23 Maret 2016

Cara Budidaya Ikan Molly Balon Hiasan Aquarium

Cara budidaya ikan molly balon - Ikan molly adalah salah satu jenis ikan air tawar yang keberadaan mudah ditemui di akuarium. Ikan ini merupakan salah satu ikan hias yang cukup banyak dilakukan proses pembudidayaan. Tidak hanya salah satu budidaya yang dapat dilakukan oleh pemula tetapi untuk orang yang sudah ahli juga dapat membudidayakan ikan ini.

cara merawat anak ikan molly,ikan molly balon jantan dan betina,harga ikan molly balon,ikan molly balon hamil,molly balon wikipedia,ikan hias molly,makanan ikan balon molly,
Baca juga: Cara Budidaya Jamur Merang Media Jerami Yang Mudah
Cara budidaya ikan molly yang harus Anda perhatikan adalah tantangannya. Jika Anda baru akan memulai budidaya ikan molly disarankan untuk berhati-hati karena ikan molly merupakan salah satu ikan hias yang cukup sering terserang penyakit juga tidak diberikan kondisi lingkungan yang tepat. Penyakit yang sering menghinggapi ikan molly adalah penyakit yang ditimbulkan akibat parasit.

Cara budidaya ikan molly terbilang cukup rumit karena ikan hias yang satu ini sangat sensitif. Terlebih lagi ikan molly ini tidak dapat dipelihara di akuarium yang sudah ada ikan hias yang cukup aktif. Ikan yang agresif justru akan membuat ikan molly menjadi tertekan. Itu sebabnya disarankan jika ingin mencampurnya memilih ikan lain yang cenderung tidak agresif agar tidak menimbulkan stress.

cara merawat anak ikan molly,ikan molly balon jantan dan betina,harga ikan molly balon,ikan molly balon hamil,molly balon wikipedia,ikan hias molly,makanan ikan balon molly,


Cara budidaya ikan molly juga harus memperhatikan lingkungan tempat mereka berkembang biak. Lingkungan ikan molly harus menjadi perhatian dikarenakan ikan molly merupakan salah satu ikan hias yang memiliki karakter kanibal. Jika induk betina melahirkan anak ikan molly mereka akan dapat menjadi santapan dari ikan molly dewasa lainnya. Oleh karena itu, anak ikan molly masih memiliki harapan hidup yang kecil jika mereka belum bisa bertahan.

Cara budidaya ikan molly juga harus memperhatikan kebersihan air untuk habitat ikan molly. Hal ini dikarenakan ikan molly rentan terhadap penyakit seperti yang sudah disebutkan. Jika kebersihan air ini kurang bagus tentunya akan membuat ikan molly menjadi lebih mudah terserang penyakit. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika penyakit yang disebabkan oleh parasit akan mengancam ikan molly.

Cara budidaya ikan molly yang harus diperhatikan adalah nutrisi makanan mereka. Penggunaan pakan ikan sebenarnya merupakan salah satu alternatif yang dapat Anda lakukan. Tetapi disarankan tidak terlalu sering memberikan pakan ikan yang nantinya akan membuat mengendap di dasar akuarium yang nantinya akan menimbulkan penyakit. Anda dapat menggunakan udang kecil, jentik nyamuk, cacing darah serta kutu air untuk digunakan sebagai makanan mereka.

cara merawat anak ikan molly,ikan molly balon jantan dan betina,harga ikan molly balon,ikan molly balon hamil,molly balon wikipedia,ikan hias molly,makanan ikan balon molly,


Cara budidaya ikan molly juga harus memperhatikan suhu air. Jangan sampai membiarkan suhu air lebih rendah karena suhu yang disarankan untuk membudidayakan ikan molly adalah dalam suhu 25°-27° Celsius. Jika suhu air sudah tepat tentunya akan membuat harapan hidup dari ikan molly menjadi lebih panjang. Keunggulan lainnya adalah akan membuat ikan molly menjadi lebih sehat.

Cara budidaya ikan molly sebenarnya tidak cukup sulit jika Anda memperhatikan jumlah banyaknya ikan molly di dalam akuarium. Karena jika terlalu banyak ikan molly ditempatkan di dalam satu akuarium justru akan membuat mereka rentan terhadap stress. Terlebih jika jumlah jantan dan betina tidak seimbang. Pengetahuan untuk membedakan ikan molly jantan dan betina juga harus Anda pahami agar tidak salah dalam membudidayakannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Budidaya Ikan Molly Balon Hiasan Aquarium