendapatkan buah dari tanaman alpukat Anda tampaknya harus bersabar karena baru bisa dinikmati setelah 7 sampai 15 tahun kemudian. Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menanam buah alpukat dari biji karena sangat mudah. 

Berikut Cara Menanam Biji Alpukat yang Bisa Anda Coba

1. Persiapan pembibitan
  • a. Pertama sekali dalam cara menanam biji alpukat adalah mempersiapkan bibit alpukat. Jika Anda memiliki buah alpukat, Anda bisa menggunakan bijinya sebagai bibit. Setelah Anda membelah buah alpukat tanpa menggores bijinya, lalu bersihkan biji tersebut dengan menggunakan air yang bersih. Lalu keringkan biji dengan tisu.
  • b. Cara menanam biji alpukat selanjutnya adalah dengan menggunakan tusuk gigi Anda bisa menusuk biji alpukat pada 4 sisi atau 3 sisi dari buah alpukat. Fungsi dari tusuk gigi ini adalah untuk menahan buah alpukat agar tidak seutuhnya terendam pada saat proses perendaman di air.
  • c. Kemudian cara menanam biji alpukat selanjutnya adalah merendam biji alpukat pada sebuah gelas bening berisi air. Bagian yang direndam adalah bagian bawah dimana tunas akan tumbuh. Bagian bawah adalah bagian yang memiliki ukuran lebih lebar dibanding bagian atas. Lalu, letakkan gelas tersebut di tempat hangat namun tidak terkenal sinar matahari langsung.
  • d. Lalu dalam waktu 6 minggu kemudian Anda bisa melihat bahwa biji alpukat akan terbelah dan mengeluarkan tunasnya. 
  • e. Setelah tunas tumbuh sekitar 15 cm, maka Anda bisa memotong tunasnya hingga setengah. Hal tersebut untuk merangsang dari pertumbuhan batang serta daun lainnya. Dalam waktu 2-3 minggu Anda akan melihat pertumbuhan daun baru yang lebih banyak serta akar yang lebih banyak.
2. Proses pemindahan
cara menanam biji alpukat yang benar,cara menanam alpukat agar cepat berbuah,cara menanam avocado,cara membuat bibit alpukat,cara membuat bibit buah alpukat,


Cara menanam biji alpukat selanjutnya adalah memindahkan ke pot. Setelah akar tumbuh dan tunas mengeluarkan banyak daun, maka saatnya untuk memindahkan bibit alpukat ke dalam pot. Sebaiknya gunakan pot dengan diameter 30 cm dan masukkan media tanam ke dalam pot sekitar 3 cm, sebelum Anda memasukkan tanaman alpukat. Lalu tambahkan lagi media tanam sampai menutupi biji alpukat dan batang alpukat tegak lurus. Siramlah dengan air dan taruh di tempat yang memiliki sinar matahari yang cukup.

Demikianlah cara menanam biji alpukat yang bisa Anda praktikkan. Sampai ia tumbuh dewasa, Anda bisa menjadikan pohon alpukat sebagai hiasan rumah Anda.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory