11 Maret 2016

Cara Budidaya Rumput Laut Dengan 4 Tahapan Mudah

Cara Budidaya Rumput Laut - Rumput laut telah kita kenal sebagai bahan makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan yang terdapat di dalam rumput laut membuat jenis tanaman laut ini semakin populer di kalangan masyarakat. Selain sebagai bahan makanan, rumput laut ternyata juga memiliki manfaat sebagai bahan kerajinan. Hal ini membuat nilai ekspor tanaman ini semakin meningkat tajam seiring berjalannya waktu. Cara budidaya rumput laut pun semakin gencar disosialisasikan kepada masyarakat.

cara budidaya rumput laut di air tawar,cara budidaya rumput laut di tambak,cara budidaya rumput laut di empang,artikel budidaya rumput laut,cara budidaya rumput laut yang baik,
Baca juga: Cara Budidaya Seledri dengan Memanfaatkan Polybag
Bagi sebagian masyarakat, cara budidaya rumput laut masih menjadi sesuatu yang awam atau belum mereka ketahui dengan jelas. Bahkan ada banyak masyarakat di sekitar pantai yang masih belum bisa memanfaatkan sumber daya alamnya tersebut untuk melakukan pembudidayaan rumput laut. Hal ini tentu sangat mubazir. Untuk itu, kita perlu mengetahui cara-cara untuk membudidayakan rumput laut. Pada dasarnya ada 3 metode yang digunakan untuk melakukan budidaya rumput laut, yaitu metode rakit apung, lepas dasar, dan long line.

Cara Budidaya Rumput Laut Dapat Dikategorikan ke Dalam Beberapa Tahap

1. Tahap peletakan dan pengikatan rumput laut
Tahap pertama dalam cara budidaya rumput laut adalah tahap peletakan dan pengikatan. Pada tahap ini Anda akan mulai meletakkan bibit di tempat yang telah disediakan. Tentu saja tempatnya tersebut di pantai. Anda harus menentukan jumlah tertentu sesuai dengan lokasi yang ingin Anda gunakan. Cara budidaya rumput laut ini sangat menentukan keberhasilan budidaya Anda.

cara budidaya rumput laut di air tawar,cara budidaya rumput laut di tambak,cara budidaya rumput laut di empang,artikel budidaya rumput laut,cara budidaya rumput laut yang baik,

2. Tahap perawatan
Tahap selanjutnya dalam cara budidaya rumput laut adalah tahap perawatan. Anda harus merawat lokasi penanaman serta merawat rumput laut itu sendiri. Cara merawat rumput laut adalah dengan membersihkan tanaman-tanaman pengganggu di sekitar rumput laut. Selain itu, Anda juga harus memeriksa tali gantungan. Anda harus memastikan agar tali tersebut tetap kuat dan tidak putus.
3. Tahap pemanenan
Cara budidaya rumput laut tahap berikutnya adalah tahap pemanenan. Proses pemanenan dilakukan setelah rumput laut berusia 25 hingga 35 hari. Bagaimana cara memanen rumput laut? Caranya adalah dengan melakukan pengangkatan seluruh rumput laun dan tali gantungannya. Kemudian, Anda harus melepaskan rumput laut dari tali tersebut.
4. Tahap pengeringan
Langkah terakhir cara budidaya rumput laut adalah tahap pengeringan. Untuk mengeringkan rumput laut, Anda harus menjemurnya dibawah sinar matahari. Jika ada kotoran yang menempel pada rumput laut, seperti sampah, batu, dan lain sebagainya, Anda harus menyingkirkannya. Biasanya penjemuran ini dilakukan dalam waktu 3 hingga 4 haru sampai rumput laut berwarna ungu keputih-putihanan.

Demikianlah beberapa tahap dalam cara budidaya rumput laut. Jika informasi ini belum cukup bagi Anda. Anda dapat membaca artikel budidaya rumput laut untuk menambah referensi yang tentu akan semakin meningkatkan pengetahuan Anda dalam hal budidaya rumput laut.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory