22 Maret 2016

Cara Menanam Buah Naga Merah di Lahan Terbuka

Cara menanam buah naga merah di lahan terbuka sebenarnya hampir sama dengan cara menanam buah ini di dalam pot. Budidaya di lahan terbuka biasanya dilakukan oleh para petani yang ingin menanam dalam skala besar untuk kepentingan ekonomi. Permintaan buah naga yang semakin meningkat membuat banyak petani tertarik untuk membudidayakan buah ini.

bibit buah naga,cara menanam cabe,video cara menanam buah naga,pemupukan buah naga,cara menanam tomat,cara menanam buah semangka,cara menanam buah naga dari biji,cara menanam buah naga di kebun,
Baca juga: Cara Menanam Hidroponik Sawi Secara Sederhana
Budidaya buah naga merah sangat cocok di Indonesia. Tanaman buah ini bisa tumbuh optimal pada daerah dengan ketinggian berkisar antara 0-350 m dpl, dengan curah hujan sekitar 720 mm setiap tahunnya. Tanaman ini tumbuh optimal pada suhu berkisar antara 260C hingga 360C. Sehingga, cara menanam buah naga merah menjadi lebih mudah dengan dukungan iklim yang cocok.

Panduan Teknis Menanam Buah Naga Merah

Ada beberapa hal yang harus disiapkan saat Anda ingin menanam buah naga merah. Kebutuhan untuk penanaman di lahan terbuka sedikit berbeda dengan kebutuhan dengan penanaman di pot, terutama dari segi persiapan lahan yang akan digunakan. Berikut akan kami sampaikan beberapa tips dan cara menanam buah naga merah di lahan terbuka seperti sawah ataupun ladang.
1. Memilih bibit buah naga merah yang berkualitas
Cara menanam buah naga merah berkaitan erat degan proses pemilihan bibit. Tanaman buah naga merah dapat diperbanyak melalui dua cara, yaitu cara generatif (biji) dan vegetatif (metode setek). Kami lebih menganjurkan untuk menggunakan cara kedua, agar hasilnya lebih cepat dan perawatannya lebih mudah. Pilih batang yang tua, sehat dan diameternya cukup besar, minimal berdiameter 8 cm.

Potong batang tersebut kira-kira 20-30 cm, bagian atas dibuat rata dan bagian bawah dipotong runcing, karena nantinya akan ditancapkan ke tanah. Setiap potongan minimal memiliki 4 buah mata tunas. Biarkan potongan setek tersebut sampai getahnya kering. Cara menanam buah naga merah tidak bisa secara langsung agar batang tidak membusuk. Setelah getah kering, tancapkan potongan setek ke polybag atau bedengan yang sudah disiapkan sebelumnya untuk persemaian. 

Beri naungan agar tunas terlindung dari panas matahari, dan lakukan penyiraman 2-3 hari sekali. Setelah 3 minggu naungan dibuka agar kena sinar matahari langsung. Proses pemeliharaan bibit memerlukan waktu sekitar tiga bulan. Di umur tiga bulan ini, bibit telah mencapai tinggi sekitar 50-80 cm. Cara menanam buah naga merah terkait persiapan bibit pun usai, dan bibit siap digunakan.
2. Penanaman
Setelah bibit siap, selanjutnya Anda perlu menyiapkan tiang panjat untuk merambat tanaman dan lahan yang akan digunakan. Setelah tiang rambatan sudah siap, tahap selanjutnya adalah membuat lubang untuk menanam bibit berukuran 60x60 cm sedalam 25 cm. Karena cara menanam buah naga merah tak lepas dari proses persiapan lahan. Buat berbaris dengan jarak tanam 3 m. 

bibit buah naga,cara menanam cabe,video cara menanam buah naga,pemupukan buah naga,cara menanam tomat,cara menanam buah semangka,cara menanam buah naga dari biji,cara menanam buah naga di kebun,


Buat campuran yang terdiri dari tanah galian, pasir, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1. Tambahkan kapur pertanian untuk memperbanyak kalsium. Masukkan campuran tadi ke dalam lubang tanam, kemudian siram dengan air namun jangan sampai airnya tergenang. Setelah 2-3 hari, bibit bisa ditanam mengitari tiang panjat yang ditancapkan sebelumnya, dan proses menanam buah naga merah pun selesai. 

Selanjutnya, Anda tinggal merawat tanaman tersebut sambil menunggu masa panen. Dengan perawatan yang tepat, hasilnya aka menyesuaikan. Demikianlah sedikit ulasan tentang cara menanam buah naga merah di lahan terbuka. Selamat mencoba.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory