8 Maret 2016

Cara Budidaya Belut Tanpa Lumpur

Mudahnya Cara Budidaya Belut Tanpa Lumpur - Belut merupakan salah satu hewan budidaya yang dibudidayakan dengan lumpur. Namun kini sudah ada cara budidaya belut tanpa lumpur. Seperti kita tahu, belut adalah hewan yang mirip dengan ular yang sama mempunyai tubuh licin. Pada dasarnya habitat belut adalah hidup di lingkungan lumpur, sebab belut harus mengubur badannya dalam lumpur. Karena kini cara budidaya belut tanpa lumpur banyak dikembangkan, membuat budidaya belut ini lebih efisien dalam segi biaya dan material. Budidaya belum tanpa di lumpur tersebut yaitu dengan menggunakan air atau budidaya belut yang dilakukan di dalam drum.

harga budidaya belut tanpa lumpur,cara budidaya belut dengan terpal,cara ternak belut di air bersih,ternak belut tanpa lumpur,budidaya belut air bersih,cara pembibitan belut air bersih,
Baca juga: Teknik Modern Cara Budidaya Cacing Sutra Dengan Nampan

Budidaya belut di air bening merupakan teknik budidaya terbaru yang pertama kalinya dikembangkan oleh penelitian di Jepang. Belut dapat hidup serta dibesarkan di dalam air yang bersih, namun harus tetap menggunakan lumpur untuk melakukan reproduksi yang alami. Bagi Anda yang berminat membudidayakan belut tanpa menggunakan lumpur.

Berikut Cara Budidaya Belut Tanpa Lumpur

1. Menyiapkan kolam
Budidaya belut dapat dilakukan di dalam kolam semi permanen maupun kolam permanen. Kolam semi permanen misalnya cara budidaya belut menggunakan terpal, drum, tong dan jaring. Sedangkan kolam permanen adalah kolam sawah dan kolam tembok. Menggunakan kolam tembok merupakan salah satu cara budidaya belut tanpa lumpur yang efektif karena kolam tembok lebih kuat dan tahan hingga 5 tahun. Ketinggian kolam belut dapat mencapai 1 hingga 1.25 m, dengan lubang pengeluaran dibuat menggunakan pipa untuk memudahkan pergantian medianya.

harga budidaya belut tanpa lumpur,cara budidaya belut dengan terpal,cara ternak belut di air bersih,ternak belut tanpa lumpur,budidaya belut air bersih,cara pembibitan belut air bersih,

2. Pemilihan bibit belut yang baik
Bibit belut yang baik bisa didapat dari hasil budidaya atau tangkapan dan keduanya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Cara budidaya belut tanpa lumpur ini harus memilih bibit yang terbaik, cara mengetahui kriteria bibit belut terbaik yaitu:
• Ukurannya seragam
• Gerakannya lincah dan aktif atau tidak loyo
• Bebas dari berbagai macam penyakit
• Tidak memiliki cacat
Cara budidaya belut tanpa lumpur ini panjangnya bisa mencapai 10 sampai 12 cm. Namun bibit belut dengan ukuran segitu harus melalui pemeliharaan 3 hingga 4 bulan dan siap untuk dimasak.

harga budidaya belut tanpa lumpur,cara budidaya belut dengan terpal,cara ternak belut di air bersih,ternak belut tanpa lumpur,budidaya belut air bersih,cara pembibitan belut air bersih,

3. Pemberian pakan
Belut adalah hewan yang sangat rakus, terlambat ketika memberikan pakan dapat membuat belut menjadi kanibal. Sebaiknya takaran pakan harus disamakan dengan jumlah dan berat di dalam populasi belut dalam kolam. Pada umumnya, pakan untuk belut sekitar 5 hingga 20 persen dari berat tubuhnya setiap harinya. Cara budidaya belut tanpa lumpur dalam aspek segi makan lebih mudah karena bisa memberikan belut pakan yang mati atau pakan yang masih hidup. Pakan yang masih hidup berupa larva, cacing, kutu air, larva serangga dan lainnya. Sedangkan untuk belut dewasa diberi makan yuyu, belalang dan keong.

Frekuensi pakan dalam cara budidaya belut tanpa lumpur bisa diberikan 3 hari sekali. Jika budidaya belut ini dikembangkan secara terus menerus maka hasilnya akan memuaskan dan bahan omsetnya perbulan bisa mencapai puluhan juta. Selamat mencoba dan jangan lupa membaca ternak belut tanpa lumpur.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory