9 Maret 2016

Teknik Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal - Cara budidaya ikan gurame di kolam terpal merupakan salah satu solusi untuk Anda yang baru saja memulai untuk membudidayakan ikan gurame ini. Ikan gurame yang merupakan salah satu ikan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia ini memang memiliki banyak sekali peluang usaha. Harga jualnya yang cukup tinggi memang membuat banyak orang tergiur untuk mencoba membudidayakan ikan gurame ini.

pembesaran gurame di kolam terpal,cara ternak ikan gurame di kolam terpal,budidaya ikan gurame di kolam terpal dan beton,cara budidaya ikan patin kolam terpal,pemijahan ikan gurame di kolam terpal,
Baca juga: Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Beton Yang Mudah
Cara budidaya ikan gurame di kolam terpal merupakan pilihan yang cocok untuk Anda karena membudidayakan dengan menggunakan kolam terpal cenderung lebih hemat dibandingkan pembuatan kolam tanah atau kolam tembok. Budidaya ikan gurame ini dapat dilakukan pada usaha mikro, usaha kecil dan menengah maupun dalam skala besar. Modal usaha yang dibutuhkan tentu saja akan berbeda satu sama lainnya.

Cara budidaya ikan gurame di kolam terpal merupakan salah satu solusi untuk Anda yang mencoba untuk melakukan cara budidaya ini tetapi memiliki keterbatasan lahan dan juga air. Budidaya ikan gurame ini memang dapat dilakukan dalam skala kecil sehingga Anda dapat memanfaatkan lahan yang tidak terpakai untuk dibuat kolam terpal untuk budidaya ikan gurame ini.

pembesaran gurame di kolam terpal,cara ternak ikan gurame di kolam terpal,budidaya ikan gurame di kolam terpal dan beton,cara budidaya ikan patin kolam terpal,pemijahan ikan gurame di kolam terpal,

Cara budidaya ikan gurame di kolam terpal hanya akan membutuhkan sedikit air karena airnya dapat berasal dari air PAM atau air sumur. Proses budidaya ikan gurame memang terbilang sangat mudah dan sederhana sehingga siapa saja dapat melakukannya. Tidak terbatas pada umur. Penggunaan kolam terpal memang akan lebih menguntungkan karena akan mengurangi penyakit pada ikan gurame. Kolam terpal tentunya akan mudah dikuras dan dikeringkan sehingga penyakit di kolam akan dapat dihilangkan dengan mudah.

Cara budidaya ikan gurame di kolam terpal memang lebih fleksibel karena akan menyesuaikan lahan yang dimiliki. Namun pemberian bibit ikan gurame juga seharusnya disesuaikan dengan luas kolam agar dapat bertumbuh lebih maksimal dan mengurangi risiko ikan gurami yang mati. Ukuran ikan gurame juga menjadi pertimbangan dalam pemberian habitat untuk ikan gurame hidup.

Cara budidaya ikan gurame di kolam terpal juga harus memperhatikan pakan yang diberikan. Pakan ikan gurame sebaiknya mengandung protein hewani dan juga protein nabati. Kandungan protein hewani sebaiknya diperbanyak mengingat ikan gurame merupakan ikan air tawar yang memiliki karakteristik karnivora. Pemberian daun dan sayuran juga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan ikan gurame.

pembesaran gurame di kolam terpal,cara ternak ikan gurame di kolam terpal,budidaya ikan gurame di kolam terpal dan beton,cara budidaya ikan patin kolam terpal,pemijahan ikan gurame di kolam terpal,

Cara budidaya ikan gurame di kolam terpal memang harus selalu dijaga kebersihannya. Oleh sebab itu ketika memberikan pakan sebaiknya menghindari pemberian pakan yang berlebihan. Karena sisa pakan yang tidak dimakan akan membuat pakan tersebut mengendap sehingga akan menjadi racun untuk ikan gurame. Dan tentunya kebersihan air di dalam kolam terpal akan menjadi keruh dan tidak baik untuk kesehatan gurame.

Cara budidaya ikan gurame di kolam terpal akan dapat Anda panen ketika ikan gurame sudah berumur 5 bulan. Biasanya sudah memiliki berat 6 hingga 7 ons per ekor ikan gurame. Berat ikan gurame memang akan menyesuaikan ketika Anda memberikan pakan. Budidaya ikan gurame ini memang memerlukan ketelatenan agar mendapatkan ikan gurame yang sehat dan juga besar walaupun menggunakan kolam terpal.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory