24 Februari 2016

Cara Menanam Cabe Dari Biji dengan Lahan yang Sempit

Cara Menanam Cabe Dari Biji dengan Lahan yang Sempit - Banyak orang yang beranggapan bahwa menanam cabe harus menyediakan lahan yang banyak. Anggapan ini kurang tepat karena sekarang ini Anda bisa menanam biji cabe dengan lahan yang sempit. Cara menanam cabe dari biji tidak membutuhkan lahan yang luas, karena pekarangan rumah yang sempit pun bisa digunakan. Yang terpenting Anda mengetahui bagaimana cara menanam biji cabe yang benar agar cabe bisa tumbuh dengan cepat dan menghasilkan cabe yang berkualitas.

cara menanam biji cabe agar cepat tumbuh,cara menanam biji cabe yang benar,cara menanam biji cabe di kapas,cara menanam cabe rawit,cara menanam biji cabe rainbow,cara menanam cabe merah,
Baca juga: 4 Cara Menanam Cabe Merah Besar Mudah dan Hasil Berkualitas

Cara menanam cabe dari biji yang paling utama adalah menyiapkan biji cabe yang akan ditanam. Menyiapkan biji cabe untuk ditanam tidaklah terlalu sulit, yang terpenting biji yang digunakan adalah biji yang berkualitas. Pilihlah biji cabe dari cabe yang pedas dan berkualitas, usahakan ukuran cabe yang akan diambil bijinya seragam. Keluarkanlah biji cabe dari dagingnya kemudian cuci sampai benar-benar bersih. Rendamlah biji cabe dalam air beberapa saat, kemudian pilih biji yang tenggelam saja. Karena biji cabe yang tenggelam kualitasnya lebih bagus.

Cara menanam cabe dari biji pada tahap penyiapan biji cabe ini belum selesai. Setelah biji direndam beberapa saat, jemurlah biji cabe ini sampai kering. Dalam menjemur cukup diangin-anginkan saja di dalam rumah. Setelah kering, tebarlah benih atau biji cabe ini dalam pot yang sebelumnya sudah diberi tanah yang gembur. Cara menanam biji cabe agar cepat tumbuh di dalam pot sebaiknya selalu jaga kelembaban tanah, jangan sampai tanah dalam pot kering. Jika Anda menanam dalam jumlah banyak, bisa dibagi menjadi beberapa pot.

cara menanam biji cabe agar cepat tumbuh,cara menanam biji cabe yang benar,cara menanam biji cabe di kapas,cara menanam cabe rawit,cara menanam biji cabe rainbow,cara menanam cabe merah,

Terkadang cara menanam cabe dari biji menggunakan media pot dan tanah kurang berhasil. Anda bisa menggunakan media tisu dan air untuk menyiapkan bibit cabe yang berkualitas. 

Berikut Cara Menanam Cabe Dari Biji Menggunakan Media Tisu dan Air

1. Basahilah beberapa lembar kertas tisu dengan menggunakan air. Kemudian tebarkan benih cabe diatasnya. Tutupi lagi dengan menggunakan tisu dan kemudian basahi lagi. Cara menanam cabe dari biji cukup praktis, setelah biji disebar pada tisu simpanlah tisu pada box plastik yang tertutup rapat. Setelah berkecambah, pindahkanlah secara hati-hati.

2. Jika tidak ada tisu, maka Anda bisa menanam biji cabe diatas kapas. Cara menanam cabe dari biji menggunakan kapas adalah sama halnydengan menggunakan tisu. Letakkanlah kapas pada sebuah wadah kemudian basahi dengan air. Setelah itu, tebarkan biji cabe dan tutup wadah dengan plastis. Masukkanlah wadah ke dalam kulkas lalu tunggu cabe berkecambah. 

Setelah bibit cabe tumbuh kira-kira 5 sampai 10 cm, pindahkanlah bibit cabe ini ke lahan tanam. Gemburkanlah tanah yang akan ditanami bibit cabe. Jika termasuk tanah yang kering, sebaiknya campur dengan pupuk kandang. Cara menanam cabe dari biji setelah bibitnya jadi tinggal dipindahkan saja pada lahan lalu lakukan perawatan secara rutin setiap hari. Perawatan yang dilakukan cukup dengan menyiraminya saja dua kali sehari.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory