10 Maret 2016

Cara Budidaya Kacang Tanah Secara Organik

Cara budidaya kacang tanah secara organik - Mungkin untuk sebagian orang mengkonsumsi kacang merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan ketika sedang berkumpul bersama rekan. Tetapi ada juga sebagian orang yang tidak bisa mengkonsumsi kacang karena alergi akan kandungan protein yang di dalam kacang. Kandungan protein di dalam kacang memang cukup tinggi sehingga tidak heran jika banyak yang tidak dapat mengkonsumsi kacang.

budidaya kacang tanah pada lahan kering,cara budidaya kacang tanah di polybag,cara budidaya kacang hijau,ciri ciri budidaya kacang tanah,budidaya kacang tanah organik,cara menanam kacang tanah,
Baca juga: Cara Budidaya Kelinci Pedaging Agar Untung Besar

Cara budidaya kacang tanah secara organik memang membutuhkan kondisi tanah yang subur. Dimana kondisi tanah yang dimaksud merupakan tanah yang memiliki kandungan unsur hara, kalsium, nitrogen, kalium dan pospat yang cukup. Tanah yang gembur nantinya akan membuat kacang tanah yang ditanam akan tumbuh secara memanjang ke dalam tanah dan tentunya menjadikan kacang tanah menjadi sempurna untuk dikonsumsi.

Cara budidaya kacang tanah membutuhkan unsur kalsium. Hal ini dikarenakan unsur kalsium akan sangat berpengaruh pada produktivitas ketika dalam proses pertumbuhan kacang tanah. Jika kandungan unsur kalsium kurang, Anda dapat menambah kapur pertanian ketika mengolah lahan. Dimana di lahan untuk budidaya kacang tanah yang basah membutuhkan kadar unsur kalsium yang cukup tinggi dibandingkan lahan yang kering.

budidaya kacang tanah pada lahan kering,cara budidaya kacang tanah di polybag,cara budidaya kacang hijau,ciri ciri budidaya kacang tanah,budidaya kacang tanah organik,cara menanam kacang tanah,

Cara budidaya kacang tanah yang pertama adalah memilih benih kacang tanah. Benih kacang tanah biasanya dipilih dari kacang yang dibiarkan tua. Kurang lebih 100 hari. Setelah proses pemilihan, tahap selanjutnya adalah mengolah tanah. Tanah yang akan digunakan untuk membudidayakan kacang tanah harus digemburkan terlebih dahulu. Tambahkan kapur pertanian dan diamkan selama 2 hari.

Cara budidaya kacang tanah yang terpenting adalah pada proses pemupukan. Dimana Anda dapat menggunakan pupuk kompos. Dimana pupuk kandang ini berasal dari campuran kotoran sapi dan juga kotoran ayam. Anda dapat membuat lubang pada tanah lalu isi dengan 1 butir benih kacang tanah. Selanjutnya adalah proses penyiraman setiap pagi dan juga sore hari.

Cara budidaya kacang tanah pada tahap selanjutnya biasanya akan tumbuh secara serempak. Pemupukan tambahan dapat Anda lakukan ketika kacang tanah mulai berbunga. Anda disarankan untuk melakukan pembersihan lokasi tanaman agar terhindar dari hama dan gulma. Jika batangnya sudah mengeras dan daunnya mulai menguning, maka Anda dapat memanennya.

Cara panen kacang tanah dapat dilakukan dengan cara mencabut tanaman kacang tanah hingga ke akar. Hal ini dikarenakan tanaman kacang tanah merupakan tanaman yang dapat dikategorikan sekali hidup. Cara budidaya kacang tanah dapat Anda akhiri jika Anda sudah berhasil menentukan kacang tanah yang cukup tua untuk dapat diolah menjadi bahan makanan.

Cara budidaya kacang tanah sebenarnya mudah sekali dilakukan. Yang terpenting sebelum mengolah tanah memang perlu dipastikan terlebih dahulu kandungan unsur yang ada di dalam tanah. Proses pemeliharaan kacang tanah juga tidak diabaikan dan harus diperhatikan kadar air yang menjadi makanan tumbuhan kacang tanah untuk melakukan fotosintesis. Perawatan yang lain juga harus diperhatikan agar tidak terserang gulma.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory