23 Februari 2016

Tahapan Cara Menanam Bawang Merah Polybag Praktis

Cara menanam bawang merah polybag praktis - Untuk Anda yang tak memiliki banyak lahan yang dimanfaatkan untuk membudidayakan bawang merah, bisa memanfaatkan wadah polybag sebagai media tanamnya. Bawang merah merupakan sejenis sayuran yang harganya kian mahal, untuk itu merupakan pilihan yang tepat jika kita mencari bagaimana cara budidaya bawang merah polybag dengan tepat dan praktis di lakukan. Dengan begitu kita pun bisa memanfaatkan sejumlah lahan yang ada di rumah atau di halaman rumah untuk menanam bawang merah.

cara menanam bawang merah di pekarangan rumah,cara menanam bawang merah secara hidroponik,cara menanam bawang merah di musim hujan,cara menanam bawang merah yang baik,
Baca juga: Langkah-Langkah Cara Menanam Bayam Dalam Polybag Paling Mudah

Cara menanam bawang merah polybag sendiri juga sangat mudah dan praktis, tak jauh berbeda seperti halnya budidaya bawang merah pada lahan perkebunan atau pesawahan. Adapun cara budidaya bawang merah menggunakan polybag dengan praktis dan tepat adalah sebagai berikut.

Tahapan Praktis Buat Menanam

1. Tahap Persiapan Media Tanam
Cara menanam bawang merah polybag yang pertama yaitu dengan mempersiapkan media tanam. Adapun media tanam untuk digunakan memakai perbandingan dari arang sekam, kombinasi tanah dan pupuk kompos atau kandang memakai perbandingan sekitar 1 : 1 : 1. Sementara pupuk SP-36 diperlukan sekitar 3 gram per polybag dilengkapi 1 sdt furaden. Semua bahan tadi digabung dan disiram memakai air kemudian diamkan 1-2 hari. Pakai polybag dengan ukuran sekitar 30 x 40 cm.
 
2. Tahap Pemupukan dan penanaman
Cara menanam bawang merah polybag yang kedua adalah tahap penanaman dan pemupukan. Benih dari bawang merah yang ditanam pada polybag berjumlah sekitar 3 umbi tiap polybag dan ditata pada jarak antar umbi sekitar 15 cm. Kemudian umbi ditanam pada media tanam sampai leher umbi. Gunakan pupuk usulan NPK sebanyak 1 gram per polybag dapat diberikan pada tiap minggu sampai berumur 6 minggu melalui pengecoran atau disiramkan di area sekitar tanaman.

cara menanam bawang merah di pekarangan rumah,cara menanam bawang merah secara hidroponik,cara menanam bawang merah di musim hujan,cara menanam bawang merah yang baik,

3. Tahap Pemeliharaan
Langkah cara menanam bawang merah polybag selanjutnya yaitu tahap pemeliharaan. Penyiraman di musim kemarau sendiri dilakukan 1-2 kali sehari ketika pagi dan juga sore hari sesuai situasi. Bawang merah merupakan tanaman yang tidak akan tahan kekeringan tetapi tahan dalam genangan air. Bila umbi sudah tampak, pastikan tidak terlalu banyak disiram agar umbi tidak cepat tua. Adapun cara menanam bawang merah polybag untuk pengendalian penyakit dan hama sendiri menggunakan pestisida nabati.
4. Tahap Pemanenan
Cara menanam bawang merah polybag yang terakhir meliputi tahap pemanenan. Adapun tanda-tanda bawang putih siap dipanen yaitu 80% daun pada rebah pun menguning dengan leher batang gembos atau kosong, kemudian umbi tersembul pada permukaan tanah dan berwarna merah.

Demikianlah tips dan cara menanam bawang merah polybag dengan mudah dan praktis. Bawang merah merupakan salah satu bumbu masakan yang digunakan sebagai pelengkap bahan masakan untuk makanan pendamping nasi ataupun sayuran. Budidaya bawang merah sangat cocok dilakukan selain untuk konsumsi sehari-hari juga untuk usaha.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory