11 Maret 2016

Cara Budidaya Seledri dengan Memanfaatkan Polybag

Cara Budidaya Seledri dengan Memanfaatkan Polybag - Seledri selama ini kita kenal sebagai salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak khasiat. Seledri tersebut memiliki manfaatkan untuk menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi. Selain baik untuk kesehatan, seledri juga mampu menyegarkan masakan. Biasanya sayuran ini banyak digunakan sebagai taburan pada masakan berkuah, seperti sop, soto, bakso, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya manfaat seledri tersebut, Anda mungkin perlu mengetahui tentang tata cara budidaya seledri yang paling tepat untuk Anda lakukan.

budidaya seledri dalam polybag,budidaya seledri dataran rendah,cara budidaya seledri hidroponik,cara budidaya seledri di polybag,cara budidaya seledri yang baik,cara budidaya seledri jepang,
Baca juga: Cara Budidaya Semut Kroto Sukses dengan Paralon

Cara budidaya seledri ini dapat Anda bedakan menjadi dua macam, yaitu budidaya secara generatif dan budidaya secara vegetatif. Budidaya tanaman seledri secara generatif disini maksudnya adalah cara budidaya dengan cara menanam seledri dengan menggunakan bibit berupa biji seledri. Hal ini berbeda dengan budidaya seledri secara vegetatif. Jika Anda menanam seledri dengan cara vegetatif, Anda menggunakan bibit berupa tanaman seledri anakan.

Jika Anda ingin seledri lebih terawat, Anda dapat menanamnya dengan media polybag. Menanam dengan polybag akan memudahkan Anda untuk menjaga seledri dari tanaman pengganggu. Selain itu, Anda juga dapat mengontrol ketersediaan air untuk mencukupi kebutuhan seledri tersebut. Cara budidaya seledri dengan media polybag juga dinilai lebih efektif jika dibandingkan menggunakan media lahan yang luas. Untuk melakukan budidaya seledri dalam polybag, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini

budidaya seledri dalam polybag,budidaya seledri dataran rendah,cara budidaya seledri hidroponik,cara budidaya seledri di polybag,cara budidaya seledri yang baik,cara budidaya seledri jepang,

Langkah Langkah Menanam Dengan Tepat

1. Langkah pertama cara budidaya seledri yang harus Anda lakukan adalah merendam biji seledri selama kurang lebih satu jam di dalam air hangat dengan tingkat panas kurang lebih 50 hingga 60o C.

2. Selanjutnya, sambil menunggu perendaman biji tersebut, Anda dapat menyiapkan media tanam berupa polybag yang diisi dengan campuran antara kompos dan tanah. Perbandingan antara kompos dan tanah tersebut adalah 1:2. Media tanam ini akan berfungsi sebagai tempat untuk menyemai biji seledri tersebut. Langkah yang dilakukan dalam cara budidaya seledri ini penting karena akan mempengaruhi kesuburan tanaman.

3. Setelah itu, Anda harus membuat naungan untuk polybag yang digunakan tempat penyemaian. Naungan ini dapat Anda buat dengan menggunakan plastik bening. Dengan demikian, seledri akan terhindar dari curahan air hujan dan tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup. Langkah dalam cara budidaya seledri ini sangat penting untuk Anda lakukan.

4. Setelah biji seledri siap disemai, maka Anda dapat melanjutkan cara budidaya seledri selanjutnya. Anda dapat menebarkan biji seledri tersebut ke dalam alur garitan pada media tanam di polybag yang telah Anda siapkan. Alur-alur garitan tersebut biasanya berjarak 10 hingga 20 cm. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kedalaman garitan, yaitu 0,5 cm. Jika biji telah ditaburkan, maka tutup garitan tersebut dengan tanah.

Demikianlah beberapa langkah cara budidaya seledri yang dapat Anda coba untuk dipraktekkan di rumah. Langkah ini cukup efektif untuk membudidayakan seledri secara kecil-kecilan maupun untuk kebutuhan bisnis.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory