16 Februari 2016

Cara Budidaya Gurame Yang Menggiurkan

Cara Budidaya Gurame Yang Menggiurkan - Apakah Anda penggemar ikan gurame? Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan tawar yang sangat mudah didapatkan dan mendapat permintaan pasar yang cukup besar. Bagi Anda yang ingin membudidayakan gurame namun tidak memiliki cukup lahan, Anda bisa menggunakan cara budidaya gurame dengan lahan sempit. Cara budidaya ikan gurame ini hanya memerlukan terpal dan beton yang bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin membudidayakan ikan yang lezat ini. cara budidaya gurame sangat mudah loh, kali ini kami akan memberikan Anda beberapa tips pembudidayaan dan perawatan ikan gurame.

cara budidaya ikan gurame agar cepat besar,cara budidaya ikan gurame di kolam tembok,cara budidaya gurame di kolam tanah,cara budidaya gurame organik,cara budidaya gurame di kolam terpal,

Baca juga: Cara Budidaya Entok Pedaging yang Baik

Kolam terpal dan beton adalah solusi bagi Anda yang ingin mengembangkan ikan gurame namun terhalang lahan yang tidak terlalu besar. Cara budidaya ikan gurame dengan terpal memerlukan modal yang tidak begitu banyak, sehingga Anda akan memiliki keuntungan dalam merawat ikan gurame. Berikut cara budidaya gurame yang bisa Anda praktikkan dengan menggunakan terpal.

Persiapan Dalam Budidaya Media Terpal

1. Persiapan kolam ikan gurame

Pertama sekali yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan kolam untuk ikan gurame. Cara budidaya gurame dengan terpal berarti Anda mempersiapkan kolam yang terbuat dari terpal. Anda bisa menggunakan cara menggali tanah dan melapisinya dengan terpal, atau membuat kolam dari terpal dan menyangganya dengan beberapa tiang penyangga sehingga menyerupai kolam atau bak.

2. Perawatan kolam

Sebelum ikan dimasukkan ke dalam kolam, sebaiknya kolam dipelihara agar selalu bersih agar ikan tidak terjangkit penyakit. Cara budidaya gurame dengan merawat kolam adalah memperhatikan kondisi air pada kolam dengan membuang kotoran secara teratur dan memperhatikan kondisi pH air.

cara budidaya ikan gurame agar cepat besar,cara budidaya ikan gurame di kolam tembok,cara budidaya gurame di kolam tanah,cara budidaya gurame organik,cara budidaya gurame di kolam terpal,

3. Pemilihan bibit

Selanjutnya adalah pemilihan bibit. Cara budidaya gurame sebaiknya menggunakan bibit yang terbaik dengan ukuran ikan gurame sebesar 3 jari agar kemungkinan hidup ikan gurame lebih lama dan bisa beradaptasi dengan baik dengan air di kolam terpal. Selain itu, Anda akan tidak begitu lama menunggu masa panen ikan gurame jika memilih bibit yang sedikit besar.

4. Pendedaran ikan gurame

Cara budidaya gurame selanjutnya adalah dengan memindahkan ikan gurame ke kolam terpal yang telah higienis dan bebas bahan kimia, karena sebelumnya air kolam telah ditaburi dengan garam dan dibersihkan kembali. Sebaiknya Anda memastikan ikan gurame tidak memiliki bibit penyakit sebelum dilepas di kolam terpal.

5. Pemberian pakan

Dalam memberikan pakan diberikan dalam 3 tahap yaitu tahap pembibitan, pakan pemacu pertumbuhan dan pakan gurame indukan. Untuk bibit ikan gurame sebaiknya diberikan pakan berupa pellet kecil dan diselingi dengan cacing darah agar ikan tumbuh besar. Untuk ikan dewasa diberikan pellet serta daun keladi segar, bisa juga sayuran hijau lainnya berupa daun kangkung, kubis, selada dan lainnya. Berikan pakan 2 kali sehari.

6. Tahap panen

Ikan gurame akan masuk masa panen dalam waktu 7 sampai 8 bulan. Untuk berat ideal panen adalah sekitar 1 kg rata-rata. Setiap 1000 bibit ikan, Anda akan mendapatkan panen ikan sekitar 2 kwintal ikan gurame.

Demikianlah cara budidaya gurame dengan menggunakan terpal yang bisa Anda praktikkan. Selamat mencoba.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory