10 Maret 2016

Cara Budidaya Puyuh serta Langkah Praktis Bagi Pemula

Cara Budidaya Puyuh - Puyuh merupakan jenis binatang unggas yang biasa dimanfaatkan telurnya untuk dijual secara komersial. Peminat telur puyuh sudah cukup banyak dan telur ini biasa diolah sebagai sate bacem, atau sebagai isi bakso. Kebutuhan telur puyuh yang semakin meningkat menjadi potensi yang bagus untuk dijadikan lahan budidaya. Cara budidaya puyuh juga tidak terlalu susah.

budidaya puyuh petelur,cara budidaya puyuh pedaging,cara budidaya puyuh petelur,cara budidaya puyuh yang baik,cara membuat kandang puyuh,cara beternak puyuh petelur untuk pemula,
Baca juga: Cara Budidaya Rumput Laut Dengan 4 Tahapan Mudah
Saat ini memang sudah banyak peternak burung puyuh, namun Anda jangan takut untuk masuk dalam bisnis ini sebab permintaan telur puyuh diyakini akan terus meningkat seiring dengan semakin berkembangnya industry kuliner. Oleh karena itu Anda perlu mempelajari cara budidaya puyuh yang baik agar hasilnya memuaskan dan Anda bisa memperoleh keuntungan yang besar.

Langkah Praktis Budidaya Puyuh

1. Penyiapan Kandang Puyuh
Penyiapan kandang merupakan bagian terpenting dari cara budidaya puyuh. Kandang yang baik memiliki suhu antara 20 sampai 25 derajat celcius, dengan kelembaban antara 30 sampai 80%. Untuk menjaga stabilitas suhu dan kelembaban, maka kandang perlu diberi lampu dengan kekuatan antara 40 sampai 60 watt untuk malam hari. Kapasitas ideal kandang yaitu 90 anakan per 1 m2.
2. Penyiapan Bibit Puyuh
Pemilihan bibit puyuh sangat penting untuk menentukan keberhasilan budidaya. Jika Anda ingin agar puyuh dapat menghasilkan telur yang banyak, maka pilihlah puyuh yang jenisnya ketam betina. Cara budidaya puyuh agar hasilnya baik maka harus diawali dengan pemilihan bibit yang tepat. Bibit jenis ketam hitam memiliki kelebihan dalam menghasilkan telur.

budidaya puyuh petelur,cara budidaya puyuh pedaging,cara budidaya puyuh petelur,cara budidaya puyuh yang baik,cara membuat kandang puyuh,cara beternak puyuh petelur untuk pemula,

3. Pengontrolan Penyakit
Penyakit merupakan masalah yang wajar menyerang setiap makhluk hidup, namun penyakit tidak bisa dibiarkan begitu saja. Puyuh yang terkena penyakit harus segera dipisahkan dari gerombolannya agar tidak menyebar, dan ini juga merupakan bagian dari cara budidaya puyuh yang baik. Segera berikan obat yang tepat bagi puyuh yang terkena penyakit.
4. Pemberian Pakan
Pakan memegang peranan penting bagi keberhasilan budidaya puyuh. Cara budidaya puyuh yang baik memang tidak bisa lepas dari pemberian pakan yang tepat. Pakan yang tepat terdiri atas ransum dari berbagai bentuk pallet, tepung, dan remah-remah. Pemberian pakan dilakukan dua kali sehari bagi puyuh yang masih anakan, dan satu kali sehari bagi puyuh dewasa.
5. Pemanenan
Bagian yang paling menyenangkan dari cara budidaya puyuh adalah ketika pemanenan tiba. Hasil utama yang bisa dipanen dari puyuh adalah telurnya, telur puyuh bisa dipanen setiap hari ketika puyuh sudah dewasa. Dan hasil lain yang bisa dipanen adalah daging puyuh jika puyuh dewasa sudah aktif. Berdasar hasil panen inilah bisa dikategorikan ternak puyuh sukses atau gagal.

Demikianlah cara budidaya puyuh yang baik. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory