23 Februari 2016

Cara Menanam Bayam Hidroponik Secara Sederhana Di Rumah

Cara Menanam Bayam Hidroponik Secara Sederhana Di Rumah - Salah satu cara menanam bayam adalah dengan teknik hidroponik. Cara menanam bayam hidroponik ini sangat sederhana dan bisa ditanam di halaman rumah. Teknik penanaman hidroponik adalah teknik penanaman dengan menggunakan media selain tanah. Untuk menanam bayam secara hidroponik bisa dilakukan dengan media sekam, zeolit, air, dan berbagai media hidroponik lainnya. Penanaman bayam secara hidroponik ini tidak jauh berbeda dengan cara menanam kangkung hidroponik. Bahan dan alat yang digunakan sama, hanya saja bibitnya saja yang berbeda.

cara menanam hidroponik dengan botol bekas,cara menanam bayam secara hidroponik,cara menanam hidroponik dengan media air,cara menanam kangkung hidroponik,cara menanam bayam dalam polybag,
Baca juga: Cara Menanam Buah Delima Dari Biji Menggunakan Pot
Cara menanam bayam hidroponik dimulai dari memilih bibitnya terlebih dahulu. Bibit bayam yang akan ditanam secara hidroponik sebaiknya yang berkualitas tinggi. Jenis bibit yang digunakan adalah biji bayam yang berwarna hitam. Anda bisa membeli bibit bayam ini di toko-toko pertanian terdekat. Biasanya bibit bayam dijual dengan harga yang murah dan jumlahnya banyak. Bibit bayam yang Anda beli tidak harus digunakan dalam satu kali penanaman tapi bisa digunakan berkali-kali.

Untuk Menanam Bayam Secara Hidroponik Dirumah Persiapkan Bahan dan Alat-Alat berikut

• Bak plastik dengan ukuran 30 x 35 cm
• 2 kantong zeolit untuk media penanaman, pilihlah yang halus
• Pupuk urea
• Plastik strimin dengan panjang 15 cm
• 1 kantong benih bayam

cara menanam hidroponik dengan botol bekas,cara menanam bayam secara hidroponik,cara menanam hidroponik dengan media air,cara menanam kangkung hidroponik,cara menanam bayam dalam polybag,

Langkah Langkah Dalam Cara Menanam Bayam Hidroponik
1. Lubangilah bak plastik yang sudah disiapkan. Ukuran lubang ini jangan terlalu besar, usahakan lubang dalam jumlah yang banyak dan menyebar.

2. Alasi bagian bawah bak plastik dengan menggunakan plastik strimin yang sudah disiapkan lalu masukkan zeolit ke dalam bak plastik. Langkah selanjutnya dalam cara menanam bayam hidroponik yaitu menyirami zeolit secara terus menerus sampai air yang keluar dari lubang plastik berwarna jernih.

3. Rendamlah bibit bayam yang sudah dibeli dengan menggunakan air hangat kemudian sebar pada bak plastik yang sudah disiapkan tadi. Cara menanam bayam hidroponik dengan zeolit ini tidak perlu menutup benih yang sudah ditebar dengan zeolit lagi.

4. Tunggu sampai bibit berkecambah. Biasanya memerlukan waktu kurang lebih 1 minggu agar bibit menjadi kecambah. Selama bibit belum berkecambah, siramilah secara rutin dua kali sehari. Jangan sampai bibit menjadi kering. Jika sudah kering, segera siram dengan menggunakan air.

5. Jika bayam sudah berkecambah, maka cara menanam bayam hidroponik selanjutnya adalah dengan menyiraminya dengan menggunakan campuran air dan pupuk urea. Campurkan saja 5 liter air dengan satu sendok makan pupuk urea kemudian semprotkan secara rutin.

6. Setelah usia 3 sampai 4 minggu bayam hidroponik sudah siap untuk dipanen. Sangat mudah bukan cara menanam bayam hidroponik ini?

Menanam bayam tidak hanya bisa dilakukan dengan cara hidroponik saja, tapi juga bisa dilakukan dengan media tanah dalam polybag. Cara menanam bayam dalam polybag cukup sederhana dan hampir sama dengan cara menanam bayam hidroponik. Hanya saja media yang digunakan berbeda, menanam bayam dalam polybag membutuhkan media tanah. Sedangkan menanam bayam secara hidroponik tidak membutuhkan media tanam. Hasil bayam yang ditanam secara hidroponik juga lebih segar dan enak dibandingkan dengan yang ditanam dalam polybag.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory