20 Maret 2016

Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Praktis dan Mudah

Cara budidaya ikan gurame di kolam tembok praktis - Siapa sih yang tak kenal ikan gurame? Di restoran-restoran atau di warung makan, seringkali kita menjumpai makanan dari ikan gurame yang satu ini. Ikan gurame termasuk sejenis ikan yang memiliki prospek menjanjikan di masa depan jika dibudidayakan. Selain itu, cara ternak ikan gurame sendiri sangat mudah dilakukan. Media ternak atau tanam ikan gurame dapat dilakukan di kolam tembok. Ikan gurame sebenarnya sangat menyukai tempat jernih dan tenang. 


cara budidaya ikan gurame agar cepat besar,budidaya ikan gurame di kolam kecil,cara budidaya ikan gurame di kolam tanah,budidaya ikan gurame di kolam beton,budidaya ikan gurami,
Baca juga: Cara Budidaya Ikan Komet Dalam Akuarium Paling Mudah
Karena habitatnya yang lebih menyukai air jernih dan tenang, maka cara budidaya ikan gurame di kolam tembok merupakan pilihan yang tepat. Selain itu, untuk membudidayakan ikan gurame ini ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan ikuti sebagai tips budidaya ikan gurame di kolam tembok.

Tahapan Pembudidayaan

1. Tahap Pembersihan Kolam
Langkah pertama cara budidaya ikan gurame di kolam tembok yaitu dengan mempersiapkan tempat untuk hidup ikan. Salah satu syarat tumbuhnya ikan gurame adalah kolam yang bersih. Untuk itu, lakukan pembersihan di area pinggir kolam dan keseluruhan agar kolam tembok pun bersih dengan maksimal. Demi mencegah timbulnya bakteri patogen atau bersifat tidak menguntungkan sebaiknya memanfaatkan desinfektan seperti KMNO4 sekitar 20-30 mg/liter.

Kemudian masukkan air pada cara budidaya ikan gurame di kolam tembok ini dengan ketinggian 100-120 cm. Kolam dapat dilengkapi saluran tengah agar mempermudah proses budidaya ikan gurame. Selain itu, pemberian kubangan atau saluran tengah ini memudahkan jalan panen suatu saat nanti.
2. Pemilihan Bibit Ikan
cara budidaya ikan gurame agar cepat besar,budidaya ikan gurame di kolam kecil,cara budidaya ikan gurame di kolam tanah,budidaya ikan gurame di kolam beton,budidaya ikan gurami,


Langkah cara budidaya ikan gurame di kolam tembok yang kedua adalah memilih bibit ikan gurame. Bibit ikan gurame termasuk bibit sebar yang ukurannya 7-15 gram tiap ekornya. Selain itu ketika membudidayakan ikan gurame, pastikan pada tebar tiap meter persegi pada kolam wajib berisi 12-20 ekor untuk ikan gurame. Adapun waktu pengembangbiakannya selama 90-120 hari. Usahakan untuk menebar bibit atau benih di pagi atau pada sore hari ketika suhu sedang rendah.
3. Berikan Pakan Terbaik
Tips cara budidaya ikan gurame di kolam tembok selanjutnya adalah pemberian pakan ikan terbaik. Pakan ikan gurame merupakan pakan berupa hijau-hijauan serta pelet yang dibeli secara komersil. Di samping itu, Anda bisa memberikan pakan ikan memakai daun sente dan kangkung di mana sebelumnya telah dilakukan. Anda bisa memberikan makan hijau-hijauan 1 kali tiap harinya dengan konsentrasi 2%-3% dari bobot biomassa.
4. Masa Panen Ikan
Tahap cara budidaya ikan gurame di kolam tembok terakhir adalah masa panen. Pastikan Anda memanen jenis ikan gurame saat ikan tersebut sudah berbobot 200-300 gram tiap ekornya. Adapun jenis ikan gurame berkualitas mempunyai kelangsungan hidup tinggi, yakni sekitar 85%-95%.

cara budidaya ikan gurame agar cepat besar,budidaya ikan gurame di kolam kecil,cara budidaya ikan gurame di kolam tanah,budidaya ikan gurame di kolam beton,budidaya ikan gurami,


Demikianlah tahapan cara budidaya ikan gurame di kolam tembok yang perlu dilakukan untuk mendapatkan ikan gurame yang berkualitas dan banyak. Anda bisa melakukan pemanenan ikan gurame secara total atau sebagian. Pada panen total sendiri anda bisa menguras air pada kolam, dengan begitu ikan pun akan berkumpul pada kubangan kolam bagian dasar.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory