28 Maret 2016

Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik Tanpa Pestisida

Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik Tanpa Pestisida - Cara menanam cabe rawit secara organik tanpa menggunakan pestisida merupakan salah satu cara menanam cabe rawit yang berkualitas dan mudah. Jenis cabe rawit yang ditanam secara organik biasanya lebih mahal harganya. Hal ini dikarenakan cabe organik tidak mengandung pestisida dan cara perawatannya lebih sulit. Menanam cabe rawit secara organik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara menanam cabe rawit pada umumnya, hanya saja tidak menggunakan pestisida dalam mengusir hama.

cara menanam cabe rawit hidroponik,cara menanam cabe rawit yang baik,cara menanam cabe rawit dari biji,cara menanam cabe rawit halaman rumah,budidaya cabe rawit dalam polybag,
Baca juga: Tips Cara Menanam Hidroponik untuk Pemula dengan Sistem Wick
Cara menanam cabe rawit yang baik secara organik bisa dilakukan di lahan pertanian ataupun dalam pot. Teknik dan cara menanam cabe rawit secara organik baik di lahan maupun di pot sama saja, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyemai atau membuat bibit. Bibit dari cabe rawit ini bisa dibeli di toko-toko pertanian yang menyediakan bibit tanaman. Namun tentu saja harga dari bibit rawit ini tidaklah murah. Jika Anda memang ingin menanam cabe rawit dalam jumlah banyak disarankan untuk menyemai sendiri. Cara menanam cabe rawit secara organik ini sering disebut dengan menanam cabe rawit dari biji.

Cara menanam cabe rawit dari biji dimulai dari pemilihan biji cabe untuk disemai. Pilihlah biji cabe rawit yang berkualitas tinggi sehingga hasilnya juga akan bagus. Sebelum disemai, biji-biji cabe rawit ini direndam terlebih dahulu dengan menggunakan air panas sampai air panasnya dingin. Ambil biji yang tenggelam saja, karena biji yang tenggelam adalah biji yang terbaik dan sudah pasti akan tumbuh. Cara menanam cabe rawit secara organik dalam proses pembibitan ini cukup lama, karena biji cabe harus disemai selama kurang lebih 1 sampai 2 minggu sampai tunas tumbuh.
Artikel terkait: cara menanam cabe hidroponik

Setelah tumbuh tunasnya cara menanam cabe rawit secara organik yang selanjutnya adalah menunggu sampai tanaman cabe mempunyai daun minimal empat. Jika sudah tumbuh daun minimal 4 helai maka tanaman cabe rawit siap untuk dipindahkan ke lahan maupun ke pot. Cara menanam cabe rawit secara organik dalam proses pemindahannya dilakukan ketika masih pagi atau matahari belum terlalu terik. Waktu seperti inilah waktu yang tepat untuk memindahkan bibit cabe.

cara menanam cabe rawit hidroponik,cara menanam cabe rawit yang baik,cara menanam cabe rawit dari biji,cara menanam cabe rawit halaman rumah,budidaya cabe rawit dalam polybag,

Bibit cabe yang sudah dipindahkan ke lahan atau ke pot harus dirawat dengan benar. Walaupun proses cara menanam cabe rawit secara organik sudah benar dari mulai pembibitan sampai penanaman tapi jika tidak dirawat maka cabe rawit akan gagal panen. Tanaman cabe rawit ini sangat rentan terhadap hama, jadi harus dirawat dengan benar agar bisa panen sempurna. Perawatan harus dilakukan setiap hari dari mulai penyiraman, pemupukan, dan membasmi hama yang menyerang. Karena cara menanam yang digunakan adalah cara menanam cabe rawit secara organik maka pembasmian hama juga harus secara organik. Hindari untuk menggunakan pestisida dalam mengusir hama.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory