29 Maret 2016

Tips Cara Ternak Kenari Lokal Bagi Pemula Penting Dilakukan

Cara ternak kenari lokal bagi pemula dengan lengkap - Budidaya burung kenari termasuk sebuah aktivitas yang menguntungkan juga menyenangkan. Ketika beternak burung kenari Anda bisa memperoleh pengalaman berharga, selain hobi memelihara burung pun tersalurkan tentunya Anda memperoleh keuntungan berdasarkan hasil penjualan untuk anakan burung nantinya. Tak sedikit orang yang penasaran dengan cara budidaya kenari lokal untuk pemula ini, karena mereka percaya burung kenari ini memiliki nilai jual tinggi. 


cara ternak kenari lokal,cara ternak kenari yang baik,cara ternak kenari sistem koloni,cara ternak kenari merah,cara ternak kenari download,cara ternak kenari f1,cara ternak kenari lokal bagi pemula,
Baca juga: Cara Ternak Cacing Merah Sutra Paling Mudah
Burung kenari kini telah menjadi sejenis burung yang banyak digemari bahkan termasuk jenis burung favorit hingga sepanjang masa untuk para pencinta burung. Nah, untuk Anda yang penasaran mengenai bagaimana cara ternak kenari lokal bagi pemula ada beberapa tahapan penting yang perlu diperhatikan seperti berikut ini.

Tahapan Penting Dalam Berternak

1. Kenali Berapa Usia Burung Kenari
Tahapan tips ternak kenari lokal bagi pemula yang pertama yaitu mengenali usia dari burung kenari yang hendak dijodohkan. Sebab faktor usia sangat menentukan kesuksesan dari cara ternak kenari lokal bagi pemula ini. Adapun usia yang paling tepat untuk dapat mengawinkan burung kenari pada betina yakni sekitar usia 6 bulanan, sementara untuk kenari jantan 8 bulanan. Untuk mengenali mana kenari betina dan jantan Anda bisa melihat ciri-cirinya.
Adapun ciri-ciri dari kenari betina dan jantan yaitu ukuran tubuh kenari jantan cenderung lebih ramping dibandingkan betina, usia 1,5 bulan pada jantan sudah ngeriwik sementara betina tidak. Jika kenari dewasa maka suaranya akan terdengar lebih keras dan nyaring, serta anus jantan jika dilihat akan lebih menonjol dibandingkan betina. Ini merupakan hal terpenting sebelum Anda melakukan cara ternak kenari lokal bagi pemula dengan baik.
2. Persiapan Kandang
Cara ternak kenari lokal bagi pemula yang kedua yaitu dengan mempersiapkan kandang burung kenari. Untuk kandang kenari, dianjurkan kandang tersebut menempel pada tembok, lalu usahakan agar tempatnya tersebut aman terhadap gangguan tikus dan sebagainya. Selain itu, jangan lupa memberikan lampu penerangan supaya cuaca nya tetap hangat. 
Untuk mencegah kandang atau sarang burung kenari diserang oleh semut, maka Anda dapat memakai kapur ajaib. Bisa juga jika kandang tak menempel pada tembok maupun kandang memiliki kaki, bisa disiasati dengan memakai oli lalu dioleskan pada kaki-kaki sarang burung kenari ini. Hal ini tentunya agar cara ternak kenari lokal bagi pemula pun berhasil dilakukan.
3. Tahap Perjodohan
Cara ternak kenari lokal bagi pemula yang selanjutnya adalah perjodohan. Adapun proses tersebut dapat dilakukan lewat perkenalan yakni menempatkan kedua indukan burung kenari untuk dijodohkan pada tempat berbeda dan disimpan secara berdekatan agar bisa melihat bagaimana persiapan kedua burung indukan kenari ini. Pada masa perjodohan tersebut diharapkan burung betina dan jantan selalu didekatkan atau digandengkan penyimpanannya hingga mereka benar-benar siap dikawinkan.

cara ternak kenari download, cara ternak kenari f1, cara ternak kenari lokal, cara ternak kenari lokal bagi pemula, cara ternak kenari merah, cara ternak kenari sistem koloni, cara ternak kenari yang baik,

Itulah beberapa tahapan cara ternak kenari lokal bagi pemula penting yang perlu dilewatkan ketika Anda membudidayakan burung kenari untuk dijadikan burung peliharaan atau untuk usaha. Dalam perawatan burung kenari juga harus memperhatikan pemberian pakan ternak. Semoga ulasan ini bermanfaat!
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory