20 Maret 2016

Cara Budidaya Ikan Discus Memakai Akuarium

Cara budidaya ikan discus agar menghasilkan - Ikan discus mempunyai warna merah yang bergaris tengah sekitar 15 cm pada tubuhnya dan terkenal sebagai ikan penyendiri. Ikan ini tak suka mengganggu jenis ikan yang lainnya. Dengan begitu cara ternak ikan discus sendiri sangat mudah dilakukan. Di mana Anda mesti mempersiapkan media aquarium dengan ukuran yang cukup besar sekitar 75 x 35 x 35 cm. Adapun tahapan cara budidaya dari jenis ikan discus untuk Anda pemula.

proses pemijahan ikan discus,budi daya ikan diskus,cara beternak ikan hias discus,teknik pembenihan ikan discus,bisnis ikan discus,budidaya ikan discus di kolam,artikel budidaya ikan discus,
Baca juga: Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Praktis dan Mudah

Persiapan Dalam Cara Pembudidayaan

1. Persiapkan Tempat atau Habitat
Hal yang paling penting dalam cara budidaya ikan discus pertama adalah dengan mempersiapkan wadah terlebih dulu untuk dijadikan tempat tinggal dari ikan discus. Seperti kita ketahui, ikan discus ini dapat hidup pada lokasi dengan airnya yang sehat dan pH yang pas. Disamping itu, suhu atau temperaturnya pun harus sesuai seperti lingkungan atau habitat asli mereka. 

Jika Anda sudah mempersiapkan aquarium, isikan air pada tandon yang bersih sampai ketinggian 25 cm dalam cara budidaya dan ternak ikan discus ini lalu tambahkan garam 1 sdm dan 1 lembar daun ketapang. Pasang pula filter air lalu diamkan hingga 3 hari lamanya.
2. Penebaran Induk
proses pemijahan ikan discus,budi daya ikan diskus,cara beternak ikan hias discus,teknik pembenihan ikan discus,bisnis ikan discus,budidaya ikan discus di kolam,artikel budidaya ikan discus,


Langkah kedua cara budidaya ikan discus yaitu dengan menebarkan induk pada akuarium yang telah dipersiapkan dengan baik. Anda bisa menebarkan induk ikan discus pada pagi maupun sore hari. Adapun cara penebaran induk dalam cara budidaya ikan discus ini dengan mempersiapkan baskom lebih dulu lalu simpan ikan discus pada baskom dan masukkan paskom pada akuarium lalu goyang-goyangkan. Adapun proses tersebut disebut juga sebagai aklimatisasi serta wajib dilakukan hingga 10-15 menit.
3. Pemeliharaan dan Pemberian Makan Ikan
Cara budidaya ikan discus selanjutnya adalah dengan pemeliharaan dan pemberian pakan pada ikan. Caranya sangat mudah, yakni frekuensi pemberian pakan sekitar 2 kali sehari. Dengan waktu pemberian pakan paling baik pukul 8 pagi hari serta pukul setengah 4 di sore hari. Makanan terbaik dapat berupa cacing sutera atau jentik nyamuk. Dengan ukuran cacing sekitar 50-55 individu/liter, sementara ukuran dari jentik nyamuk 30-35 individu tiap liter. Dalam cara budidaya ikan discus ini pastikan mutu air selalu dijaga.
4. Proses Pemijahan
Langkah cara budidaya ikan discus yang terakhir adalah pemijahan. Anda harus mempersiapkan paralon untuk dijadikan substrat pemijahan. Caranya yaitu dengan digantung pada pokok akuarium. Bila usia pada ikan 12-18 bulan dengan ukuran 11-14 cm, ikan pun sudah siap dilakukan pemijahan. Pemijahan ini ditandai ikan jantan mengejar sang betina lalu keduanya saling membuahi pada suatu tempat.

Jika kedua indukan ikan discus sudah saling membuahi, maka induk tersebut melindungi sel sperma dan sel telur yang telah dilepaskan. Selanjutnya telur tersebut dapat menetas selama 2-3 harian serta dapat dipisahkan dari induknya saat melalui fase larva sekitar 3 minggu dengan fase pembenihan 2 minggu. Demikianlah ulasan mengenai cara budidaya ikan discus dengan mudah!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Budidaya Ikan Discus Memakai Akuarium