23 Maret 2016

Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Beton Untuk Bisnis Jangka Panjang

Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Beton Untuk Bisnis Jangka Panjang - Salah satu cara budidaya ikan lele untuk jangka panjang adalah dengan menggunakan kolam beton. Cara budidaya ikan lele di kolam beton termasuk bisnis jangka panjang yang menguntungkan jika ditekuni dengan benar. Sebenarnya untuk membudidayakan ikan lele bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya yaitu dengan menggunakan kolam tanah, kolam terpal, dan kolam beton atau kolam semen. Ketiga cara ini tentu saja mempunyai kelebihan dan kelemahannya sendiri-sendiri. Untuk Anda yang ingin berbisnis lele dalam jangka waktu yang panjang, disarankan untuk menggunakan kolam beton atau semen.


cara budidaya ikan lele di kolam tembok,cara membuat kolam lele permanen,cara pembuatan kolam ikan lele dari beton,cara beternak ikan lele di kolam beton,
Baca juga: Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal Untuk Samping Rumah

Cara budidaya ikan lele di kolam beton ini lebih awet dan lebih tahan lama. Memang dalam membuat kolam beton untuk membudidayakan lele membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, semua biaya pembuatan kolam ini akan terbayar jika Anda berhasil membudidayakan ikan lele. Cara pembuatan kolam ikan lele dari beton tidak boleh asal karena diperlukan perhitungan yang akurat agar lele bisa berkembang dengan baik. Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika akan membuat kolam beton untuk budidaya ikan lele adalah kemiringan kolam.

Salah satu poin penting dalam cara budidaya ikan lele di kolam beton adalah kelandaian kolam. Minimal kolam untuk ikan lele dibuat landai sekitar 5 derajat ke arah pembuangan. Tujuan dibuatnya kolam landai ini adalah untuk mempermudahkan Anda untuk membersihkannya setelah pasca panen ikan lele. Kolam ikan lele yang sudah dipanen harus dibersihkan sampai bersih sebelum ditebar bibit lagi maka dari itu kolam harus dibuat landai agar mudah dibersihkan. Selain kelandaian, dalam cara budidaya ikan lele di kolam beton juga harus memperhatikan volume air dan ketinggian kolam.

Cara budidaya ikan lele di kolam beton memang lebih aman dibandingkan dengan kolam lainnya, namun Anda perlu memperhatikan volume air dan ketinggian kolam. Volume air yang terlalu tinggi bisa menimbulkan risiko lele hilang karena lele merupakan ikan yang suka melompat. Untuk mengurangi risiko lele lompat dari air bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan mengurangi volume air dan melapisi pinggiran kolam dengan plastik. Dengan dua cara ini maka lele dalam kolam beton akan lebih aman. Jika kolam sudah siap maka cara budidaya ikan lele di kolam beton selanjutnya adalah menebar bibit.

cara budidaya ikan lele di kolam tembok,cara membuat kolam lele permanen,cara pembuatan kolam ikan lele dari beton,cara beternak ikan lele di kolam beton,


Sebelum menebarkan bibit lele pada kolam, maka kolam harus disterilkan terlebih dahulu. Ini merupakan langkah penting dalam cara budidaya ikan lele di kolam beton yang baru. Untuk mensterilkan kolam cukup dengan merendam batang pisang selama 2 minggu dalam kolam kemudian bersihkan ini kolam dan tebarlah bibit lele. Dibandingkan dengan cara budidaya ikan lele di kolam tanah maka cara budidaya ikan lele di kolam beton ini memang lebih lama, namun hasilnya akan lebih bagus. Ikan lele yang dibudidayakan di kolam beton juga tidak akan berbau lumpur.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory