29 Maret 2016

Cara Ternak Cacing Merah Sutra Paling Mudah

Cara Ternak Cacing Merah Sutra Paling Mudah - Cacing merah atau cacing sutra merupakan salah satu jenis cacing yang mempunyai harga jual tinggi untuk dijadikan campuran pakan ikan dan budidaya berbagai jenis ikan. Cara ternak cacing merah jenis sutra bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Untuk para pemula yang ingin mencoba membudidayakan cacing merah bisa mengikuti langkahnya.

cara ternak cacing tanah pemula,cara ternak cacing lumbricus,cara ternak cacing darah,cara ternak cacing susu,cara ternak cacing kosmetik,cara ternak cacing sawah,cara ternak cacing laut,
Baca juga: Inilah Cara Menanam Tanaman Hidroponik Cabe dengan Mudah

Langkah-Langkah Cara Ternak Bisa Anda Simak Brerikut ini

1. Menyiapkan bibit
Langkah pertama dalam cara ternak cacing merah adalah menyiapkan bibit. Bibit cacing merah bisa didapatkan dengan cara dibeli ataupun menangkapnya di sungai. Untuk mempermudahkan Anda, sebaiknya bibit cacing merah ini beli saja di toko-toko bibit. Lakukanlah karantina selama 3 s sampai 3 hari dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Tujuan karantina ini adalah untuk menghilangkan bakteri pada cacing.
2. Menyiapkan lahan
Cara ternak cacing merah yang kedua yaitu menyiapkan lahan tumbuh untuk cacing. Lahan yang digunakan berbentuk kubangan lumpur berukuran 2 x 1 meter. Kubangan ini harus dilengkapi dengan saluran air masuk dan keluar. Cara beternak cacing merah untuk pemula memang sedikit berbeda dengan cara ternak cacing tanah pemula, terutama dalam hal lahan.
3. Membuat pakan
Langkah selanjutnya dalam cara ternak cacing merah adalah pembuatan pakan. Pakan yang digunakan bisa berupa pupuk kandang ataupun ampas tahu. Pakan ini juga berfungsi sebagai pupuk agar cacing merah bisa tumbuh dengan subur. Jenis pakan yang paling bagus adalah ampas tahu. Setip meter persegi lahan membutuhkan sekitar 200 sampai 250 gram ampas tahu.
4. Fermentasi lahan
Melakukan fermentasi pada lahan merupakan cara ternak cacing merah yang selanjutnya. Fermentasi dilakukan agar lahan siap untuk digunakan, lama fermentasi kurang lebih 3 hari dengan menggunakan air yang tingginya 5 cm.
5. Menebar bibit
Setelah lahan sudah siap maka cara ternak cacing merah yang selanjutnya adalah menebarkan bibit. Bibit cacing merah ditebar pada lahan kemudian lahan harus dialiri air dengan debit yang lambat agar cacing merah bisa hidup.
6. Memberi pakan cacing merah
Cara ternak cacing darah dan cacing sutra hampir sama, yaitu dalam hal pemberian makan. Makanan diletakkan di dasar lahan berupa ampas tahu yang sudah disiapkan sebelumnya.
7. Memanen cacing merah
Langkah terakhir dalam cara ternak cacing merah adalah memanen cacing. Cacing merah siap dipanen jika sudah berumur 75 hari setelah pembibitan pertama dan 15 hari setelah pemanenan.

cara ternak cacing tanah pemula,cara ternak cacing lumbricus,cara ternak cacing darah,cara ternak cacing susu,cara ternak cacing kosmetik,cara ternak cacing sawah,cara ternak cacing laut,

Hasil panen cacing merah ini bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi karena cacing merah mempunyai banyak manfaat, salah satunya bisa dijadikan sebagai ikan. Banyak para peternak ikan yang menggunakan cacing sutra merah untuk dijadikan pakan utama ikan-ikannya. Cacing merah atau cacing sutera ini biasanya digunakan untuk pakan ikan yang masih bayi .Kandungan gizi yang ada di dalam cacing merah ini sangat baik untuk pertumbuhan ikan. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk melakukan budidaya cacing merah ini? Cara ternak cacing merah yang sangat mudah ini bisa menghasilkan omzet puluhan juta setiap bulannya.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory