18 Februari 2016

Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Terpal untuk Pemula

Cara budidaya ikan Lele Sangkuriang di kolam terpal sedikit berbeda dengan budidaya di kolam tanah maupun kolam permanen. Hal ini disebabkan karena kolam terpal membutuhkan teknik pemasangan dan perawatan yang berbeda. Budidaya ikan Lele menggunakan kolam terpal saat ini sedang marak dilakukan oleh para peternak ikan Lele. Selain harganya yang relatif murah, proses pembuatan dan pembersihannya juga relatif mudah.

ternak lele sangkuriang kolam terpal,analisis usaha budidaya lele kolam terpal,cara budidaya lele kolam terpal lengkap,pembuatan kolam terpal ikan lele,

Baca juga: Cara Budidaya Jahe Merah Dalam Karung

Lele Sangkuriang merupakan jenis ikan Lele yang saat ini menjadi primadona para peternak ikan Lele di Indonesia. Cara budidaya ikan Lele Sangkuriang di kolam terpal yang cukup mudah, dan kualitas hasil panen yang baik membuat para peternak menyukainya. Selain itu, beberapa keunggulan yang melekat pada ikan Lele Sangkuriang juga membuat ikan ini semakin banyak diminati oleh para peternak.

Jenis Lele ini memang diketahui sebagai salah satu varietas unggul ikan Lele, bahkan lebih baik dibanding pendahulunya, yaitu Lele Dumbo. Ikan ini memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap perubahan suhu dan penyakit. Masa panen lele jenis ini juga lebih cepat. Ini tentu saja menguntungkan dalam cara budidaya ikan Lele Sangkuriang di kolam terpal yang saat ini banyak diminati oleh para peternak.

ternak lele sangkuriang kolam terpal,analisis usaha budidaya lele kolam terpal,cara budidaya lele kolam terpal lengkap,pembuatan kolam terpal ikan lele,

Potensi usaha ternak Lele ini juga sangat bagus. Saat ini permintaan terhadap ikan Lele cukup tinggi. Dengan modal yang minim, Anda sudah bisa memulai beternak ikan Lele Sangkuriang. Jika Anda melakukan cara budidaya ikan Lele Sangkuriang di kolam terpal dengan cara yang benar, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Lantas, bagaimanakah cara budidaya ikan Lele Sangkuriang di kolam terpal yang baik? Berikut akan kami sampaikan beberapa tips bagi Anda yang masih pemula. Anda bisa memulainya dengan jumlah kolam yang sedikit dahulu. Setelah Anda menguasai tekniknya dan usaha berjalan lancar, barulah memperbanyak jumlahnya.
ternak lele sangkuriang kolam terpal,analisis usaha budidaya lele kolam terpal,cara budidaya lele kolam terpal lengkap,pembuatan kolam terpal ikan lele,

Inilah Tips Memelihara Lele Sangkuriang di Kolam Terpal Bagi Pemula

1. Pembuatan Kolam

Ini merupakan tahap utama dalam cara budidaya ikan Lele Sangkuriang di kolam terpal. Bagian dalam terpal dibersihkan dengan menggunakan air dan sabun, kemudian dibilas bersih untuk menghilangkan lem dan bahan kimia lain dan dikeringkan selama 1 hari. Setelah itu, terpal dipasang di kolam, kemudian diisi air setinggi 20 cm. Biarkan kolam selama seminggu agar lumut dan plankton tumbuh di kolam. Air ditambah hingga 80 cm saat ikan mulai besar.

2. Memilih Bibit Unggul

Cara budidaya ikan Lele Sangkuriang di kolam terpal tak lepas dari proses pemilihan bibit yang unggul. Bibit Lele yang unggul ditandai dengan beberapa ciri. Di antaranya adalah bibit tersebut aktif dalam melakukan oksigenasi, gerakannya gesit dan agresif, ukurannya rata sehingga tidak ada yang kalah alam pertumbuhan, serta warnanya agak terang.

3. Pemberian Pakan

Pakan menjadi salah satu pon penting dalam cara budidaya ikan Lele Sangkuriang di kolam terpal. Pakan yang dianjurkan untuk diberikan adalah pakan pelet, sehingga Anda mudah menjaga ketersediaan pakan. Selain itu juga bisa diberikan nutrisi pendamping untuk memelihara kesehatan ikan dan mempercepat proses tumbuh kembang ikan. Berikan pakan 3-4 kali sehari namun jangan berlebihan.

Demikianlah cara budidaya ikan Lele Sangkuriang di kolam terpal bagi pemula. Anda bisa mempelajari teknik lebih lanjut seiring berjalannya usaha. Karena praktek di lapangan jauh lebih mengasah kepekaan Anda. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Terpal untuk Pemula