23 Februari 2016

Langkah-Langkah Cara Menanam Bayam Dalam Polybag Paling Mudah

Cara menanam bayam dalam polybag merupakan salah satu cara menanam bayam yang paling mudah. Bayam sendiri merupakan salah satu sayuran hijau yang kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Sehingga sangat disarankan untuk anak-anak dan ibu hamil untuk sering mengonsumsi bayam segar. Untuk mendapatkan bayam segar ada baiknya jika Anda menanamnya sendiri dengan media polybag. Penggunaan polybag sebagai media menanam bayam ini banyak keuntungannya, salah satunya yaitu lebih hemat dalam penggunaan lahan.

cara menanam tomat di polybag,cara menanam bayam dan perawatannya,cara menanam bayam hijau,cara menanam bayam merah,cara menanam bayam hidroponik,cara menanam bayam cabut,
Baca juga: Cara Menanam Bayam Hidroponik Secara Sederhana Di Rumah

Bayam yang ditanam dengan menggunakan media polybag bisa ditanam di pekarangan rumah yang sempit. Cara menanam bayam dalam polybag tergolong mudah karena alat dan bahan yang digunakan tidaklah banyak. 

Berikut Ini Alat dan Bahan Yang Perlu Disiapkan Untuk Menanam Bayam Dalam Polybag

• Bibit bayam berupa biji atau batang
• Tanah secukupnya
• Pupuk kandang secukupnya
• Polybag kecil dan sedang
• Pestisida alami
• Sarung tangan
• Sekop kecil
• Air secukupnya
Cara menanam bayam dan perawatannya dalam polybag berbeda dengan menanam di tanah langsung. Adapun langkah-langkah dalam menanam bayam dalam polybag yaitu:
1. Siapkanlah bibit bayam yang akan ditanam
Langkah awal cara menanam bayam dalam polybag ini sangatlah penting. Pilih bibit yang berkualitas tinggi agar hasilnya bagus. Anda bisa mendapatkan bibit bayam berupa biji bayam di toko-toko pertanian atau tempat jual tanaman. Bibit bayam tidak harus berbentuk biji, karena batang bayam juga termasuk bibit bayam.

cara menanam tomat di polybag,cara menanam bayam dan perawatannya,cara menanam bayam hijau,cara menanam bayam merah,cara menanam bayam hidroponik,cara menanam bayam cabut,

2. Buatlah media yang akan digunakan untuk menanam
Cara menanam bayam dalam polybag tidak asal menggunakan tanah saja. Tanah yang akan digunakan harus dicampur dengan pupuk kandang dengan perbandingan yang seimbang. Untuk membuat media tanam yang bagus sebaiknya campurkan tanah dan pupuk kandang sampai rata. Remas-remaslah tanah sampai halus, jika diperlukan ayaklah campuran tanah dan pupuk kandang.
3. Tanam bibit bayam dalam polybag
Isilah polybag kecil atau sedang dengan tanah secukupnya kemudian letakkan bibit bayam. Cara menanam bayam dalam polybag harus memperhatikan banyaknya bibit yang ditanam. Jika Anda menggunakan biji sebaiknya satu polybag diisi 2 sampai biji bayam.
4. Letakkan ditempat sejuk
Letakkan polybag di tempat yang sejuk agar bayam tumbuh dengan subur. Cara menanam bayam dalam polybag yang benar juga harus memperhatikan tempatnya.

cara menanam tomat di polybag,cara menanam bayam dan perawatannya,cara menanam bayam hijau,cara menanam bayam merah,cara menanam bayam hidroponik,cara menanam bayam cabut,

5. Siram 2 kali sehari
Rawatlah bibit bayam agar tumbuh dengan subur. Perawatan bibit bayam tidaklah sulit, cukup dengan menyiraminya dua kali sehari.
6. Pemindahan setelah besar
Jika bibit sudah besar maka pindahkanlah ke polybag yang berukuran sedang. Cara memindahkannya sama dengan cara menanam bayam dalam polybag. Setelah dipindahkan rawatlah bayam sampai bisa dipanen.

Selain menggunakan media polybag, bayam juga bisa ditanam dengan cara hidroponik. Cara menanam bayam hidroponik ini tidak jauh berbeda dengan menanam bayam dalam polybag, hanya saja media yang digunakan bukanlah tanah. Hasil bayam yang ditanam dalam polybag dan ditanam dengan cara hidroponik akan sama saja jika perawatan yang dilakukan benar dan dilakukan secara teratur. Selain itu, pemilihan bibit pada awal penanaman juga mempengaruhi hasil tanam bayam. Jika cara menanam bayam dalam polybag sudah benar tapi bibitnya kurang bagus maka hasilnya juga akan kurang bagus.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory