11 Maret 2016

Cara Budidaya Semut Kroto Sukses dengan Paralon

Cara Budidaya Semut Kroto Sukses dengan Paralon - “Budidaya semut kroto”, mungkin Anda akan sedikit merinding jika membayangkan semut kroto yang bergerombol dan berjumlah puluhan ribu. Atau apakah Anda belum pernah melihat semut kroto sebelumnya? Sebelum membahas lebih jauh tentang cara budidaya semut kroto, ada baiknya jika kita mengenal lebih dekat terlebih dahulu jenis semut yang satu ini. Semut kroto merupakan semut yang berukuran besar (lebih besar dari semut pada umumnya) dan berwarna merah. Semut kroto atau juga bisa disebut dengan sebutan semut rangrang ini memiliki bau yang khas.

cara budidaya semut kroto rumahan,cara budidaya semut kroto di rumah,budidaya semut kroto tanpa ratu,cara budidaya semut kroto tanpa pohon,cara budidaya semut kroto media toples,
Baca juga: Cara Budidaya Semut Rangrang Media Toples Cocok Untuk Pemula
Cara budidaya semut kroto ini semakin dikembangkan seiring dengan permintaan pasar yang semakin meningkat. Budidaya semut kroto bahkan dianggap sebagai sebuah usaha yang cukup menjanjikan dengan keuntungan yang menggiurkan. Untuk keperluan usaha, Anda dapat menerapkan metode ternak modern. Dalam metode ini banyak orang yang menggunakan media toples. Namun, ternyata budidaya kroto toples ini hasilnya kurang menjanjikan.

Cara budidaya semut kroto dengan metode ternak modern sebaiknya menggunakan media paralon atau PVC. Mengapa menggunakan paralon? Hal ini karena proses budidaya dengan paralon dianggap lebih mudah. Anda hanya perlu memotong pipa dengan ukuran sesuai yang Anda perlukan. Selain itu, Anda juga tidak perlu membuat lubang-lubang seperti yang harus Anda lakukan juga Anda membudidayakan semut kroto dengan menggunakan toples.

cara budidaya semut kroto rumahan,cara budidaya semut kroto di rumah,budidaya semut kroto tanpa ratu,cara budidaya semut kroto tanpa pohon,cara budidaya semut kroto media toples,

Lalu, bagaimana cara budidaya semut kroto dengan menggunakan media paralon (PVC)? Di bawah ini Anda akan melihat beberapa langkah mudah cara budidaya semut kroto rumahan menggunakan paralon.

Langkah Persiapan Dalam Beternak Semut Kroto

1. Pertama-tama yang harus Anda lakukan dalam cara budidaya semut kroto adalah menyiapkan rak dan menatanya dengan baik. Anda harus memastikan untuk memberi jarak antar rak dan jangan sampai rak-rak tersebut saling bersinggungan.

2. Kemudian, masukkan kaki-kaki rak ke dalam piring plastik atau kaleng-kaleng kecil yang telah diisi oli atau air.

3. Cara budidaya semut kroto selanjutnya adalah memotong paralon bisa juga tukar pakai "toples" menjadi beberapa bagian dengan ukuran tertentu. Kemudian tata paralon tersebut di atas rak flock dengan susunan yang rapi. Panjang paralon harus sama dengan panjang rak.

4. Setelah itu, masukkan beberapa daun segar (makanan untuk semut kroto) ke dalam masing-masing lubang paralon. 

5. Langkah terakhir cara budidaya semut kroto, Anda harus menebarkan bibit semut kroto di atas rak tersebut. Semut-semut tersebut nantinya akan tertarik dengan daun segar dan masuk ke dalam paralon.

Demikianlah beberapa langkah dalam cara budidaya semut kroto dengan menggunakan paralon. Cara ini dianggap lebih efektif dengan cara-cara yang lain. Meski demikian, Anda harus tetap konsisten dalam merawat semut-semut kroto tersebut. Dengan demikian, mereka dapat berkembangbiak dengan baik dan pada akhirnya akan memberikan keuntungan yang besar bagi Anda.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory