21 Maret 2016

Cara Menanam Anggrek Dengan Media Arang serta Kelebihan dan Kekurangannya

Cara Menanam Anggrek Dengan Media Arang - Anggrek merupakan salah satu tanaman yang memiliki keindahan yang luar biasa. Ada banyak jenis tanaman anggrek yang bisa dirawat sebagai hiasan rumah, atau memang untuk dibudidayakan agar dapat didistribusikan pada penjual bunga. Jika Anda pecinta tanaman, tidak ada salahnya merawat bunga anggrek karena budidaya bunga anggrek cukup mudah untuk dilakukan. Media tanam anggrek pun beraneka macam mulai dari sabut kelapa sampai dengan arang. Kali ini kami akan memberikan Anda tips cara menanam anggrek dengan media arang.

cara menanam anggrek dengan sabut kelapa,cara menanam anggrek dengan media arang,cara menanam anggrek dari botol,cara menanam anggrek yang benar,cara menanam anggrek hidroponik,
Baca juga: Cara Menanam Apel Dari Biji Yang Berkualitas
Budidaya bunga anggrek merupakan salah sat budidaya yang cukup mudah untuk dilakukan. Terlebih dengan cara menanam anggrek dengan media arang memberikan Anda banyak keuntungan. Karena arang akan lebih mudah menyerap kelembaban dan sangat cocok bagi anggrek yang memiliki kelembaban yang cukup tinggi. Selain itu, keuntungan lain dari cara menanam anggrek dengan media arang adalah karena proses arang melalui pembakaran dengan suhu yang tinggi, sehingga tidak perlu dilakukan proses sterilisasi dengan menggunakan fungisida. Serta media arang tidak mudah untuk ditumbuhi oleh jamur ataupun bakteri.

Namun, ada beberapa kekurangan dalam cara menanam anggrek dengan media arang yaitu akar anggrek akan lebih sulit untuk bergerak serta media arang akan menyebabkan air sukar untuk diikat. Selain itu, arang juga miskin akan unsur hara yang dibutuhkan oleh anggrek untuk tumbuh. Hanya saja, media arang akan sangat bagus jika dipergunakan sebagai media penyangga karena bentuk arang yang memiliki rongga sehingga bagus untuk drainase ataupun aerasinya. Media arang biasanya digunakan sebagai media pembudidayaan anggrek yang memiliki unsur kelembaban yang cukup tinggi. Nah, Anda penasaran bagaimana sebaiknya cara menanam anggrek dengan media arang?

cara menanam anggrek dengan sabut kelapa,cara menanam anggrek dengan media arang,cara menanam anggrek dari botol,cara menanam anggrek yang benar,cara menanam anggrek hidroponik,

Setelah mengetahui kelebihan serta kekurangan dari media tanam arang, maka selanjutnya adalah untuk kita mengetahui bagaimana cara menanam anggrek dengan media arang. Karena arang memiliki sifat yang keras dan tidak mudah dimasuki oleh air, serta dapat menghambat pergerakan akar, maka sebaiknya sebelum dijadikan sebagai media tanam, alangkah baiknya jika arang dipotong kecil terlebih dahulu. Selanjutnya cara menanam anggrek dengan media arang adalah dengan memasang tiang penyangga sampai menyentuh dasar pot, lalu Anda bisa menambahkan pecahan batu bata sampai sepertiga dari tinggi pot.

Selanjutnya dalam cara menanam anggrek dengan media arang adalah meletakkan media arang sebanyak sepertiga lagi. Lalu, Anda bisa meletakkan tanaman anggrek di atas media tanam dengan mengatur letak akar dengan merata dan menyebar. Kemudian ikatlah batang anggrek pada tiang penyangga agar anggrek bisa berdiri dengan kokoh. Tahap terakhir adalah menaruh sisa pot dengan media arang secukupnya. Yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak terlalu banyak menggunakan media tanam apalagi jika bagian batang tertutup seluruhnya. Karena bisa menimbulkan luka dan tanaman akan mati.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory