28 Maret 2016

Cara Budidaya Tanaman Tomat yang Sensitif

Cara Budidaya Tanaman Tomat yang Sensitif - Siapa yang tidak kenal tomat? Sayuran yang berbentuk bulat dan berwarna merah ini dapat kita temui di semua kota di Indonesia. Tomat yang memiliki rasa yang unik ini disukai oleh banyak orang. Bahkan banyak di antara mereka suka makan tomat mentah atau dengan membuatnya menjadi jus segar. Budidaya tanaman tomat pun semakin banyak dilakukan oleh para petani maupun para pengusaha. Tidak bisa dipungkiri bahwa cara budidaya tanaman tomat ini tidak semudah yang kita bayangkan.

cara budidaya tanaman tomat terbaru,makalah budidaya tanaman tomat,cara budidaya tanaman tomat hidroponik,cara budidaya tanaman tomat dalam polybag,artikel tentang budidaya tanaman tomat,
Baca juga: Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik Tanpa Pestisida
Perlu diketahui bahwa tomat yang memiliki nama Latin Lycopersicon esculentum L ini adalah salah satu tanaman yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika tengah. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik pada suatu daerah dengan suhu antara 20 hingga 27 derajat celcius. Cara budidaya tanaman tomat di Indonesia biasanya dilakukan oleh para masyarakat yang hidup di dataran tinggi, seperti Bogor, dan lain sebagainya.

Berbicara tentang cara budidaya tanaman tomat, Anda tidak akan lepas dari 4 tahap penanaman yang secara umum digunakan untuk membudidayakan tanaman lain. 4 tahap tersebut adalah pembibitan, penyiapan lahan atau media tanam, penanaman, dan perawatan. Namun, untuk prakteknya pasti akan berbeda antara tanaman satu dengan tanaman yang lain. Cara menanam tomat yang baik dapat Anda lihat di bawah ini.

1. Memilih benih terbaik
Pemilihan benih terbaik sangat penting untuk Anda lakukan. Pemilihan benih ini akan sangat mempengaruhi cara budidaya tanaman tomat yang Anda lakukan. Anda harus memilih benih tanaman tomat dengan jenis tertentu. Jenis tomat yang Anda pilih harus sesuai dengan kondisi alam di sekitar Anda.

2. Menyemai benih tomat sebelum ditanam
Sebelum ditanam di lahan yang luas. Anda harus menyemainya terlebih dahulu hingga tanaman tomat memiliki batang dan daun yang kuat. Cara budidaya tanaman tomat ini dapat Anda lakukan di polybag.

3. Mengolah tanah agar siap sebagai media tanam
Langkah selanjutnya, Anda harus mengolah tanah agar siap menjadi media tanam tanaman tomat. Pengolahan tanah dalam cara budidaya tanaman tomat ini dilakukan dengan membajak tanah sampai gembur dan memupuknya dengan pupuk organik.

4. Menanam benih tomat yang telah disemai
Cara budidaya tanaman tomat selanjutnya adalah menanam benih tomat yang telah disemai. Benih tomat dimasukkan pada lubang yang telah disiapkan. Lubang-lubang tersebut seharusnya berdiameter sebesar 5 hingga 7 cm.

5. Perawatan
cara budidaya tanaman tomat terbaru,makalah budidaya tanaman tomat,cara budidaya tanaman tomat hidroponik,cara budidaya tanaman tomat dalam polybag,artikel tentang budidaya tanaman tomat,

Agar budidaya tanaman tomat yang Anda lakukan berjalan dengan mulus, Anda harus merawat tanaman tomat yang telah Anda tanam. Perawatan yang seharusnya Anda lakukan adalah penyulaman, penyiangan, pemangkasan, pemupukan, pengairan, dan pemasangan lenjeran.

Demikianlah cara budidaya tanaman tomat yang sebaiknya Anda ikuti. Anda juga dapat mencoba melakukan budidaya tanaman tomat organik. Sayuran organik biasanya lebih disukai di kalangan masyarakat karena dinilai lebih sehat.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory