17 Februari 2016

Cara Budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal

Tips dan Cara Budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal - Jika Anda hobi memelihara ikan atau menjadikan budidaya ikan sebagai usaha sampingan, maka tidak ada salahnya untuk Anda memelihara ikan gabus. Cara budidaya ikan gabus bisa dilakukan dengan beberapa kondisi kolam, salah satunya adalah kolam terpal. Cara budidaya ikan gabus di kolam terpal merupakan solusi bagi Anda yang tidak memiliki lahan yang cukup luas. Tentu saja dengan melakukan budidaya di kolam terpal Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan. Nah, Anda penasaran bagaimana cara budidaya ikan gabus di kolam terpal?

cara budidaya ikan gabus di kolam terpal,cara budidaya ikan gabus di kolam beton,cara budidaya ikan gabus pdf,cara budidaya ikan lele,ebook teknik budidaya ikan gabus,

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar untuk Pemula

Keuntungan budidaya ikan gabus yang bisa Anda dapatkan adalah permintaan pasar yang cukup meningkat serta perawatan ikan gabus yang cukup mudah. Nah, ada beberapa tahap yang bisa Anda lakukan dalam cara budidaya ikan gabus di kolam terpal, antara lain adalah:

Tahapan Dalam Cara Budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal

1. Tentukan bibit yang unggul

Dalam membudidayakan ikan gabus sebaiknya Anda perlu memperhatikan bibit ikan gabus yang unggul baik betina atau jantan. Ikan jantan memiliki bentuk dan warna tubuh yang gelap dengan kepala oval. Sedangkan betina memiliki warna tubuh terang dengan kepala bulat. Cara budidaya ikan gabus di kolam terpal tahap pembibitan ini sangat menentukan hasil panen yang akan diperoleh.

2. Tahap pemijahan

Selanjutnya adalah tahap pemijahan. Cara budidaya ikan gabus di kolam terpal ini bisa dilakukan di kolam bak beton dengan kedalaman 2 m, dan isi air sekitar 50 cm setelah dibersihkan sebelumnya. Dalam pemijahan, pastikan air selalu mengalir untuk menjaga kebersihan kolam dan ada baiknya memberikan tanaman enceng gondok di dalam kolam.

cara budidaya ikan gabus di kolam terpal,cara budidaya ikan gabus di kolam beton,cara budidaya ikan gabus pdf,cara budidaya ikan lele,ebook teknik budidaya ikan gabus,

3. Penetasan telur

Selanjutnya setelah proses pemijahan, maka akan ada proses penetasan telur. Untuk penetasan telur ini sebaiknya dilakukan di kolam akuarium.

4. Proses pemeliharaan larva

Selanjutnya adalah cara budidaya ikan gabus di kolam terpal proses pemeliharaan larva. Dalam proses ini larva bisa diberikan pakan, dan jangan lupa untuk memperhatikan kualitas air dan pergantian air.

5. Persiapan kolam

Kolam terpal bisa dibuat dengan ukuran 2x5 meter, keringkan terlebih dahulu 1 minggu. Lalu berikan tanah dan kotoran hewan setebal 30 cm, serta pupuk kapur dan biarkan 3 hari. Ini untuk membentuk makanan alami ikan, dan isi air setinggi 50-100 cm selama 1 minggu dengan membiarkan air tenang dan tidak dialirkan.

6. Penebaran bibit gabus

Cara budidaya ikan gabus di kolam terpal selanjutnya adalah dengan menebarkan benih yang telah berumur 2 minggu. Beri pakan terlebih dahulu sebelum disebar ke kolam terpal.

7. Pemberian pakan

Pastikan Anda memberi pakan pada ikan gabus, karena sifat alami ikan gabus adalah kanibal. Anda bisa memberikan ikan teri, rayap atau sisa daging ampas dapur.

8. Panen

Terakhir adalah proses panen ikan gabus yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Karna ikan gabus merupakan salah satu ikan dengan daya tahan tinggi.

Demikianlah cara budidaya ikan gabus di kolam terpal yang akan memberikan Anda banyak keuntungan. Selamat mencoba.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory