19 Maret 2016

Cara Menanam Bawang Merah di Polybag Pada Lahan Kosong Rumah Anda

Cara Menanam Bawang Merah di Polybag - Apakah Anda memiliki luas lahan di rumah Anda? Walaupun sedikit Anda bisa memanfaatkan sisa lahan rumah Anda dengan bercocok tanam. Selain untuk menghijaukan rumah Anda, dengan bercocok tanam Anda akan memiliki kesibukan dan tentu saja menyehatkan tubuh. Salah satu jenis tanaman yang bisa Anda coba adalah bawang merah. Kali ini kami akan memberikan Anda tips cara menanam bawang merah di polybag. Ada banyak keuntungan dengan cara bercocok tanam bawang merah yang bisa Anda dapatkan.

cara menanam bawang merah di rumah,cara menanam bawang putih,cara menanam bawang merah polybag,cara menanam bawang merah di musim hujan,cara menanam bawang merah yang baik,
Baca juga: Cara Budidaya Ikan Discus Memakai Akuarium
Dari sekian keuntungan bercocok tanam bawang merah, salah satu yang bisa Anda dapatkan adalah Anda bisa mendapatkan bawang merah organik yang gratis. Anda bahkan tidak perlu lagi pergi ke pasar untuk membeli bawang merah, untuk ke depannya Anda bisa berbisnis bawang merah jika memiliki lahan yang cukup besar. Cara menanam bawang merah ini cukup mudah bahkan jika Anda tidak memiliki cukup lahan. Dengan melakukan cara menanam bawang merah di polybag Anda bisa memanfaatkan ruang dan sisa lahan yang ada di rumah Anda.

Berikut Beberapa Bisa Anda Lakukan Dengan Mudah

1. Menyiapkan media tanam
Cara menanam bawang merah di polybag yang pertama adalah menyiapkan terlebih dahulu media tanamnya. Yang Anda perlukan adalah tanah humus, yang bisa ditambahkan dengan abu sekam serta di tambah lagi dengan kompos. Perbandingannya adalah 1:1:1. Kemudian aduk semua bahan media tanam menjadi satu dan tercampur dengan rata.
2. Menaruh media tanam pada polybag
cara menanam bawang merah di rumah,cara menanam bawang putih,cara menanam bawang merah polybag,cara menanam bawang merah di musim hujan,cara menanam bawang merah yang baik,

Selanjutnya dalam cara menanam bawang merah di polybag adalah dengan menaruh media tanam pada polybag terlebih dahulu. Anda bisa memasukkan media tanam ke polybag dengan menambahkan 5 gram dari furadan per polybag. Lalu, Anda lakukan pengairan dengan membasahi tanah sampai basah merata.
 
3. Menanam bibit bawang merah
Selanjutnya dalam cara menanam bawang merah di polybag adalah dengan menanam bibit bawang merah. Pertama sekali adalah memotong ujung bibit bawang merah sebanyak sepertiga saja dan tanamkan pada media tanam sepanjang 2/3 dari panjang bibit. Untuk 1 polybag Anda bisa menanam sekitar 4 sampai 5 biji bibit bawang merah.
4. Merawat tanaman bawang merah
Cara menanam bawang merah di polybag selanjutnya adalah dengan merawat tanaman dengan pemberian pupuk, pengairan, membersihkan gulma pada tanaman, mengendalikan hama serta penyakit. Untuk pengairan sebaiknya dilakukan seminggu sekali setelah pemberian pupuk pada tanaman.
5. Panen bawang
Terakhir dalam cara menanam bawang merah di polybag adalah masa panen bawang merah. Setelah bawang merah di rawat dengan baik, maka bawang merah akan bisa dipanen setelah 55 sampai dengan 65 hari. Yaitu dengan cara mencabut bawang dan menjemurnya di wadah pada siang hari. 

Demikianlah cara menanam bawang merah di polybag yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menanam Bawang Merah di Polybag Pada Lahan Kosong Rumah Anda