20 Maret 2016

Cara Budidaya Ikan Lele Dalam Kotak Terpal Untuk Konsumsi

Cara Budidaya Ikan Lele Dalam Kotak Terpal - Budidaya ikan lele bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan menggunakan kotak terpal. Cara budidaya ikan lele dalam kotak terpal ini dinilai lebih efektif dan lebih hemat biaya. Hal ini karena Anda tidak perlu membuat kolam permanen dari semen atau beton untuk membudidayakan ikan lele, cukup menggunakan terpal saja. Harga terpal di pasaran juga tergolong cukup murah sehingga bisa menghemat biaya produksi ternak ikan lele untuk para pemula. Pembuatan kolam dengan terpal ini juga tidak lama seperti pembuatan kolam beton.

cara budidaya ikan lele dalam kotak,cara budidaya ikan lele di kolam tembok,cara budidaya ikan lele di kolam tanah,cara budidaya ikan lele sangkuriang di kolam terpal,
Baca juga: Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Agar Cepat Besar Dalam Waktu Singkat


Langkah awal cara budidaya ikan lele dalam kotak terpal tentu saja adalah membuat kolam terpalnya terlebih dahulu. Hanya dua bahan yang perlu disiapkan untuk membuat kolam terpal, yaitu terpal dan bambu. Terpal yang digunakan untuk kolam lele sebaiknya pilih yang tebal agar tidak mudah robek dan mampu menahan air dalam kolam. Sedangkan bambu digunakan sebagai kerangka kolam. Agar lebih kuat, Anda bisa menggunakan lempeng kayu sebagai alas kolam. Langkah awal cara budidaya ikan lele dalam kotak terpal ini sudah selesai jika kolam sudah jadi.

Budidaya ikan lele kolam terpal ini tergolong cara membudidayakan ikan lele yang paling mudah dan hemat biaya. Untuk para pengusaha lele yang masih pemula, sangat disarankan untuk menggunakan kolam terpal. Selain lebih murah dalam pembuatannya, kolam terpal juga bisa dipindah-pindah. Hal ini bisa mempermudahkan Anda yang sering berpindah-pindah tempat tinggal. Selain itu, cara budidaya ikan lele dalam kotak terpal juga lebih mudah dalam hal pengawasan dan lebih cepat tahu jika ada ikan yang terkena penyakit. Keuntungan lainnya menggunakan kain terpal untuk kolam lele ini adalah lele tidak berbau lumpur.

cara budidaya ikan lele dalam kotak,cara budidaya ikan lele di kolam tembok,cara budidaya ikan lele di kolam tanah,cara budidaya ikan lele sangkuriang di kolam terpal,


Jika kolam terpal sudah jadi, maka langkah selanjutnya dalam cara budidaya ikan lele dalam kotak terpal adalah menebar bibit lele. Bibit lele untuk konsumsi bisa Anda dapatkan dengan mudah di berbagai toko peternakan ikan. Anda bisa memilih ukuran bibit lele yang akan digunakan, namun usahakan ukuran bibit lele seragam agar tidak terjadi kanibalisme. Banyaknya bibit yang harus ditebar disesuaikan dengan luas kolam. Biasanya 1 meter persegi bisa ditebar dengan 200 bibit lele. Dalam cara budidaya ikan lele dalam kotak terpal air yang digunakan tidak perlu diganti sampai masa panen.

Perawatan dalam cara budidaya ikan lele dalam kotak terpal juga tidaklah sulit. Yang perlu diperhatikan adalah pemberian pakan. Ikan lele dalam kotak terpal harus rutin diberi pakan setiap harinya. Berilah makan ikan lele dalam terpal ini dua kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari. Cara pembesaran ikan lele untuk konsumsi tidak perlu perawatan khusus karena ikan lele bisa tumbuh di berbagai jenis air. Pakan yang diberikan juga tidak sulit karena lele bisa makan apa saja. Selamat mencoba cara budidaya ikan lele dalam kotak terpal, dan semoga berhasil.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory