24 Februari 2016

4 Cara Menanam Cabe Merah Besar Mudah dan Hasil Berkualitas

Cara Menanam Cabe Merah Besar Hasil Berkualitas - Cabe merah merupakan salah satu jenis komoditi sayuran yang konsumennya besar. Namun sayangnya, cara menanam cabe merah besar tidak semudah yang dibayangkan. Hal ini dikarenakan cabe merah termasuk tanaman yang mempunyai banyak hama dan rentan terhadap cuaca. Menanam cabe merah harus dilakukan dengan benar, terutama dalam hal perawatannya. Perawatan yang kurang tepat bisa menyebabkan cabe merah menjadi rusak dan gagal panen.

cara menanam cabe merah hidroponik,cara menanam cabe merah besar di polybag,Cara menanam cabe merah dari biji,cara menanam cabe merah keriting,cara menanam cabe merah organik,
Baca juga: Cara Menanam Cabe Rawit Dalam Pot Untuk Budidaya Rumahan
Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana cara menanam cabe merah besar yang mudah, tapi hasilnya berkualitas, ikutilah langkah-langkah berikut ini:
1. Pembibitan
Budi daya cabe merah keriting dan besar sama saja caranya, hanya saja bibit yang digunakan berbeda. Bibit cabe merah besar ataupun cabe merah keriting harus dipilih yang berkualitas. Cara menanam cabe merah besar sangat dipengaruhi oleh pemilihan bibitnya. Pastikan jika bibit yang dipilih berasal dari cabe merah yang berkualitas dan tidak cacat. Ciri cabe merah besar yang tidak cacat adalah bijinya banyak dan jika dimasukkan dalam air akan tenggelam. Kecacatan pada biji juga bisa dikarenakan goresan pisau pemotong. Jadi, pastikan berhati-hatilah pada saat mengambil biji cabe merah.

Biji cabe yang sudah dipilih harus dijemur terlebih dahulu di tempat yang sejuk kemudian direndam selama kurang lebih 4 jam. Cara menanam cabe merah besar dalam proses pembibitan yang selanjutnya adalah mengeringkan menanam bibit. Anda bisa menanamnya langsung di tanah ataupun dengan menggunakan media kapas atau tisu. Ketiga media penanaman bibit ini sama saja asalkan bibit disiram secara rutin sampai tumbuh kecambah. Jika kecambah sudah tumbuh maka langkah selanjutnya adalah menanam bibit.

cara menanam cabe merah hidroponik,cara menanam cabe merah besar di polybag,Cara menanam cabe merah dari biji,cara menanam cabe merah keriting,cara menanam cabe merah organik,

2. Penanaman
Langkah selanjutnya dalam cara menanam cabe merah besar yang mudah dan berkualitas adalah penanaman. Bibit yang sudah tumbuh segeralah untuk ditanam di lahan yang sudah disediakan. Sebelum ditanami, lahan harus disiapkan terlebih dahulu. Cara menyiapkan lahan untuk penanaman cabe sama dengan persiapan untuk menanam sayuran lainnya. Lahan yang akan ditanami tanahnya harus digemburkan terlebih dahulu kemudian dibuat tegalan agar mudah dalam penanaman. Lakukan penanaman bibit cabe merah di pagi hari atau pada saat cuaca masih segar dan sejuk. Hindari untuk menanam pada saat siang hari yang terik.
3. Perawatan
Jika sudah ditanam maka langkah selanjutnya dalam cara menanam cabe merah besar adalah merawatnya. Perawatan yang dilakukan cukup mudah yaitu sirami secara rutin dua hari sekali di pagi dan sore hari. Selain penyiraman, pemberian pupuk juga harus dilakukan agar cabe tumbuh subur. Jika cabe diserang oleh hama segera lakukan penanggulangan agar cabe bisa dipanen.

cara menanam cabe merah hidroponik,cara menanam cabe merah besar di polybag,Cara menanam cabe merah dari biji,cara menanam cabe merah keriting,cara menanam cabe merah organik,

4. Pemanenan
Pemanenan merupakan langkah terakhir dalam cara menanam cabe merah besar. Langkah ini bisa dilakukan jika cabe merah besar sudah matang dan siap untuk dipanen. Memanen cabe merah besar sebaiknya dilakukan di pagi hari atau sore hari ketika matahari sudah tidak terik.

Sangat mudah bukan, cara menanam cabe merah besar ini? Yang terpenting dalam penanaman cabe merah adalah perawatannya dan waktu penanaman. Hindari untuk menanam cabe merah di siang hari atau ketika matahari sudah meninggi. Selain di lahan persawahan, menanam cabe merah besar juga bisa dilakukan dengan menggunakan polybag. Budi daya cabe merah dalam polybag merupakan alternatif penanaman cabe merah untuk lahan yang sempit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 4 Cara Menanam Cabe Merah Besar Mudah dan Hasil Berkualitas