27 Maret 2016

Teknik dan Cara Menanam Cabe Rawit Hidroponik dengan Sabut Kelapa

Teknik dan Cara Menanam Cabe Rawit Hidroponik dengan Sabut Kelapa - Cara menanam cabe rawit hidroponik tidak jauh berbeda dengan cara menanam tanaman sayuran lainnya. Hidroponik sendiri merupakan salah satu teknik menanam sayuran yang paling mudah tanpa media tanah. Sekarang ini sudah ada banyak alat hidroponik yang dikembangkan di Indonesia. Pada intinya, menanam secara hidroponik adalah menanam sayuran dengan menggunakan media selain tanah. Ada banyak media selain tanah yang bisa digunakan untuk menanam secara hidroponik, misalnya saja sabut kelapa. Sabut kelapa ini merupakan salah satu media hidroponik yang terbaik untuk menanam cabe.

cara menanam cabe rawit halaman rumah,cara menanam cabe rawit dari biji,cara menanam cabe rawit di polybag,cara menanam cabe rawit secara organik,cara menanam cabe hidroponik dalam botol,
Baca juga: Proses Dalam Cara Budidaya Tanaman Anggrek
Pada kesempatan ini akan diberikan bagaimana cara menanam cabe rawit dari biji dengan teknik hidroponik menggunakan media sabut kelapa. Cara menanam cabe rawit hidroponik dengan menggunakan sabut kelapa dimulai dari pembibitannya. Pembibitan dilakukan langsung dengan menggunakan sabut kelapa. 

Adapun Cara Pembibitannya


1. Siapkan media untuk pembibitan terlebih dahulu. Media yang digunakan adalah baki dan sabut kelapa. Baki yang sudah disiapkan dipenuhi dengan sabut kelapa kemudian disiram air agar basah. Setelah itu tebarlah biji cabe rawit pada media sabut kelapa yang basah tersebut. Sebelum ditebar di atas media biji harus direndam terlebih dahulu selama 4 jam.

2. Lama pembibitan ini bisa sekitar 1 sampai 2 minggu. Jika biji cabe yang ditebar sudah berkecambah dengan tinggi sekitar 10 cm, maka bibit cabe siap untuk dipindahkan.

Jika bibit cabe rawit sudah didapatkan, maka langkah selanjutnya dalam cara menanam cabe rawit hidroponik media sabut kelapa adalah memindahkan bibit ke polybag. Cara menanam cabe rawit di polybag menggunakan teknik hidroponik tidak jauh berbeda dengan menanam cabe rawit dalam polybag menggunakan media tanah. 

Berikut Ini Langkah Langkah Dalam Melakukan Penanaman Cabe Rawit Menggunakan Sabut Kelapa

1. Langkah pertama cara menanam cabe rawit hidroponik dengan sabut kelapa untuk proses penanaman adalah menyiapkan polybag atau pot dengan ukuran sedang. Lubangi bagian bawah pot atau polybag kemudian letakkan sabut kelapa di dalamnya. Atur sedemikian rupa agar rapi dan tidak terlalu penuh.

2. Langkah selanjutnya cara menanam cabe rawit hidroponik adalah meletakkan bibit cabe yang sudah jadi pada polybag atau pot. Letakkan bersama akar yang menempel dengan sabut kelapa pada saat pembibitan.
3. Cara menanam cabe rawit hidroponik dengan sabut kelapa yang terakhir adalah menyiramnya dengan air yang dicampur dengan pupuk.

Cabe rawit yang sudah ditanam ini harus dirawat dengan baik. Kunci cara menanam cabe rawit hidroponik menggunakan sabut kelapa adalah memberi nutrisi yang cukup pada tanaman cabe agar tanaman tumbuh dengan subur. Pemberian nutrisi ini bisa melalui penyiraman dan pemupukan. Untuk pemupukan dan penyiraman pada tanaman hidroponik menggunakan sabut kelapa dilakukan secara bersamaan. Caranya yaitu dengan mencampur pupuk dengan air. Campurkanlah satu sendok makan pupuk dengan 1 liter air. Penyiraman dan pemupukan ini dilakukan dengan cara menyemprotkannya pada media sabut kelapa.

cara menanam cabe rawit halaman rumah,cara menanam cabe rawit dari biji,cara menanam cabe rawit di polybag,cara menanam cabe rawit secara organik,cara menanam cabe hidroponik dalam botol,


Agar cabe bisa tumbuh subur maka cara menanam cabe rawit hidroponik dengan sabut kelapa ini harus dilakukan dengan tepat. Perawatan setelah tanaman cabe juga harus dilakukan, tidak hanya menyiraminya saja tapi juga menghalau hama yang bisa menyerang cabe. Tanaman cabe sangat rentang terhadap hama, oleh karena itu harus dirawat dengan benar agar menghasilkan cabe yang berkualitas dan jumlahnya banyak
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory