29 Maret 2016

Inilah Cara Menanam Tanaman Hidroponik Cabe dengan Mudah

Cara Menanam Tanaman Hidroponik Cabe dengan Mudah - Cabai merupakan salah satu bumbu masak yang sangat vital karena jika terbiasa memasak tanpa cabai seperti ada yang kurang. Terlebih kadang kala lonjakan harga terjadi begitu saja, apalagi cabai. Nah, akan lebih baik jika Anda memiliki pohon cabai sendiri dan menggunakannya dengan bebas. Selain itu, budidaya cabai pun sangar menguntungkan. Sayangnya terkadang budidaya cabe sering mendapat masalah terkait cuaca yang tidak menentu. Oleh karena itu, sekarang ini dikembangkan cara menanam tanaman hidroponik cabe. 

resep menanam cabe hidroponik,artikel cara menanam tanaman hidroponik,hidroponik cabe sederhana,cara menanam cabe rawit hidroponik,
Baca juga: Cara Menanam Jahe Gajah Dalam Polybag Agar Lekas Berisi
Memang cabai bukan komoditas ekspor yang harus dikembangkan dengan sempurna. Namun begitu, cabe yang dihasilkan dari resep menanam cabe hidroponik ini lebih baik kualitasnya. Nah, berikut ini kami rangkumkan cara bercocok tanam cabe hidroponik.
1. Persiapan wadah media tanam
Langkah atau cara menanam tanaman hidroponik cabe yang pertama adalah menyiapkan media tanam. Media ini dapat berupa polybag, plastik bekas, ember bekas, kaleng dan sebagainya. Tempat ini akan digunakan sebagai wadah untuk media tanam yang akan dibuat nanti.
2. Siapkan media
Siapkan sabut kelapa yang benar-benar kering kemudian potong atau hancurkan menjadi kecil-kecil, sekitar ½ cm. Serabut kelapa tersebut berfungsi sebagai penyimpan unsur hara dan air yang dibutuhkan tanaman hidroponik. Siapkan pula sekam atau serbuk gergaji dan fungsinya pun sama dengan sabut kelapa.
3. Ganti tanah dengan pasir atau kerikil
Serta tidak lupa dari cara menanam tanaman hidroponik cabe, persiapkan kerikil sebagai tempat merekatnya akar serta penopang tubuh cabe. Anda bisa juga menggunakan pasir, namun sangat disarankan kerikil saja karena dengan kerikil akar lebih leluasa mencari makanan di sekitarnya.
Adapun Cara Menanam Tanaman Hidroponik Cabe Yang Benar
1. Cara menanam tanaman hidroponik cabe yang sangat dasar adalah penyemaian. Untuk bibit cabe Anda bisa menggunakan cabe yang ada di dapur, kemudian semaikan. Cara menyemaikannya yaitu dengan cara mencampur tanah subur, kompor, dan sekam kemudian benih cabai diletakkan dengan jarak tertentu. Setelah itu sirami dan pada usia 25 hari, bibit cabai siap digunakan.

2. Cara menanam tanaman hidroponik cabe selanjutnya adalah mempersiapkan tempat. Masukkan ke dalamnya, sekam, serabut kelapa, dan kerikil (dicampur dengan perbandingan 1:1:1). Selanjutnya isi kembali dengan serabut kelapa.
3. Pada bagian paling atas letakkan kerikil untuk mengurangi penguapan.

4. Biarkan media hidroponik tersebut selama sehari semalam pada tempat yang teduh, bisa di bawah pohon atau dekat pagar.

5. Penyiraman pun tak lepas dari cara menanam tanaman hidroponik cabe. Penyiramannya menggunakan ari yang dicampur dengan ari pupuk dasar (biasanya air pupuk kompos). Siram hingga kebasahan 60 %. Untuk mengetahuinya, masukkan jari Anda ke dalamnya, apabila jari basah namun tidak meneteskan air maka kadarnya sudah 60 %.

6. Cara menanam tanaman hidroponik cabe yang terakhir adalah membiarkan pot tadi selama 3 jam dan barulah Tanami bibit cabe pada pot.

resep menanam cabe hidroponik,artikel cara menanam tanaman hidroponik,hidroponik cabe sederhana,cara menanam cabe rawit hidroponik,
Cara penanaman cabe di atas merupakan cara menanam cabe hidroponik sederhana sehingga pasti Anda bisa membuatnya. Demikian ulasan mengenai cara menanam tanaman hidroponik cabe, selamat mencoba.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory