22 Maret 2016

Cara Menanam Tomat di Rumah Menggunakan Pot

Cara menanam tomat di rumah menggunakan pot sangat tepat dilakukan bagi Anda yang mempunyai pekarangan rumah berukuran kecil. Namun, jika sama sekali tidak mempunyai pekarangan, maka bisa menggunakan teras sebagai tempat berteduhnya tanaman tersebut. Bagi Anda yang ingin mencoba cara membudidayakan tomat di rumah, berikut di bawah adalah tahap demi tahapnya.

cara menanam cabe,cara menanam terong,cara menanam tomat hidroponik,cara menanam tomat dari biji,cara menanam sawi,cara menanam melon,cara menanam tomat di polybag,cara menanam jagung,
Baca juga: 3 Tahapan Cara Menanam Wortel Hidroponik Dengan Benar

Langkah Penanaman Tahap Demi Tahap

1. Pemilihan biji tomat unggulan
Langkah awal cara menanam tomat di rumah adalah pemilihan biji tomat yang unggul. Biji tomat yang unggul bisa Anda dapatkan dari buah tomat yang sehat atau subur. Tomat yang sehat pada umumnya tidak cacat serta tidak pernah diserang oleh hama atau penyakit. Namun jika Anda memang kesulitan mencari biji tomat yang unggul, maka Anda bisa membelinya langsung dari petani tomat.
2. Melakukan penyemaian
Sebelum Anda menyemaikan biji tomat, terlebih dahulu bisa merendam bibit ke dalam cairan fungisida. Ini untuk memastikan bahwa hama atau penyakit yang ada pada benih hilang, kemudian baru disemai. Setelah bibit tumbuh dan berumur sekitar 10 hari, maka dapat Anda lanjutkan dengan cara menanam tomat di rumah menggunakan kantong plastik kecil. Jika sudah berumur 30 hari, maka bisa dipindahkan ke pot.
3. Pemilihan pot
Tanaman tomat dapat Anda tanam di segala jenis pot yang terbuat dari tanah liat, semen, dan polybag. Bahkan tanaman ini dapat Anda budidayakan menggunakan pot yang terbuat dari kaleng bekas. Tetapi, yang terpenting adalah pot tersebut mempunyai banyak lubang untuk memperlancar drainase dan udara. Namun, saran dari kami adalah cara menanam tomat di rumah sebaiknya menggunakan pot tanah liat.
4. Media tanam
Media tanam yang terbaik untuk cara menanam tomat di rumah, yaitu menggunakan pupuk kandang, pasir dan tanah. Ketiga media tersebut bisa Anda campur sesuai dengan kebutuhan Anda dan perbandingannya tanah harus lebih banyak dibandingkan pasir dan pupuk. Jenis pupuk yang Anda gunakan sebaiknya yang berasal dari kotoran ayam karena mudah terurai dan bercampur dengan tanah.
5. Perawatan tanaman
Cara menanam tomat di rumah juga memerlukan perawatan secara rutin. Tanaman tomat yang baru dipindahkan ke dalam pot jangan sampai terkena sinar matahari langsung. Anda bisa memindahnya ke tempat teduh, seperti teras atau pekarangan rumah yang teduh. Untuk penyiraman tanaman ini, bisa dilakukan sebanyak dua kali setiap harinya, yaitu pagi dan sore. Agar tomat tumbuh tegak, maka bisa memasang tongkat.

cara menanam cabe,cara menanam terong,cara menanam tomat hidroponik,cara menanam tomat dari biji,cara menanam sawi,cara menanam melon,cara menanam tomat di polybag,cara menanam jagung,


Selanjutnya, cara menanam tomat di rumah tak luput dari pembasmian hama. Tanaman toman merupakan jenis tumbuhan sayur yang mudah terserang hama. Karena itu, jika hama mulai muncul semprotkan sedikit cairan pestisida untuk membasminya. Sesudah itu, tinggal menunggu tanaman berbuah. Pada umumnya, tanaman tomat dapat dipanen buahnya jika umurnya mencapai 70-100 hari.

Demikianlah penjelasan kami tentang cara menanam tomat di rumah. Jika Anda mengikuti tahap demi tahap cara penanaman tomat di rumah yang kami uraikan di atas, semoga tanaman tomat yang sedang Anda rawat dapat tumbuh dengan subur. Sehingga Anda bisa merasakan panen tomat hasil tanaman sendiri. Selamat mencoba.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory