19 Maret 2016

Tahap-Tahap Cara Budidaya Cacing Sutra di Kolam Terpal Dengan Tepat

Cara budidaya cacing sutra di kolam terpal dengan tepat - Ternak cacing sutera merupakan jenis budidaya dengan nilai ekonomis tinggi. Mungkin ada sebagian orang yang beranggapan di mana cacing ini tak begitu menguntungkan. Padahal sebenarnya cacing sutera begitu bermanfaat khususnya untuk dijadikan pakan dari ikan jenis tertentu. Jadi tentunya banyak orang yang penasaran dengan cara ternak cacing sutra di kolam terpal. Ketika beternak cacing sutera, pastinya calon peternak wajib memahami cara budidaya yang tepat.

cara budidaya cacing sutra di ember,budidaya cacing lor,budidaya cacing tubifex,budidaya cacing lumbricus,cara budidaya cacing sutra dengan nampan,makanan budidaya cacing sutra,

Baca juga: Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Untuk Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara budidaya cacing sutra di kolam terpal, berikut ini kami bahas tahapan demi tahapan cara budidaya yang tepat seperti berikut ini:
1. Tahap Persiapan Bibit
Tahapan cara ternak cacing sutra kolam terpal yang pertama adalah proses persiapan bibit. Di mana para pembudidaya terlebih dulu mempersiapkan bibit cacing sutera. Bibit dari cacing sutera sendiri bisa ditemukan mudah di pasaran, khususnya toko ikan hias bisa juga Anda mengambilnya langsung dari alam contohnya mengambil dari air selokan atau sungai. Sebelum dilakukan cara budidaya cacing sutra di kolam terpal pastikan bibit dari cacing sutera ini Anda karantina lebih dulu. Agar menghindari terbawanya bakteri patogen.
 
2. Persiapan Media Tanam
cara budidaya cacing sutra di ember,budidaya cacing lor,budidaya cacing tubifex,budidaya cacing lumbricus,cara budidaya cacing sutra dengan nampan,makanan budidaya cacing sutra,

Langkah cara budidaya cacing sutra di kolam terpal berikutnya adalah persiapan media tanam. Cacing sutera biasanya memerlukan media tumbuh yang tak memakan banyak tempat. Anda dapat membudidayakan cacing sutra ini pada kolam kecil dengan lapis terpal. Adapun ukuran kolam yang tepat sekitar 1 x 2 meter. Supaya sirkulasi air pun berjalan baik Anda harus melengkapi kolam memakai saluran pemasukan maupun pengeluaran air.
3. Budidaya Cacing Sutera
Dalam cara budidaya cacing sutra di kolam terpal, jika kolam telah siap maka peternak pun harus menambahkan bahan organik ke dalam kolam tadi. Adapun caranya adalah dengan memberikan lumpur, kemudian ratakan lumpur dan tambahkan kotoran ayam pada kolam. Kotoran ayam sendiri ditakar kurang lebih 3 karung untuk ukuran kemasan pada pakan ikan. Kemudian ratakan lalu genangi kolam pada ketinggian air 5 cm. Lalu diamkan kolam yang tergenang tersebut hingga 1 minggu agar gas dari kotoran ayam pun hilang.
4. Tahap Pemanenan Cacing Sutra
Cara budidaya cacing sutra di kolam terpal berikutnya adalah tahap pemanenan cacing sutera. Pada masa panen cacing sutera sendiri, sebenarnya tak memerlukan waktu lama. Adapun bila cara budidaya cacing sutra di kolam terpal ini sudah dilakukan dengan tepat, cacing sutra pun telah bisa dipanen sesudah 8-10 hari semenjak bibit ditebar. Kemudian hasil panen telah dapat dijual di area penjualan untuk pakan ikan maupun toko ikan. 

Untuk para peternak cacing sutera sendiri, ada tips yang sebaiknya diperhatikan yakni dengan menjaga saluran air. Hal tersebut begitu penting agar menjaga kualitas panen dari cacing sutera. Sebab kualitas panen pada cacing sutera ini bergantung dari kondisi kolamnya itu sendiri. Demikian ulasan mengenai cara budidaya cacing sutra di kolam terpal!
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory