30 Maret 2016

Tehnik dan Cara Menanam Tanaman Hidroponik Tomat Sederhana

Tehnik dan Cara Menanam Tanaman Hidroponik Tomat Sederhana - Tomat merupakan tanaman yang sebenarnya mudah tumbuh dimana pun. Anda bisa menyebarkan biji tomat di sembarang tempat. Namun tentunya hasilnya pun tidak maksimal, terlebih di musim seperti sekarang ini yang kian tak menentu. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mulai beralih pada cara menanam tanaman hidroponik tomat. Cara tanam secara hidroponik buah tomat ini lebih efektif dan menghasilkan tomat dengan kualitas lebih baik, dari segi warna ataupun rasa.

hydroponik tomat,nutrisi tomat hidroponik,pupuk hidroponik tomat,Cara Menanam Tanaman Hidroponik Tomat,
Baca juga: Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Beton Untuk Bisnis Jangka Panjang
Terdapat beberapa cara menanam tomat secara hidroponik namun kali ini kita hanya akan membahas mengenai hidroponik murah sederhana. Anda tidak membutuhkan peralatan canggih dan mahal, semua bisa dibuat murah dan sederhana dengan menggunakan barang bekas. 

Langsung Saja, Inilah Cara Menanam Tanaman Hidroponik Tomat Dengan Mudah

1. Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, kita bisa memanfaatkan barang bekas sehingga menghemat proses pembudidayaan tomat. Anda tidak perlu menyiapkan peralatan mahal macam akuarium atau rumah kaca kecil. Cukup kumpulkan botol plastik bekas ukuran 1500 ml dan potonglah menjadi dua bagian. 

2. Cara menanam tanaman hidroponik tomat selanjutnya adalah dengan memilih bibit tomat. Pilihlah bibit unggul atau hibrida dari toko pertanian supaya hasil buahnya pun berkualitas. 

3. Penyemaian, setelah pemilihan bibit, maka mari melangkah ke tahap selanjutnya. Cara menanam tanaman hidroponik tomat terkait penyemaian dilakukan dengan media semai berupa cocopeat. Campurkan bibit dengan pupuk kandang, serbuk gergaji dengan perbandingan 1:1. Setelah itu masukkan ke dalam cocopeat.

4. Tunggulah selama kurang lebih 21-28 hingga bibit tumbuh dan siap dipindahkan.

5. Setelah bibit jadi, segera pindahkan bibit ke dalam botol plastik yang telah dipotong. Namun perlu diperhatikan dalam cara menanam tanaman hidroponik tomat dalam hal pemindahan ini harus berhati-hati, jangan sampai akarnya terputus. Oleh sebab itu sebelumnya, rendam dulu bibit dalam air dan goyang-goyangkan hingga cocopeatnya terlepas. Gunakan busa untuk menjepit tanaman ketika memindahkannya. Masukkan pada bagian tutup botol yang sudah dipotong tadi.

6. Cara menanam tanaman hidroponik tomat tadi belum selesai. Pastikan posisi akan kuat dan stabil, lurus sehingga tidak akan goyah. Setelah dipastikan kuat maka letakkan bibit tadi ke dalam botol plastik potongannya. Perlu diingat, jangan sembarangan memasukkan ke dalam botol plastik. Isi terlebih dahulu botol plastik yang satunya dengan air. Meletakkan akar jangan sampai mengenai air seluruhnya. Berilah jarak antara air dengan akar sehingga akar bisa bernafas.

7. Selain itu jangan lupa untuk menutup botol dengan plastik hitam dengan tujuan untuk menghindari tumbuhnya lumut.

8. Cara menanam tanaman hidroponik tomat yang terakhir adalah menunggu tanaman tomat tersebut semakin membesar. Kian hari tanaman tersebut akan membesar dan berbuah sehingga bisa dipanen. Setelah tanaman membesar Anda bisa memindahkannya pada lahan yang lebih luas.

hydroponik tomat,nutrisi tomat hidroponik,pupuk hidroponik tomat,Cara Menanam Tanaman Hidroponik Tomat,

Demikian ulasan mengenai cara menanam tanaman hidroponik tomat, semoga budidaya tomat Anda berhasil. Bisa dibilang cara menanam tomat ini hampir sama dengan cara menanam tanaman hidroponik cabai, sama mudahnya.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory