22 Maret 2016

3 Tahapan Cara Menanam Wortel Hidroponik Dengan Benar

Cara menanam wortel hidroponik - Kata hidroponik memang begitu familiar di telinga, terutama bagi Anda yang mempelajari bidang pertanian. Hidroponik adalah metode penanaman atau budidaya tanaman atau sayuran dengan media tanam air. Kini banyak para petani yang mulai memanfaatkan budidaya tanaman dengan menggunakan metode hidroponik, tak terkecuali untuk tanaman wortel. Karena biasanya metode hidroponik sendiri banyak digunakan ketika menanam buah atau sayuran. Cara budidaya wortel hidroponik dapat dilakukan bagi Anda yang tak memiliki banyak lahan.

cara menanam hidroponik dengan botol bekas,cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan,cara menanam hidroponik tomat,cara menanam wortel dalam polybag,cara menanam hidroponik dengan media air,
Baca juga: Tips Cara Merawat Anggrek Bulan Agar Rajin Berbunga
Secara umum, langkah-langkah cara menanam wortel hidroponik ini termasuk langkah yang mudah. Namun tetap saja dalam melakukannya memerlukan kesabaran dan ketelatenan untuk tiap tahap proses penanaman. Dengan begitu, Anda pun tak bisa asal menanam, sebab demi memperoleh tanaman berkualitas kita memerlukan cara menanam wortel metode hidroponik dengan tepat. Selain itu, Anda pun akan terbiasa menggunakan metode tersebut jika sudah pernah diaplikasikan, untuk itu Anda bisa mencoba metode ini ketika hendak bertanam wortel.

Ada Beberapa Tahapan Penting Dalam Cara Menanam Wortel Hidroponik Seperti Langkah-Langkah Berikut

1. Persiapan Media Tanam
Tahapan cara menanam wortel hidroponik pertama yakni dengan mempersiapkan bahan untuk dijadikan media tanam. Media ini dapat berupa tanah berpasir atau arang sekam lalu pilih bibit sayuran wortel sehat dan berkualitas. Kemudian bibit sayuran wortel tersebut disemai pada wadah sebagai media tanam wortel yang telah dipersiapkan. Pastikan Anda secara rutin melakukan penyemprotan air agar media tanam tersebut tetap terjaga kelembabannya.

2. Penanaman Metode Hidroponik
Dalam cara menanam wortel hidroponik ini, jika bibit wortel telah tumbuh dan terlihat bagian umbi wortel dan daun batangnya serta dirasa telah kuat, sehingga semaian wortel pun dapat di bersihkan dan diambil, kemudian bibit wortel tadi ditempatkan dengan metode hidroponik melalui sistem tetes. Adapun media tanam wortel yang digunakan yaitu bisa memakai pecahan dari arang kayu atau clay ball.

3. Tahap Perawatan
Meskipun cara menanam wortel hidroponik hanya memerlukan beberapa tahap saja dengan cara yang mudah dilakukan. Namun Anda jangan pernah melupakan proses perawatan tanaman ini. Sebab proses perawatan memegang peranan yang penting dalam kesuksesan cara menanam wortel hidroponik ini. Dimana Anda perlu mengontrol kondisi tanaman wortel ketika proses pertumbuhan. Hal yang tak kalah pentingnya yaitu dengan selalu memastikan tanaman wortel ini telah cukup air, nutrisi juga paparan sinar matahari.

cara menanam hidroponik dengan botol bekas,cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan,cara menanam hidroponik tomat,cara menanam wortel dalam polybag,cara menanam hidroponik dengan media air,

Itulah beberapa langkah cara menanam wortel hidroponik dan tips menanam wortel menggunakan metode hidroponik yang bisa Anda terapkan di rumah. Untuk menanam sayuran wortel memakai hidroponik tentu harus mempertimbangkan dan memperhatikan pemilihan pada media tanam hingga perawatan tanaman wortel itu sendiri.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory