11 Maret 2016

Cara Budidaya Strawberry Tidak Serumit yang Dibayangkan

Cara Budidaya Strawberry - Pada zaman yang sudah semakin mudah ini, cara budidaya strawberry juga bisa dilakukan dengan mudah. Strawberry yang puluhan tahun lalu hanya bisa ditemukan di beberapa daerah saja, sekarang bisa kita budidayakan sendiri. Bahkan bagi Anda yang tinggal di pedesaan yang dulunya hanya tahu bentuk strawberry hanya dari gambar saja. Strawberry memiliki rasa yang manis dengan sedikit asam. Rasanya yang unik ini menjadikan strawberry banyak disukai, baik dimakan secara langsung, dibuat salad, dijadikan toping kue dan sebagainya.

cara budidaya strawberry dalam polybag,cara budidaya strawberry di daerah panas,cara budidaya strawberry di dataran rendah,cara budidaya strawberry hidroponik,cara budidaya strawberry di polybag,
Baca juga: Tahap-Tahap Cara Budidaya Cacing Sutra di Kolam Terpal Dengan Tepat

Ada beberapa cara budidaya strawberry, bisa di kebun, dengan polybag atau dengan hidroponik. Nah, yang pertama dimulai dari budidaya strawbery di kebun. Langkah awalnya adalah dengan menyiapkan bibit. Biasanya jika di toko-toko pertanian, bibit strawberry terbungkus dalam wadah, dan Anda bisa memilih yang kemasannya masih bagus. Anda juga bisa langsung membelinya pada petani strawberry jika di daerah Anda dekat dengan petani strawberry. Bibit yang berkualitas nantinya akan menghasilkan buah yang berkualitas pula.

Gemburkan tanah dengan cangkul terlebih dahulu, kemudian langkah selanjutnya sebagai cara budidaya strawberry adalah dengan menyemaikan bibit. Sebelum bibit disemai, lakukan pemupukan dengan pupuk kandang sambil diaduk-aduk agar permukaannya rata. Kemudian bibit-bibit strawberry yang sudah Anda beli dapat disemaikan pada lahan tersebut. Lapisi dengan tanah tipis-tipis saja kemudian berilah peneduh. Siram setiap pagi dan sore hari. Cara merawatnya dengan menyiangi rumput-rumput dan pemupukan. Pohon strawberry yang sudah menjulur dipotong.

cara budidaya strawberry dalam polybag,cara budidaya strawberry di daerah panas,cara budidaya strawberry di dataran rendah,cara budidaya strawberry hidroponik,cara budidaya strawberry di polybag,

Tanaman strawberry akan berbuah ketika sudah memasuki usia 4 bulan. Cara memanennya adalah dengan memotong tangkai buahnya dengan pisau atau gunting. 

Langkah Cara Budidaya Strawberry Juga Bisa Dilakukan

• Menyiapkan media
Cara budidaya tanaman strawberry pertama adalah menyiapkan media. Media yang digunakan disini adalah sekam yang kering, lalu dibakar sampai menjadi arang sekam. Siapkanlah polybag dan masukkan arang sekam sampai penuh.
• Membuat irigasi
Anda bisa membuat irigasi sesuai dengan kebutuhan. Misalnya dengan menggantungkan botol bekas air mineral yang diberi selang, kemudian Anda mengatur besar kecilnya air yang mengalir dari selang tersebut. Irigasi penting dalam tahapan cara budidaya strawberry.
 
• Menanam bibit
Cara budidaya strawberry selanjutnya dengan menanam bibit. Bibit yang akan ditanam setidaknya sudah berumur 2 minggu sejak dijadikan bibit. Buatlah lubang terlebih dahulu pada polybag kemudian Anda bisa menanamnya.
• Pemeliharaan
Setelah menanam, cara budidaya strawberry adalah dengan memeliharanya dengan baik dan benar. Gunakan air bersih untuk menyiram, hendaknya tidak ada kotoran-kotoran pada air tersebut. Memeliharanya adalah dengan membuang gulma maupun membuang daun yang sudah mulai tua.

Setelah menanam dan semua pemeliharaan dilakukan, maka dalam waktu 4 bulan saatnya memanen strawberry. Strawberry mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh. Strawberry ini baik untuk kesehatan mata, sebagai zat anti inflamasi, dan untuk kesehatan tulang. Selain itu, strawberry juga merupakan buah anti kanker. Jadi, sudah siap mempraktikkan cara budidaya strawberry?
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory