23 Maret 2016

Langkah Praktis Cara Budidaya Kelengkeng

Cara budidaya kelengkeng yang mudah dan cepat - Buah kelengkeng merupakan salah satu buah yang sering ditemui. Buah ini memiliki banyak jenis yaitu kelengkeng pingpong, kelengkeng diamond river, kelengkeng puan ray serta kelengkeng aroma durian. Buah kelengkeng sendiri memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Tidak mengherankan jika Anda tertarik untuk membudidayakan kelengkeng ini di rumah Anda.

cara budidaya kelengkeng dari biji,cara budidaya kelengkeng itoh,cara budidaya kelengkeng agar cepat berbuah,cara budidaya kelengkeng pingpong,cara menanam kelengkeng,cara menanam lengkeng,
Baca juga: Cara Budidaya Pucuk Merah Secara Generatif dan Secara Vegetatif
Karena manfaat buah kelengkeng ini cukup banyak, mampu menarik minat banyak orang untuk mencoba membudidayakannya sehingga dapat dijual atau dikonsumsi sendiri. Cara budidaya kelengkeng juga sangatlah mudah dilakukan. Anda hanya perlu menggunakan biji atau mencangkok tanaman kelengkeng ini. Tetapi untuk mendapatkan buah yang cukup banyak, Anda disarankan menggunakan teknik pencangkokan daripada menggunakan teknik biji.

Cara budidaya kelengkeng yang tergolong mudah memang perlu menggunakan bibit terlebih dahulu. Anda dapat memilih jenis buah kelengkeng yang sesuai dengan selera Anda. Jika Anda menggunakan teknik mencangkok, sebaiknya Anda menggunakan pohon kelengkeng yang sudah pernah berbuah agar memudahkan proses pencangkokan. Anda juga dapat memilih ingin melakukan budidaya kelengkeng dengan cara yang hemat lahan atau tidak. Jika menginginkan hemat lahan maka Anda dapat menanam hasil cangkokan tersebut di dalam pot atau polibag.

cara budidaya kelengkeng dari biji,cara budidaya kelengkeng itoh,cara budidaya kelengkeng agar cepat berbuah,cara budidaya kelengkeng pingpong,cara menanam kelengkeng,cara menanam lengkeng,


Cara budidaya kelengkeng tahap selanjutnya adalah proses perawatan. Dimana Anda disarankan untuk melakukan penyiraman secara teratur dan meletakkan pohon kelengkeng tersebut di tempat yang teduh dan tidak terlalu banyak terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama karena akan membuat daun menjadi cepat kering. Jika menggunakan polibag maka Anda dapat memberikan pupuk kandang agar cepat sekali tumbuhnya.

Cara budidaya kelengkeng memang tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Anda hanya perlu membersihkan rumput liar yang tumbuh di sekitar pohon kelengkeng. Proses pemupukkan juga sebaiknya dilakukan secara rutin setelah kelengkeng berumur 1 bulan setelah penanamannya. Pemangkasan juga sebaiknya Anda lakukan ketika kelengkeng sudah berumur 1 tahun. Karena memangkas akan membantu merangsang kelengkeng untuk semakin tumbuh subur dan cepat berbunga.

Cara budidaya kelengkeng pada tahap pemangkasan ini juga dilakukan agar membantu dahan agar dapat cepat tumbuh sehingga akan membuat lokasi untuk pohon kelengkeng ini untuk berbunga dan berbuah juga semakin banyak. Proses panen dapat dilakukan setelah 1,5 tahun hingga 2 tahun setelah penanaman. Hal ini dapat tergantung dengan lokasi Anda menanam dan juga tingkat kesuburan tanah. 

cara budidaya kelengkeng dari biji,cara budidaya kelengkeng itoh,cara budidaya kelengkeng agar cepat berbuah,cara budidaya kelengkeng pingpong,cara menanam kelengkeng,cara menanam lengkeng,


Cara budidaya kelengkeng ketika sudah siap dipanen tentunya memiliki ciri-ciri khusus yang akan membedakan dengan kelengkeng yang masih mentah. Buah yang sudah matang biasanya memiliki kulit buah yang sudah berwarna cokelat muda dan cerah. Aroma buah kelengkeng yang sudah matang juga cenderung lebih harum. Anda hanya perlu memotong tangkai buah kelengkeng agar dapat mempertahankan kelengkeng untuk tetap berbuah pada musim selanjutnya.

Cara budidaya kelengkeng memang dapat dikatakan sangatlah sederhana. Anda tidak perlu melakukan perawatan yang rumit. Bahkan proses memanennya juga sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Keuntungan yang didapat ketika membudidayakan kelengkeng ini memang cukup besar. Namun seringkali persaingan dalam menjual kelengkeng ini masih cukup ketat karena masih mengandalkan musim buah yang berlaku.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory