17 Februari 2016

Cara Budidaya Bunga Mawar Dengan Stek

Cara Budidaya Bunga Mawar Dengan Stek - Siapa yang tidak mengetahui keindahan bunga mawar yang indah. Memiliki beragam macam warna, bunga mawar identik dengan bunga romantis yang biasanya digunakan untuk pemberian pada orang yang terkasih. Jika Anda adalah orang yang gemar memelihara dan merawat bunga di pekarangan rumah Anda, Anda bisa membudidayakan bunga mawar. Cara budidaya bunga mawar bisa menggunakan pot atau pada lahan bebas. Kali ini, kami akan memberikan tips budidaya bunga mawar dalam pot untuk Anda yang memiliki lahan sempit namun ingin memiliki rumah yang asri.

cara budidaya bunga mawar potong,cara budidaya bunga mawar dengan stek,cara budidaya bunga mawar merah,cara budidaya bunga melati,cara budidaya bunga anggrek,cara merawat bunga mawar agar tidak layu,

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Bandeng Sebagai Usaha Sampingan

Ada banyak teknik yang bisa Anda lakukan dalam cara budidaya bunga mawar salah satunya adalah stek. Cara budidaya dengan menggunakan stek adalah salah satu cara yang cukup mudah untuk diterapkan. Namun, Anda harus menggunakan batang yang tepat agar budidaya bunga mawar Anda berhasil. Budidaya bunga mawar dengan stek bisa Anda lakukan dengan media tanam pot karena lebih mudah dan juga sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki lahan yang cukup sempit. 

Berikut Tips Cara Budidaya Bunga Mawar Bisa Anda Praktikkan

1. Bibit stek

Hal yang pertama Anda lakukan adalah menyiapkan bibit stek yaitu dengan menggunakan batang pada bagian tengah dan tidak terlalu jauh dari pangkal. Karena jika Anda menggunakan bagian ujung yang muda maka stek Anda tidak akan berhasil.

2. Sediakan pot

Cara budidaya bunga mawar dengan pot bisa menggunakan berbagai jenis pot mulai dari pot tanah liat, semen, keramik atau menggunakan ban bekas. Anda bisa menggunakan jenis pot yang sesuai dengan selera Anda.

cara budidaya bunga mawar potong,cara budidaya bunga mawar dengan stek,cara budidaya bunga mawar merah,cara budidaya bunga melati,cara budidaya bunga anggrek,cara merawat bunga mawar agar tidak layu,

3. Siapkan tanah

Selanjutnya dalam cara budidaya bunga mawar yang bisa Anda lakukan adalah menyiapkan tanah. Gunakan tanah yang memiliki warna hitam dan gembur, akan lebih baik jika merupakan bekas pembakaran. Siapkan juga pupuk kompos tapi jangan terlalu banyak ya.

4. Persiapan pembibitan

Sebelum menggunakan pot, cara budidaya bunga mawar dengan stek adalah menanam stek terlebih dahulu ke polybag. Batang dipotong sepanjang 4-6 cm dengan alat potong yang tajam dan bersih. Gunakan terlebih dahulu tanah murni tanpa pupuk atau kompos untuk membuat bunga mawar berkembang dengan baik.

5. Pemindahan bunga mawar ke dalam pot

Setelah bunga mawar memiliki sekitar 3 helai daun, dan akar keluar dari dalam polybag maka tanaman siap untuk dipindahkan. Cara budidaya bunga mawar dengan memindahkan tanaman dari polybag ke pot harus dilakukan hati-hati agar tidak merusak tanahnya. Pindahkan ke dalam pot yang telah berisikan kompos dengan tanah dengan perbandingan 1:2.

Bunga mawar merupakan salah satu bunga yang rentan akan penyakit. Oleh karena itu, dalam cara budidaya bunga mawar perlu perhatian khusus terlebih jika bunga mawar memiliki kerak pada daun dan bercak hitam pada batang yang bisa mengakibatkan kerontokan pada bunga mawar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Budidaya Bunga Mawar Dengan Stek