30 Maret 2016

Cara Ternak Kelinci Hias Bagi Para Pemula

Cara Ternak Kelinci Hias Bagi Para Pemula - Kelinci hias sekarang ini masih banyak diminati di pasar hewan. Hewan yang lucu dan menggemaskan ini memang sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Harga kelinci hias saat ini cukup mahal. Hal ini membuat bisnis ternak kelinci akan sangat menguntungkan. Cara ternak kelinci hias untuk para pemula tidaklah sulit, Anda hanya perlu melakukan persiapan-persiapan untuk kandang dan mengetahui bagaimana cara merawat kelinci hias yang benar. Persiapan yang perlu dilakukan meliputi kandang, dan semua hal yang berhubungan dengan kelinci hias. Lakukan perawatan kelinci dengan baik agar ternak kelinci yang dilakukan berhasil.

cara ternak kelinci anggora,kandang ternak kelinci,analisa ternak kelinci lokal,peternakan kelinci pedaging,kandang ternak kelinci pedaging,bisnis kelinci pedaging,
Baca juga: 6 Proses dan Cara Ternak Cucak Ijo di Sangkar Gantung Rumahan
Sebelum memulai bagaimana cara ternak kelinci hias, Anda perlu mengetahui jenis kelinci hias yang ada di pasaran. Anda bisa membedakan jenis-jenis kelinci hias dari melihat bentuk tubuhnya dan bulu yang ada pada kelinci. Ada juga beberapa jenis kelinci yang mempunyai ciri khas pada bentuk kupingnya. Secara umum, cara ternak kelinci hias sama saja, hal pertama yang harus disiapkan adalah kandang. Kandang adalah hal utama yang harus dipersiapkan sebelum Anda membeli indukan dari kelinci hias.

Kandang ternak kelinci mempunyai banyak bentuk. Ada tiga pilihan sistem kandang yang bisa dipilih untuk menternakkan kelinci yaitu kandang sistem postal, sistem ranch, dan sistem battery. Kandang sistem postal sangat cocok untuk kelinci yang masih muda karena bisa ditempatkan di dalam ruangan. Sedangkan kandang ranch dan battery sangat cocok untuk ditempatkan di luar ruangan. Setelah kandang dipilih, maka langkah selanjutnya dalam cara ternak kelinci hias adalah memilih bibit atau calon induk. Pilihlah bibit yang tidak cacat dan mempunyai potensi yang baik untuk berkembangbiak.

Setelah bibit induk sudah didapatkan, maka langkah dalam cara ternak kelinci hias yang selanjutnya adalah merawat kelinci indukan agar bisa berkembangbiak dengan maksimal. Berilah makan bibit kelinci secara teratur dan selalu jaga kebersihan kandang kelinci. Kebersihan kandang adalah kunci dari cara ternak kelinci hias agar bisa berkembangbiak secara maksimal. Kandang yang kotor bisa membuat kelinci mudah terkena penyakit dan akhirnya tidak bisa berkembangbiak. Sebaiknya pembersihan kandang dilakukan setiap hari untuk ketika akan memberikan pakan pada kelinci.

cara ternak kelinci anggora,kandang ternak kelinci,analisa ternak kelinci lokal,peternakan kelinci pedaging,kandang ternak kelinci pedaging,bisnis kelinci pedaging,

Jika bibit induk sudah memasuki usia 5-6 bulan untuk betina dan 7-8 bulan untuk jantan maka segeralah untuk mengawinkannya. Cara ternak kelinci hias dalam proses pengawinan haru diperhatikan. Kawinkanlah kelinci jantan yang belum pernah kawin dengan betina yang sudah pernah beranak. Untuk waktu perkawinan sebaiknya pagi atau sore hari. Cara ternak kelinci hias dalam proses pengawinan dilakukan selama dua minggu. Setelah dua minggu, pisahkan indukan jantan dan betina. Kelinci betina yang sudah dikawinkan akan mulai hamil pada hari ke 12 setelah perkawinan. Sedangkan masa kehamilan kelinci hias hanya sekitar 1 bulan.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory