28 Maret 2016

Tips Cara Menanam Hidroponik untuk Pemula dengan Sistem Wick

Cara Menanam Hidroponik untuk Pemula dengan Sistem Wick - Cara menanam hidroponik untuk pemula dapat dimulai dari cara yang paling mudah. Cara menanam hidroponik sendiri ada banyak sekali, mulai yang paling mudah sampai yang paling canggih. Ada yang paling murah dengan menggunakan bahan-bahan bekas, ada pula yang mahal dengan menggunakan peralatan modern. Cara menanam hidroponik untuk pemula memang sebaiknya dimulai dari yang paling sederhana dulu. Jika cara yang paling sederhana berhasil maka dapat mencoba cara-cara lain yang lebih rumit dan menggunakan peralatan modern. Cara menanam hidroponik sendiri merupakan teknik penanaman yang cukup tepat guna.

cara menanam hidroponik dengan botol bekas,cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan,cara menanam hidroponik dengan media air,cara menanam hidroponik kangkung,cara menanam sayuran hidroponik,
Baca juga: Ini Dia Tips Cara Menanam Jagung Manis yang Baik dan Benar
Cara menanam hidroponik secara garis besar yaitu cara budidaya tanaman yang tidak menggunakan media tanah. Media tanah dapat diganti dengan media lain seperti kerikil, pasir, air, arang sekam dan lain sebagainya. Sementara untuk cara menanam hidroponik untuk pemula berikut ini menggunakan sistem Wick. Yaitu menggunakan barang bekas seperti botol minuman, memanfaatkan barang yang sudah tidak digunakan. Bagi Anda yang belum pernah menanam tanaman menggunakan sistem hidroponik, silakan simak mengenai cara menanam hidroponik sederhana berikut ini.

Sebagai langkah awal, Anda dapat menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan penanaman hidroponik. Diantaranya yaitu:
- Botol bekas air mineral ukuran 1,5 sampai 2 liter
- Gunting
- Solder
- Arang sekam
- Pupuk hidroponik
- Kain flanel
Itulah bahan-bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum memulai cara menanam hidroponik untuk pemula. Untuk media yang digunakan adalah arang sekam, Anda dapat membelinya atau membuatnya sendiri. Arang sekam adalah sekam yang dibakar dengan cara disangrai di atas seng. Arang sekam tersebut dapat dijadikan media tanam sebagai pengganti tanah. 

Langsung, Ini Dia Cara Menanam Hidroponik Untuk Pemula Yang Dapat Anda Simak

1. Potong botol bekas
Gunakan gunting untuk memotong botol bekas air mineral yang sudah Anda sediakan tersebut. Jangan terlalu banyak memotongnya, cukup bagian atasnya saja atau sekitar bagian tutupnya saja.
2. Buat lubang
Gunakan solder untuk melubangi botol bekas tersebut sebagai tempat pembuangan air. Namun jika tidak ada solder, Anda dapat menggantinya dengan paku atau besi yang dipanasi dengan api. Buatlah lubang cukup banyak, namun jangan berlebihan agar arang sekamnya tidak mudah jatuh.
3. Buat lubang cukup besar
Cara menanam hidroponik untuk pemula berikutnya yaitu buatlah lubang yang cukup besar pada botol bagian bawah. Selipkan kain flanel, kain flanel tersebut akan menjadi penyalur nutrisi air dari bawah botol.
4. Masukkan bibit tanaman
Masukkan arang sekam ke dalam botol bekas, rapikan dan siram dengan sedikit air. Setelah itu cara menanam hidroponik untuk pemula selanjutnya yaitu masukkan bibit tanaman. Bibit yang digunakan biasanya sudah memiliki minimal 4 daun.
5. Berikan pupuk
Jika Anda sudah memasukkan bibit tanaman, selanjutnya berikan pupuk sedikit saja.

Anda dapat mencoba cara menanam tanaman hidroponik di rumah, cara tersebut merupakan cara yang cukup sederhana. Sebagai pemula memang lebih baik jika mencoba cara yang paling sederhana terlebih dahulu. Setelah terbiasa dengan cara sederhana barulah mencoba cara yang lebih canggih. Demikian yang dapat dibagikan mengenai cara menanam hidroponik untuk pemula.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory