19 Februari 2016

Tahapan Cara Budidaya Lele Sangkuriang Hingga Pemanenan

Cara budidaya lele Sangkuriang secara tepat - Beternak ikan lele sebenarnya memang sangat mudah untuk di lakukan. Disamping itu cara beternak ikan lele Sangkuriang ini pun cukup ekonomis. Akan tetapi, tak sedikit orang mengetahui bagaimana cara untuk beternak lele dengan benar agar menghasilkan produksi yang maksimal. Anda tak perlu khawatir, sebab kami akan memberikan tips dan trik untuk beternak dan budidaya ikan lele jenis Sangkuriang dengan benar.

inilah cara terhebat budidaya lele sangkuriang,cara budidaya lele sangkuriang di kolam terpal,cara budidaya lele sangkuriang clarias sp,cara budidaya lele sangkuriang bagi pemula,

Baca juga: Metode Cara Budidaya Lidah Buaya Memakai Polybag

Adapun Cara Budidaya Lele Sangkuriang yang Tepat Dapat Disimak Berikut Ini

1. Persiapan Kolam

Tahapan cara pembesaran budidaya lele Sangkuriang yang pertama meliputi tahap untuk persiapan kolam. Anda tentunya harus mempunyai konstruksi kolam dengan tepat dan baik, dengan memanfaatkan air berkualitas baik dan perawatan intensif. Umumnya pada cara budidaya lele Sangkuriang ini terdapat beberapa jenis kolam untuk digunakan sebagai media ternak dari ikan lele jenis Sangkuriang ini, diantaranya kolam permanen, kolam terpal maupun kolam tanah.

2. Persiapan Benih

Langkah cara budidaya lele Sangkuriang selanjutnya adalah mempersiapkan dan memilih benih ternak lele yang berkualitas agar hasil panennya pun optimal. Dalam hal ini, sebaiknya Anda memilih jenis benih ikan lele berkualitas tinggi. Caranya yaitu dengan memastikan bahwa ikan lele yang Anda pilih sehat dan tidak cacat secara fisik dengan gerakan yang lincah dan warnanya yang begitu cerah. Sesudah memilih benih ikan lele, untuk penebaran benih ada beberapa hal yang perlu di lakukan.

Anda terlebih dulu melakukan sterilisasi menggunakan KM4NO4. Adapun larutan senyawa tersebut bertujuan untuk dilakukan dalam proses perendaman benih ikan lele Sangkuriang sampai 10 menit agar terbebas dari berbagai penyakit. Adapun waktu yang tepat dari tahapan cara budidaya lele Sangkuriang ini yaitu pada pagi atau sore hari saat suhu udara normal.

inilah cara terhebat budidaya lele sangkuriang,cara budidaya lele sangkuriang di kolam terpal,cara budidaya lele sangkuriang clarias sp,cara budidaya lele sangkuriang bagi pemula,

3. Pemberian Pakan Untuk Ikan Lele

Tahapan cara budidaya lele Sangkuriang selanjutnya yaitu pemberian pakan untuk ikan lele yang bertujuan mempercepat proses pada pertumbuhan ikan lele tersebut. Pakan ikan yang dianjurkan untuk jenis ikan lele Sangkuriang ini yaitu pelet. Sedangkan nutrisi tambahan ikan bisa berupa Vlterna Plus, Hormonic dan POC Nasa. Nutrisi tambahan ini mengandung gizi tinggi demi proses pertumbuhan ikan dengan cepat. Supaya kolam lebih stabil demi menjaga ekosistem dari ikan ini yaitu dengan memberikan jenis pupuk organik secara teratur seminggu sekali.

4. Pemanenan Jenis Ikan Lele Sangkuriang

Tahapan cara budidaya lele Sangkuriang terakhir adalah tahap pemanenan. Tahap pemanenan untuk jenis ikan lele Sangkuriang sendiri sebaiknya dilakukan lewat penyurutan pada air kolam. Adapun caranya yaitu dengan mempersiapkan wadah berupa bak kecil untuk dapat menampung jenis ikan lele Sangkuriang ini untuk dipanen. Umumnya budidaya ikan lele Sangkuriang ini biasanya memerlukan waktu 45-50 harian. 

Nah, itulah beberapa tahapan cara budidaya lele Sangkuriang yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan budidaya ikan lele yang tepat tentunya mempengaruhi kuantitas atau jumlah produksi ikan lele tersebut saat tiba masa pemanenan. Sehingga, ikan lele yang dihasilkan pun lebih menguntungkan.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory