20 Maret 2016

Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Agar Cepat Besar Dalam Waktu Singkat

Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Agar Cepat Besar - Lele sangkuriang merupakan salah satu jenis ikan lele yang mempunyai harga jual yang tinggi. Walaupun harga jualnya tinggi tapi cara budidaya ikan lele sangkuriang ini tidak jauh berbeda dengan ikan lele jenis lainnya. Yang diperlukan hanyalah kolam dan bibit lele yang berkualitas. Ada 3 jenis kolam yang sering digunakan untuk membudidayakan ikan lele sangkuriang ini, yaitu kolam beton atau kolam semen, kolam terpal, dan kolam tanah. Ketiga jenis kolam ini bisa digunakan untuk melakukan pembudidayaan ikan lele sangkuriang.


cara budidaya ikan lele sangkuriang di kolam terpal,budidaya ikan lele sangkuriang di kolam tembok,budidaya ikan lele sangkuriang di kolam tanah,budidaya ikan lele sangkuriang di kolam beton,
Baca juga: Cara Budidaya Ikan Louhan Yang Tepat
Cara budidaya ikan lele sangkuriang paling umum dilakukan adalah dengan menggunakan kolam beton. Menggunakan kolam beton untuk budidaya ikan lele sangkuriang ini lebih efektif karena kolam tidak mudah rusak dan bisa tahan lama. Namun kelemahan kolam beton ini adalah biaya pembuatannya cukup mahal dan membutuhkan lahan yang cukup luas. Walaupun demikian, cara budidaya ikan lele sangkuriang di kolam beton ini justru yang lebih mudah dalam hal pemeliharaannya. Selain itu, kolam beton juga cukup kuat dan tidak mudah rusak walaupun terkena hujan dan panas.

Cara budidaya ikan lele sangkuriang juga bisa dengan menggunakan kolam terpal. Penggunaan terpal sebagai kolam ini sangat disarankan jika modal yang Anda punyai tidaklah mencukupi untuk membuat kolam beton. Cara budidaya ikan lele sangkuriang di kolam terpal ini tidak jauh berbeda dengan cara budidaya ikan lele sangkuriang dengan kolam beton. Hanya saja, kolam terpal sangat rentan rusak, terlebih lagi di musim penghujan. Jika dasar dari kolam terpal yang dibuat tidak kuat, maka risikonya kolam rusak dan bibit lele sangkuriang bisa mati.

cara budidaya ikan lele sangkuriang di kolam terpal,budidaya ikan lele sangkuriang di kolam tembok,budidaya ikan lele sangkuriang di kolam tanah,budidaya ikan lele sangkuriang di kolam beton,


Pemilihan kolam untuk membudidayakan lele sangkuriang ini kembali lagi pada Anda yang akan melakukan budidaya. Terlepas dari pemilihan kolam, ada 4 langkah dalam cara budidaya ikan lele sangkuriang ini yaitu: persiapan kolam, pembibitan, pemberian pakan, dan panen. Persiapan kolam dalam cara budidaya ikan lele sangkuriang ini termasuk memilih jenis kolam dan melakukan sterilisasi pada kolam. Setelah kolam siap, maka lakukanlah pembibitan. Bibit yang dipilih adalah bibit yang berkualitas tinggi agar hasilnya juga berkualitas pula. Ukuran bibit ikan lele sangkuriang yang ideal adalah sekitar 5 cm.

Bibit yang sudah disiapkan ditebar dalam kolam kemudian diberi pakan dengan pakan yang bergizi. Pakan untuk ikan lele sangkuriang sama dengan jenis ikan lele lainnya yaitu pelet khusus untuk ikan lele. Jika sudah 45 hari cara budidaya ikan lele yang terakhir harus dilakukan yaitu memanennya. Cukup simpel bukan cara budidaya ikan lele sangkuriang ini? Dibandingkan membudidayakan ikan lele jenis lainnya, akan lebih baik bagi Anda para pemula untuk membudidayakan ikan lele sangkuriang. Hal ini dikarenakan ikan lele sangkuriang mempunyai harga jual yang tinggi. Daging ikan lele jenis ini juga lebih banyak karena ukurannya yang lebih besar dibandingkan ukuran ikan lele jenis lainnya.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory