20 Februari 2016

Cara Budidaya Mawar Menggunakan Metode Stek

Cara budidaya mawar dengan tepat - Menanam bunga mawar memakai metode stek di media pot memerlukan tempat gelap demi proses pertumbuhan tunas bunga mawar, kemudian baru diperlukan media sinar matahari. Cara menanam mawar memakai stek sendiri sebenarnya tergolong mudah-mudah susah, sebab tak semudah jenis bunga yang lainnya yang dapat hidup di pot dengan begitu saja. Jenis bunga mawar tersebut termasuk sejenis bunga pilihan yang banyak disukai orang sebab mempunyai warna-warni begitu indah.

budidaya mawar dari biji,budidaya mawar dengan stek,cara budidaya bunga mawar,cara budidaya mawar potong,cara budidaya mawar hitam,cara budidaya mawar merah,

Baca juga: 3 Metode Cara Budidaya Sirih Merah

Keindahan pada bunga mawar sendiri ada dalam bentuk fisiknya beserta aroma wangi yang begitu khas. Di samping itu, dalam cara budidaya mawar jika kita tidak cermat maka akan mengalami beberapa kendala seperti bentuk pohon yang gagal dipertahankan dan juga bunganya yang tak tumbuh kembali. Maka dari itu, dalam cara budidaya bunga mawar harus dilakukan dengan cara yang tepat agar bunga yang didapatkannya lebih banyak, segar dan juga berkualitas. 

Berikut Tips dan Trik Menanam Bunga Mawar Dengan Tepat

1. Pemilihan Bibit Stek Mawar

Cara budidaya mawar yang pertama adalah dengan menentukan bibit stek bunga mawar. Untuk menentukan bibit bunga yang berkualitas pilih bunga yang batang di bagian tengahnya tak jauh dari letak pangkalnya.

2. Persiapkan Pot Bunga Mawar

Langkah cara budidaya mawar yang kedua yaitu dengan cara mempersiapkan pot bunga mawar. Anda dapat memakai pot yang terbuat dari berbagai material, seperti semen, tanah liat, keramik atau plastik yang disesuaikan berdasarkan ukuran pot itu sendiri.

budidaya mawar dari biji,budidaya mawar dengan stek,cara budidaya bunga mawar,cara budidaya mawar potong,cara budidaya mawar hitam,cara budidaya mawar merah,

3. Persiapkan Media Tanah

Tahapan berikutnya yaitu dengan mempersiapkan media tanah. Anda harus memilih tanah berkualitas sebagai media tanamnya. Pilih tanah dengan warna hitam yang gembur sebagai jenis tanah yang subur dan bagus. Di samping itu, lebih baik lagi bila tanah yang digunakan yaitu tanah hasil pembakaran.

4. Pemberian Pupuk Kompos

Cara budidaya mawar berikutnya adalah dengan mempersiapkan dan memberikan pupuk kompos dengan tidak terlalu banyak cukup dengan memastikannya sesuai dengan ukuran polybag yang Anda sediakan.

5. Proses Stek

Cara budidaya mawar dengan stek ini yaitu dengan cara memilih batang dari bunga mawar tua. Kemudian dipotong sekitar 4-6 cm memakai alat potong tajam. Sementara medianya berupa tanah murni sebab pemakaian pupuk sendiri bisa menghambat proses pertumbuhan dari batang bunga mawar yang tengah dilakukan stek.

budidaya mawar dari biji,budidaya mawar dengan stek,cara budidaya bunga mawar,cara budidaya mawar potong,cara budidaya mawar hitam,cara budidaya mawar merah,

6. Pemindahan Hasil Stek

Cara budidaya mawar selanjutnya adalah pemindahan hasil stek. Pindahkan bunga hasil stek memakai polybag yang berukuran ¼ kg berisi tanah. Selanjutnya tancapkan tangkai dari bunga mawar yang sudah dipotong pada proses stek tadi sampai pada bagian tengah. Anda harus memastikan ukuran kedalamannya sekitar ½ dari media untuk tanam yang diberi air.

Demikianlah proses cara budidaya mawar dengan tepat dan benar dengan cara stek. Melalui cara budidaya yang tepat, maka bunga mawar yang dihasilkan pun lebih berkualitas dengan jumlah bunga yang banyak dan begitu mekar. Hal ini tentunya bisa memberikan keuntungan untuk Anda saat menanam bunga mawar.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory