20 Februari 2016

3 Metode Cara Budidaya Sirih Merah

Cara budidaya sirih merah dengan baik - Sirih merah merupakan salah satu jenis tanaman obat yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Di samping itu, daun sirih merah sendiri populer sebagai tanaman hias yang memiliki warna daun indah dan juga segar. Daun sirih merah ini dapat mengobati beragam penyakit di antaranya untuk mengatasi kencing manis atau diabetes. Jadi tak heran bila banyak pencinta tanaman hias yang tertarik dengan cara menanam sirih merah di samping sebagai tanaman hias juga untuk dijadikan tanaman obat.

harga budidaya sirih merah,budidaya sirih hitam,jual sirih merah,budidaya sirih merah pdf,budidaya sirih gading,budidaya sirih hijau,cara menanam sirih merah yang benar,cara menanam sirih merah dengan stek,

Baca juga: Tips Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Dengan Benar


Sebelum membahas mengenai cara budidaya sirih merah, terlebih dulu kita bahas mengenai habitat atau lingkungan hidup dari sirih merah. Tanaman daun sirih merah ini termasuk tanaman merambat dan lebih menyukai area yang teduh. Umumnya tanaman yang satu ini merambat ke pohon-pohon yang masih hidup, dengan begitu cukup ternaungi pohon tersebut sebagai tempat dirinya merambat. Dalam cara budidaya daun sirih merah ini, kebutuhan dari sinar matahari daun sirih merah yakni antara 60-70 % cahaya matahari.
Dalam cara budidaya sirih merah ini dapat dilakukan secara langsung di media tanah maupun dapat memanfaatkan media polybag atau media pot. Hal ini tergantung dari selera serta kondisi lingkungan di sekitar.

Ada Beberapa Pilihan Cara Budidaya Tanaman Sirih Merah Yang Bisa Dilakukan

1. Menanam Tanaman Sirih Merah Melalui Merunduk

Umumnya cara budidaya sirih merah melalui cara merunduk ini dilakukan pemotongan sesudah akar tumbuh. Anda harus memilih bagian batang sirih panjang, lalu diletakkan pada media tanah maupun media lainnya yang sudah disiapkan. Sesudah beberapa minggu sendiri, akar pun akan tumbuh dengan batang sirih yang siap dipotong.

harga budidaya sirih merah,budidaya sirih hitam,jual sirih merah,budidaya sirih merah pdf,budidaya sirih gading,budidaya sirih hijau,cara menanam sirih merah yang benar,cara menanam sirih merah dengan stek,

2. Menanam Tanaman Sirih Merah Melalui Stek Air

Cara budidaya sirih merah melalui stek air ini merupakan cara yang paling mudah untuk di lakukan. Pada proses penanaman yang satu ini, Anda cukup memotong bagian batang sirih lalu batangnya direndam pada air hingga akarnya keluar. Namun cukup bagian batang saja direndam, tidak pada daun sirihnya. Lalu Anda dapat memasukkannya pada botol bekas dari air mineral.

3. Menanam Tanaman Sirih Merah Melalui Stek Biasa

Cara budidaya sirih merah dengan stek biasa ini yaitu dengan memilih batang dari sirih merah tua, lalu potong sekitar 2 ruas, namun jangan asal ketika memotongnya pastikan batang yang tengah dipilih telah mempunyai 2-3 lembar daun. Kemudian rendam batang yang sudah dipotong pada air sekitar 15 menit, masukkan stek ke media tanam, dan letakkan stek pada area yang teduh.

Itulah 3 cara budidaya sirih merah yang tepat yang bisa Anda pilih berdasarkan keinginan Anda. Dengan memilih budidaya yang tepat, tentunya membuat tanaman sirih merah pun lebih lebat dan lebih indah terlihat. Tanaman sirih merah bisa Anda jadikan sebagai tanaman hias sekaligus tanaman obat.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory