30 Maret 2016

2 Cara Budidaya Maggot Paling Mudah Untuk Pakan Ikan

2 Cara Budidaya Maggot Paling Mudah Untuk Pakan Ikan - Maggot atau belatung merupakan salah satu pakan ikan yang bernutrisi tinggi. Biasanya maggot dibudidayakan oleh para peternak ikan. Cara budidaya maggot ini relatif mudah dan bisa dipanen dalam waktu yang sangat singkat. Sekarang ini maggot tidak hanya dibudidayakan oleh para peternak ikan saja tapi juga sudah dibudidayakan secara khusus. Cara budidaya maggot bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan sabut kelapa sawit dan menggunakan bekatul. Kedua media ini sangat efektif untuk menghasilkan maggot dalam jumlah yang banyak.

cara budidaya maggot pakan ikan murah,cara budidaya maggot media air,cara budidaya maggot untuk pakan lele,cara budidaya maggot dengan dedak,cara ternak maggot,cara membuat belatung,
Baca juga: Cara Ternak Kelinci Hias Bagi Para Pemula

Cara Budidaya Maggot dengan Sabut Kelapa

Budidaya belatung atau maggot yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan media sabut kelapa. Sabut kelapa yang digunakan adalah sabut kelapa kering. Alat dan bahan yang diperlukan dalam cara budidaya maggot dengan menggunakan sabut kelapa adalah baskom dengan ukuran sedang, plastik kresek hitam, air limbah jeroan, dan tali rafia. Jumlah sabut kelapa dan baskom bisa disesuaikan dengan jumlah bibit belatung yang tersedia. Bibit belatung yang digunakan adalah lalat hitam jenis Black soldier. Lalat jenis ini merupakan penghasil belatung yang sangat banyak dan berkualitas. 

Jika semua bahan sudah lengkap, maka lanjutkan pada cara budidaya maggot yang sebenarnya. Langkah pertama dalam cara budidaya maggot dengan menggunakan sabut kelapa adalah menggiling sabut kelapa sampai halus. Selanjutnya campurkan sabut kelapa ini dengan air limbah jeroan. Pencampuran antara sabut kelapa dan air limbah jeroan ini dilakukan untuk memfermentasikan sabut kelapa. Setelah itu, letakkan bak di tempat terbuka yang lembab. Penempatan bak ini harus di tempat yang lembab agar banyak lalat Black soldier yang mendekat. Maggot bisa dipanen setelah satu Minggu.

Cara Budidaya Maggot Dengan Bekatul

Cara budidaya maggot yang kedua yaitu dengan menggunakan bekatul. Bekatul biasanya digunakan untuk pakan unggas. Bekatul juga bisa digunakan sebagai media untuk membudidayakan maggot, dimana hasil belatung atau maggot dari media bekatul ini sama saja dengan menggunakan media sabut kelapa. Menggunakan bekatul sebagai media ternak maggot ini lebih praktis karena bekatul bisa langsung dibeli jadi dan harganya juga murah. Bahan yang diperlukan dalam cara budidaya maggot menggunakan bekatul juga sederhana yaitu bak, bekatul, plastik hitam, dan tali rafia. Jumlah bahan ini menyesuaikan seberapa bekatul yang akan digunakan.

cara budidaya maggot pakan ikan murah,cara budidaya maggot media air,cara budidaya maggot untuk pakan lele,cara budidaya maggot dengan dedak,cara ternak maggot,cara membuat belatung,

Langkah dalam cara budidaya maggot menggunakan bekatul juga cukup sederhana. Pertama bak atau ember yang digunakan harus dicuci dengan air panas terlebih dahulu. Masukkan bekatul ke dalam bak lalu siram dengan air secukupnya. Tutuplah bak dengan menggunakan kantong kresek dan ikat dengan tali rafia. Diamkan selama kurang lebih 3 hari dalam tempat yang lembab. Budidaya maggot dengan bekatul yaitu membuka plastik tertutup lalu tempatkanlah di ruang terbuka. Jika sudah satu minggu maka maggot sudah bisa dipanen. Bagaimana, mudah bukan cara budidaya maggot pakan ikan murah ini?
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory