27 Maret 2016

Cara Budidaya Walet Rumahan yang Memerlukan Ketelatenan

Cara Budidaya Walet Rumahan yang Memerlukan Ketelatenan - Sekarang ini banyak usaha yang dikembangkan yang terkesan unik dan diluar dugaan, terutama dalam bidang peternakan. Dulu kita mengenal peternakan hanya sebatas hewan-hewan jinak seperti sapi, kambing, kerbau, kuda, dan lain sebagainya. Namun, sekarang hewan-hewan yang diternak lebih ekstrim lagi, seperti semut kroto, walet, jangkrik, dan lain sebagainya. Kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya walet rumahan.

gedung walet paket hemat,gedung walet sederhana,cara budidaya walet rumahan,cara budidaya walet sederhana,budidaya walet hemat untuk masyarakat bawah,budidaya walet pemula,
Baca juga: Cara Membuat Bibit Jamur Tiram F0 dengan Flat Agar
Apa faktor yang menyebabkan orang tertarik untuk membudidayakan burung walet? Ternyata dalam proses peternakan ini yang dimanfaatkan bukanlah burungnya, akan tetapi sarangnya. Sarang burung walet memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan manusia. Sarang burung walet ini biasanya dapat ditemukan di medan yang sulit dijangkau, seperti di goa-goa di dekat pantai. Dengan sulitnya medan yang sulit dijangkau tersebut, maka muncullah ide untuk membudidayakan walet dengan menggunakan teknik budidaya burung walet tertentu.

Cara Budidaya Walet Rumahan Dapat Dilakukan Dengan Beberapa Cara

1. Menyiapkan tempat hidup burung walet
Cara budidaya walet rumahan perlu Anda ketahui saat akan menyiapkan tempat hidup burung walet. Teknik untuk menyiapkan tempat hidup urung walet perlu diketahui saat melakukan budidaya walet pemula. Tempat untuk tinggal burung walet harus sesuai dengan habitat aslinya. Minimal memiliki kemiripan. Dengan demikian, burung walet akan tertarik untuk tinggal di tempat tersebut dan nyaman di dalamnya. 
Cara budidaya walet rumahan memang bisa dikatakan sulit apalagi terkait dengan tempat tinggalnya. Tempat tinggal buatan untuk walet harus memenuhi beberapa syarat, antara lain jauh dari peradaban, terdapat lubang untuk keluar masuk burung walet, sebaiknya bangunan bertingkat, dan masih banyak lagi.
2. Menyiapkan bibit burung walet
Cara budidaya walet rumahan selanjutnya adalah menyiapkan bibit burung walet. Cara ini dapat Anda lakukan dengan menarik burung walet masuk ke dalam gedung. Burung yang masuk ke dalam gedung nantinya akan bertelur dan dapat menjadi bibit yang dapat dikembangkan.
3. Menetaskan telur
Jika Anda ingin membudidayakan burung walet, Anda harus mengetahui ciri-ciri telur burung walet yang sudah memasuki masa penetasan. Cara budidaya walet rumahan ini perlu Anda ketahui untuk menghindari salah persepsi atau salah perlakuan terhadap telur-telur burung walet tersebut.

gedung walet paket hemat,gedung walet sederhana,cara budidaya walet rumahan,cara budidaya walet sederhana,budidaya walet hemat untuk masyarakat bawah,budidaya walet pemula,


Telur yang telah mendekati masa penetasan biasanya berwarna putih pekat dan agak kehitaman. Telur ini biasanya berusia 10 hingga 15 hari. Jika Anda mengetahui cara budidaya walet rumahan dalam hal mengenali jenis-jenis telur walet ini, maka Anda akan lebih mudah memisahkan telur-telur berdasarkan usianya.

Demikianlah cara budidaya walet rumahan yang dapat Anda ikuti. Budidaya walet memang bukan sesuatu yang mudah. Proses yang dilaluinya memerlukan kesabaran dan ketelatenan. Selain itu, budidaya ini juga memerlukan biaya yang cukup besar.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory